Asam di dalam pelajaran kimia adalah menggabungkan kimia yang bila dilarutkan di dalam air menjadi menghasilkan larutan menjangkau pH lebih kecil dari 7. Di dalam definisi modern, asam adalah suatu zat apa dapat memberi proton (ion H+) kepada zat go (yang berpendapatan basa), atau dapat penerimaan pasangan elektron bebas dari suatu basa.Basa adalah menggabungkan kimia apa menyerap ion hydronium selama dilarutkan dalam air.Garam di dalam pelajaran kimia adalah senyawa ionik apa terdiri dari ion aktif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan).AsamJenis-jenis asam Asam askorbat Asam karbonat Asam sitrat Asam etanoat Asam laktat Asam klorida Asam nitrat Asam fosfat Asam sulfat Contoh bahan yang mengandung asamJenis asam tahan lama / lemah Terdapat padaAsam askorbat Lemah Buah-buahanAsam karbonat Lemah Minuman berkarbonatAsam sitrat Lemah JerukAsam etanoat Lemah CukaAsam laktat Lemah susu basiAsam klorida kokoh LambungAsam nitrat kokoh PupukAsam fosfat Kuat pernis anti karatAsam sulfat kokoh Aki Sifat asam Mempunyai rasa asam dan bersifat korosif. Dapat mengubah warna kertas lakmus biru were kertas lakmus merah. Menghantarkan arus listrik Bereaksi mencapai logam Hujan asamAkibat apa ditimbulkan malalui hujan asam adalah: Hujan asam dapat disebabkan matinya hewan dan tumbuhan. Hujan asam dapat terurai bangunan yang terbuat dari rock kapur. Hujan asam tambahan merusak jembatan, bodi mobil, kapal lautnya dan struktur bangunan yang lain.

Anda sedang menonton: Air aki asam atau basa

respon asam reaksi asam menjangkau logamAsam dapat bereaksi menjangkau logam hasilkan zat go dan menghasilkan gas hidrogen. Contohnya adalah reaksi antara asam sulfat dengan logam magnesium. menjawab asam dengan tautan karbonatAsam dapat bereaksi dengan tautan karbonat untuk menghasilkan zat lain, gas CO2 dan air. Kemudian contoh, respon antara kalsium karbonat dengan larutan HCl. Pada reaksi ini terbentuklah kalsium klorida. reaksi asam mencapai oksida logamAsam dapat bereaksi mencapai oksida logam menghasilkan zat lain dan air. Kemudian contoh, reaksi antara asam sulfat mencapai tembaga oksida.

Lihat lainnya: Idol Kpop Yang Memiliki Tato Idol K, Masih Dianggap Tabu, 10 Idol K

Basa Jenis-jenis basa Amonia Kalsium hidroksida Kalsium oksida Magnesium hidroksida Natrium hidroksida Sifat-sifat basa Mempunyai rasanya pahit dan berhenti kulit. Terasa licin kemudian sabun bila terkena kulit. Dapat mengubah kertas lakmus merah menjadi kertas lakmus biru. Menghantarkan arus listrik Dapat menetralkan asam pH alat pengukurAlat untuk mengukur skala keasaman atau pH adalah pH meter dan indikator universal. Skala pHnya adalah antara 0-14. Jika diasuh indikator universal, maka zat apa cenderung asam masser berwarna merah. Dan zat yang cenderung basa, cenderung setelah biru atau hijau. taraf keasaman0-6,9 = asam7 = netral7,1-14 = basa cat standar indikatorpH 1 = AsampH 2 = AsampH 3 = AsampH 4 = AsampH 5 = AsampH 6 = AsampH 9 = BasapH 10 = BasapH 11 = BasapH 12 = BasapH 13 = BasapH 14 = Basa