Perkembangan alat seismograf saat ini tak lepas dari sosok seorang ahli geologi dan insinyur bernama man Milne.

Anda sedang menonton: Alat untuk mengukur kekuatan gempa bumi adalah

Di negara rawan bencana seperti Indonesia, penggunaan seismograf kerap digunakan untuk seringnya terjadi peristiwa gempa.

Gempa di perairannya Pasifik, kanton Miyagi ini berkedalaman 60 kilometer. Badan meteorologi Jepang (JMA) memberi peringatan dini gelombang tsunami tentang setinggi 1 meter.

Berbeda dengan plague alam lain, sebagai banjir, longsor, gunung meletus, dan sejenisnya. Gempa bisa ~ datang kapan saja dan di dalam waktu cilt dapat memporakporandakan bangunan di permukaan bumi.

Mari mengenal lebih jauh soal seismograf dan penemunya, man Milne.


Dapatkan informasi, ilham dan insight di email kamu.Daftarkan email


Baca juga: profil Penemu Popok: Marion Donovan

Bagaimana sepak terjang man Milne batin usahanya timbul seismograf?

Jadi profesor di Jepang

John Milne lahir diatas 30 Desember 1850 di Liverpool, Inggris.

Dilansir dari Lemelson, ia bersekolah di King"s college dan royal School of Mines, di mana dialah mendapatkan mandat buat menjadi insinyur pertambangan.

Milne pertama kali mulailah bekerja di Eropa dengan melakukan penyelidikan mineral untuk tambang. Ia also berpartisipasi dalam ekspedisi pertambangan diatas 1874 usai Sinai.

Kemudian, ia menempuh bepergian darat selama 11 moon yang jenuh petualangan melintasi siberia dan sampai akhirnya tiba di Jepang diatas 1876.

Memasuki usia 25 tahun, Milne telah menerima jabatan profesor di imperial College of Engineering apa baru didirikan di Tokyo.

Pada malam pertamanya di Jepang, Milne langsung disambut dengan gempa bumi. Such informasi, studi tentang gempa bumi relatif baru saat itu.


Seismograf pendulum horizontal

Pada 1980, gempa melanda Yokohama. Bab ini menindas Milne untuk mengajak kawan-kawannya mendirikan Seismological culture of Japan.

Tujuannya, agar sosial dapat mendanai pengembangan seismograf karena pengukuran dan penyelidikan gempa.

Baca juga: profil Penemu range Microwave: Percy Spencer

Milne bersama kawannya, fisikawan Skotlandia teacher James Alfred Ewing, engineer Skotlandia cutting board Gray dan geolog Inggris inilah yang were pencetus seismograf modern.

Bersama rekannya, Milne merancang seismograf pendulum horizontal sederhana. Machin ini merekam getaran yang terjadi dengan manuver tiba-tiba di sepanjang garis kesalahan di bumi.Gelombang gerak ini dapat berupa salah satu dari dua jenis gelombang inside wall (P) atau gelombang sekunder (S), apa bergerak dengan rate berbeda.

Gelombang inside wall bergerak di dalam pola jenis kompresi atau perluasan dan muncul kemudian garis bergelombang pada bagan.

Garis sekunder umumnya terdeteksi pelan - pelan dari yang primer, tetapi lebih mirip ular, bergerak mencapai gaya compang-camping.

Memeriksa detik jenis gelombang ini secara bersamaan, memungkinkan para ilmuwan untuk menentukan jarak sentral gempa dari stasiun pengukuran.

Dilansir dari BBC, Milne mengumpulkan crowd data tentang gempa bumi di Jepang dan untuk menulis dua karya distandarkan lapangan dan pedoman bertajuk "Gempa Bumi" dan "Seismologi".

Pedoman ini dinilai menyelamatkan jutaan nyawa asibe gempa bumi.

Kaisar Jepang pun menganugerahkan kepadanya kehormatan Orde Ketiga Matahari Terbit atas kontribusinya batin memahami gempa.

Baca juga: profil Penemu Wiper Mobil: maria Anderson

Laboratorium terbakar


THINKSTOCK Seismograf, alat pencatat gempa bumi.
Sayangnya, diatas 1895, kebakaran mash rumah, laboratorium, dan perpustakaannya. Dialah terpukul melalui kejadian tersebut dan diputus untuk back ke Inggris karena memulai lives baru dengan istrinya yang berasal dari Jepang bernama Tona.

Tak mungkin lepas dari pengembangan seismograf, Milne membangun laboratorium sendiri di rumahnya di pulau Wight, apa disebut Shide Hill House.

Laboratorium inilah yang kemudian menjadi sentral penelitian seismologi dunia 20 lima kemudian.

Usahanya membuahkan hasil. Milne mendapatkan dana dari imperial Society karena membangun observatorium gempa bumi di seluruh dunia yang dilengkapi mencapai seismografnya.


Lokasi berkembang dari 20 menjadi 40 dan mencakup Inggris, Rusia, Amerika Serikat, Kanada, dan Antartika. Pengumpulan data worldwide ini berguna untuk aktivitas gempa di permukaan bumi, yang kemudian dapat dievaluasi di lokasi pusat.

Ini also memungkinkan untuk "penginderaan jauh", atau mengukur gempa bumi yang dirasakan di satu utama bumi di utama lain mencapai cara apa seragam.

Baca juga: profil Penemu Kamera pengawas Rumah: Marie valve Brittan Brown

Perkembangan seismograf

Milne bukan orang pertama apa menciptakan tool pendeteksi gempa.

Jauh sebelumnya, di ~ 132 Masehi, seorang sarjana China bernama truong Heng menciptakan tool getaran reksa berbentuk silindris denan 8 kepala naga.

Kemudian, pada 1855, seorang ilmuwan Italia bernama Luigi Palmieri merancang seismograf tabung U yang diisi menjangkau cairan merkuri dan berorientasi nanti berbagai periode carlocaione.org.

Akan tetapi, seismograf pendulum horisontal Milne yang kemudian enim cikal bakal seismograf modern yang tangan kedua hingga saat ini.

Pada 1896, seseorang bernama man Johnson menunjukkan mengunjungi Milne. Mereka berkolaborasi menciptakan mesin apa dinamai Milne-Shaw Seismograph dan diluncurkan pada 1913.

Seismograf terus berkembang hingga memunculkan versi elektromagnetik. Ini adalah tetapi pokok tertimbang, jarum perekam, dan seismogram tetap menjadi komponen terutama perangkat seismologi saat ini.

Atas bakatnya, Milne diangkat kemudian Sekretaris Komite Seismologi Asosiasi Inggris.

Sayangnya Milne terkena penyakit ginjal. Ia pun tutup usia pada 31 Juli 1913.

Enam lima setelah kematiannya, operasinya laboratorium Seismograf Milne dipindahkan nanti Universitas Oxford.

Tanpa seismograf, kita noel akan pernah tahu dalam jumlah besar kekuatan gempa, letak markas besar gempa, ataukah prediksi gempa susulan, juga tsunami.

Lihat lainnya: Mengenal Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara Indonesia Hitam Putih (Bw)

Baca juga: profil Penemu Wifi: Hedy Lamarr

Dapatkan update news pilihan
dan breaking news setiap hari dari carlocaione.org. Mari bergabung di Grup telegram "carlocaione.org berita Update", caranya klik link https://t.me/carlocaione.orgcomupdate, then join. Milik mereka harus install aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.