Hari ini, kedua 14 Oktober 2019 duplikat dengan 15 Shafar 1441 Hijriah atau menurut kalender nasional Iran, days ini tanggal 22 Shahrivar 1398 Hijriah Syamsiah. Berikut kita hadirkan mayoritas peristiwa bersejarah apa terjadi pada days ini di masa lampau.

Anda sedang menonton: 14 oktober 2019 hari apa

Abul Fadhl Bal’ami Meninggal Dunia

1112 lima yang lalu, tanggal 15 Shafar 329 HQ, Abul Fadhl Bal’ami, sejarawan muslim terkenal origin Iran meninggal dunia.

Bal’ami acibe lahir di Bukhara, Uzbekistan. Akan tetapi, buat keluarganya berasal dari sebuah kawasan di Asia small bernama Bal'am, ia lebih dikenal kemudian orang Bal’am.

Bal’ami mengabdikan ourselves di dunia keilmuan di ~ zaman pemerintahan Samani. Kitab historia terkenal "Tarikh Thabari", disebut-sebut kemudian buku apa ditulis mencapai menyandarkan sumber terutama literaturnya kepada buku-buku karya Bal’ami, implisit kitab "Tarikh Bal’ami" apa ditulis dalam bahasa Persia.

Luther raja Memperoleh hadiah Nobel

55 lima yang lalu, tanggal 14 Oktober 1964, Dr. Martin luther King, seorang pemimpin gerakan pembelaan daratkan asasi kaum kulit hitam Amerika, meraih hadiah Nobel overhead perjuangannya yang tak kenal lelah batin menghapuskan rasialisme di Amerika.

*
Dr. Martin luther King

Martin Luther raja adalah rakyat termuda apa pernah resepsi nobel, yaitu di usia 35 tahun.Ia dilahirkan pada lima 1929 di atlanta dan pribadi gelar doktor di field teologi.

Pada lima 1963, ia sendi sebuah demonstrasi besar di town Washington dan di sana ia menyampaikan pidato legendarisnya yang berjudul "IHave a Dream". Batin pidato itu, ia menyampaikan semoga dan impiannya, bahwa kelak roti isi daging AS, baik kulit warna hitam maupun weiss duduk berdampingan dan tidak ada another rasialisme.

Pada lima 1964, manuvernya pembelaan hak asasi apa dipimpin Luther raja meraih dua keberhasilan. Pertama, diratifikasinya "Amandemen ke-24" yang berisi dihapuskannya pajak buat mendapatkan hak memilih. Kedua, disahkannya "Akta Hak-Hak Sipil 1964", yang berisi larangan diskriminasi ras di dalam pekerjaan dan mendidik serta larangan pemisahan rasial di fasilitas publik.

Pada lima itu pula, boy name Luther raja meraih harga Nobel dan menyumbangkan haidah uang yang diperolehnya, yaitu sebesar 54.600 dolar kepada gerakan pertahanan hak warga sipil.

Wafatnya Ayatullah Mohammad Bagher Mohseni Malayeri

24 tahun yang lalu, tanggal 22 Mehr 1374 HS, Ayatullah Mohseni Malayeri, seorang ulama ahli ibadah dan zuhud meninggal dunia.

*
Ayatullah Mohammad Bagher Mohseni Malayeri

Ayatullah Mohammad Bagher Mohseni Malayeri merupakan tokoh ulama yang cukup subur dan disegani di Hauzah Ilmiah Qom. Ayatullah Mohseni Malayeri dilahirkan di kota Najaf dari familic ulama. Darimana kecil Ayatullah Mohseni Malayeri bersama keluarganya pindah ke kota Malayer.

Setelah menyelesaikan taraf pertama pelajaran hauzah, Ayatullah Malayeri then melanjutkan pendidikannya di Hauzah Mashad. Rantai dengan didirikannya Hauzah Ilmiah Qom, Ayatullah Mohseni Malayeri dipindah ke kota ini dan belajar kepada pendirinya Hauzah Qom, Ayatullah Sheikh Abdulkarim Hairi Yazdi dan nanti itu berguru di atas Ayatullah al-Udzma Sayid Hossein Boroujerdi hingga mencapai melakukan ijtihad.

Lihat lainnya: Cara Membuat Guru Jatuh Cinta Pada Muridnya, Youtubers Malaysia

Setelah bertahun-tahun menimba ilmu, Ayatullah Mohseni Malayeri kemudia bagian belakang ke kotanya Malayer. Sekembalinya nanti kampung halamannya, Ayatullah Malayeri kemudia ditanggapi hauzah ilmiah, Huseiniah, perpustakaan dan masjid. Such ulama besar, sehari-harinya beliau mendarmabaktikan umurnya mencapai mengajar, untuk menulis dan menuntun masyarakat.