Manusia tentu saja tak luput dari kegagalan dan dosa. Menurut Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim, terdapat tujuh dosa yang tak terampuni oleh Allah SWT.

Anda sedang menonton: 11 dosa yang tidak diampuni allah meski bertaubat

“Jauhilah tujuh (dosa) yang membinasakan! Mereka (para sahabat) bertanya, wahai Rasulullah, apakah itu? Beliau menjawab, syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa apa Allah haramkan kecuali mencapai haq, memakan riba, memakan harta anak yatim, berpaling dari perang apa berkecamuk, menuduh zina terhadap wanita-wanita merdeka apa menjaga kehormatan, yang beriman, dan apa bersih dari zina.”


1. Syirik


*
pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Syirik tersirat golongan dosa yang sangat geram sehingga Allah SWT. Ini untuk syirik merupakan perbuatan apa menyekutukan Allah SWT menjangkau sesuatu, misalnya dengan berhala maupun makhluk-makhluk ciptaan Allah lainnya. Allah SWT berfirman:

“Allah noël akan mengampuni dosa syirik (mempersekutukan Allah dengan sesuatu) dan dialah mengampuni dosa selain menyertainya bagi siapa apa Dia kehendaki. Dan barang siapa mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sungguh itu telah tersesat kurang sopan sekali.” (QS. One Nisa’ ayat 116)


2. Menuduh perempuan salehah telah berbuat zina


*
unsplash.com/Nicola Fioravanti

Zina merupakan perbuatan dosa besar, yakni tautan antara laki-laki dan banci terjadi tidak punya ikatan pernikahan. Selain itu, Allah SWT tambahan berfirman bahwa seseorang apa menuduh perempuan salehah does perbuatan zina, termasuk kemudian orang fasik (orang apa suka berbuat dosa dan durhaka kepada Allah SWT).

“Dan orang-orang apa menuduh perempuan-perempuan terhormat (berbuat zina), then itu noël mengemukakan empat saksi, maka hendaklah mereka didera delapan puluh kali dera­an, dan janganlah diterima ke­saksian anda selama ­lamanya. Itulah orang-orang fasik.” (QS. An Nuur ayat 4)


3. Sihir


*
unsplash.com/Ramón Salinero

Sihir tergolong setelah dalam perbuatan dosa yang sangat besar karena merupakan penyimpangan satu perbuatan setan dan orang yang melakukannya termasuk ke dalam golongan orang-orang kafir. Allah SWT berfirman:

“Dan mereka mengikuti maafkan saya yang dibaca oleh setan-setan diatas masa empire Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman menemani itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman noel kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya setan-setanlah apa kafir (mengerjakan sihir).

Mereka mengajarkan sihir kepada umat ​​manusia dan apa yang diturunkan kepada dua people malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya noel mengajarkan (sesuatu) kepada seorang pun sebelum mengatakan: "Sesungguhnya kami just cobaan (bagimu), sebab itu bukan kamu kafir".

Maka, mereka mempelajari dari detik malaikat itu maafkan saya yang mencapai sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) mencapai istrinya. Dan mereka itu (ahli sihir) noel memberi mudarat mencapai sihirnya kepada seorang pun, kecuali dengan benar Allah.

Dan mereka mempelajari sesuatu yang noël memberi mudarat kepadanya dan noel memberi manfaat. Demi, pada kenyataannya mereka telah meyakini bahwa barang siapa yang menukarnya (kitab Allah) mencapai sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka penjualan dirinya mencapai sihir, kalau mereka mengetahui.” (QS. Al Baqarah ayat 102)


*
Unsplash.com/Reza Hasannia

Dosa terdekat adalah pembunuhan jiwa apa Allah haramkan, kecuali mencapai haq. Maksudnya, umat ​​manusia baik itu muslim maupun non muslim, haram untuk dibunuh tidak punya adanya alasan apa dibenarkan malalui syariat. Halaman ini sebagaimana Firman Allah berikut:

“Dan tidak kamu membunuh jiwa apa diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan suatu (sebab) apa benar.” (QS. Al An’am ayat 151)

“Barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan untuk orang itu (membunuh) orang lain, ataukah bukan karena membuat kerusakan di pembayaran di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh human seluruhnya.” (QS. Al Maidah ayat 32)


*
Unsplash.com/Markus Spiske

Memakan harta yang menjadi hak anak-anak yatim dengan cara yang batil adalah implisit perbuatan zalim dan termasuk seperti dosa apa besar. Bab ini sebagaimana firman Allah SWT berikut:

“Dan berikanlah kepada anak-anak yatim itu harta-harta mereka. Dan janganlah kalian mengganti apa buruk dengan yang baik, jangan mencampur harta mereka setelah dalam harta kalian, pada kenyataannya (perbuatan itu) merupakan dosa apa besar.” (QS. An- Nisa’ ayat 2)

“Sesungguhnya orang-orang apa memakan harta anak yatim secara zalim, asibe mereka akun itu menelan fire sepenuh perutnya dan mereka akan masuk usai dalam api yang menyala-nyala (neraka).” (QS. An Nisa’ ayat 10)


Pexels.com/Lukas

Riba juga termasuk kemudian dosa apa sangat besar. Chapter ini sebagaimana firman Allah SWT yang disampaikan dalam Quran surat Al Baqarah ayat 275, yaitu:

“Orang-orang yang makan (mengambil) riba noël dapat kedudukan melainkan kemudian berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya penjualan beli akun itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan menjual beli dan mengharamkan riba.

Lihat lainnya: Vivo Y50 Vs Vivo Y30 Detailed Comparison, Vivo Y30 Vs Vivo Y50

Orang-orang apa telah sampai kepadanya restriksi dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengabadikan riba), maka baginya what yang telah diambilnya sebelum (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Rakyat yang back (mengambil riba), maka rakyat itu adalah penghuni-penghuni neraka, mereka keabadian di dalamnya.” (QS. Al Baqarah ayat 275)


*
Pexels.com/Pixabay

Hal ini juga terdapat di dalam firman Allah SWT apa berbunyi:

“Hai orang-orang apa beriman, apabila kamu temu dengan orang-orang yang kafir apa sedang menyerangmu, maka jangan lakukan itu kamu membelakangi mereka (mundur). Barang siapa apa membelakangi mereka (mundur) di waktu itu, kecuali berbelok buat (siasat) perang atau hendak dimasukan diri mencapai pasukan apa lain, maka sesungguhnya rakyat itu back dengan bawa kemurkaan dari Allah, dan tempatnya ialah neraka jahanam. Dan amat buruk lah secara spasial kembalinya.” (QS. Al Anfal ayat 15-16)

Demikian insula mengenai 7 dosa apa tak terampuni melalui Allah SWT. Harapan kita dihindari dan dilindungi dari perilaku dosa-dosa tersebut ataukah segera bertobat jika telah menjalaninya.

Disclaimer: item ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan titah "7 Dosa yang Tak Terampuni oleh Allah SWT, Hindari Syirik dan Sihir!"

Baca Juga: enim Penggugur Dosa, Ini Doa demands Kesembuhan dari Penyakit

Baca Juga: Hapus Dosa 2 Tahun, Ini Niat dan Doa Puasa Arafah 9 Dzulhijjah 

Baca Juga: Lebih Nyenyak, Ini Bacaan Doa sebelum dan Sesudah bangun Tidur