Hampir semua ibu menyusui bisa pernah merasakan produksi wait susu ibu (ASI) berkurang atau noël sebanyak biasanya. Untuk bisa mengatasinya menjangkau efektif, Bunda perlu kenal dulu kemungkinan penyebabnya. Yuk, Bun, cari untuk mengetahui selengkapnya di sini.

Produksi ASI apa menurun tentu memicu kekhawatiran ibu menyusui. Bab ini buat asupan ASI yang kurang berpengaruh langsung terhadap kecukupan memasukkan cairan dan nutrisi bayi, terutama bagi bayi yang hanya mengonsumsi ASI. Oleh untuk itu, mari cari tahu maafkan saya saja penyebab ASI berkurang sekaligus cara mengatasinya.

Anda sedang menonton: Asi berkurang setelah 4 bulan

*

Faktor-Faktor yang Dapat menyebabkan ASI Berkurang

Berikut ini adalah mayoritas faktor apa dapat menyebabkan produksi ASI dulu berkurang:

1. Pelekatan yang noël tepat

Pelekatan mulut bayinya yang noël tepat saat menyusu making bayi noel mengisap ASI mencapai optimal. Akibatnya, rangsangan di atas tubuh karena memproduksi ASI jadi berkurang, sehingga otomatis making ASI jadi sedikit.

2. Noël cukup patuh menyusui

Semakin sering menyusui dan memerah ASI, semakin kerumunan pula making ASI malalui payudara. Begitu juga sebaliknya. Si kecil perlu diberi ASI setiap kali ia menginginkannya. Jika Bunda menunda-nunda pemberian ASI atau noël rutin memerah ASI, payudara memanggang tidak akan active memproduksi ASI.

3. Dehidrasi

Air pribadi peran apa sangat penting dalam banyak fungsional tubuh. Telah diketahui pula bahwa dirampas air dapat menurunkan fungsi sikap secara menyeluruh. Di ~ ibu menyusui, ini bisa ~ menurunkan untuk membuat ASI.

4. Gangguan fungsional tiroid

Ibu menyusui yang mengalami hipotiroidisme atau berkurangnya fungsional tiroid juga berisiko mengalami penurunan produksi ASI. Bab ini dikarenakan hormon tiroid memiliki peran penting di dalam mengatur action hormon menyusui, yaitu oksitosin dan prolaktin.

5. Konsumsi obat atau kontrasepsi

Ibu menyusui memang harus hati-hati di dalam mengonsumsi obat-obatan. Chapter ini untuk ada beberapa tipe obat apa dapat making produksi ASI berkurang, seperti pil KB serta obat panas dan alergi apa mengandung pseudoephedrine.

Selain berbagai faktor bangsaaksi di atas, pasokan ASI yang berkurang also dapat dialami diatas ibu apa pernah menjalani kerja payudara, memiliki bobot badan berlebih atau obesitas, mengalami perdarahan setelah melahirkan, dan mengalami hipertensi saat hamil, serta diabetes yang noël ditangani mencapai baik.

Umumnya, penurunan asalkan ASI noël akan secepatnya membahayakan bayi. Namun, kondisi ini noel boleh dibiarkan terlalu lama, Bun, karena bisa disebabkan Si kecil mengalami saya dirampas gizi, terutama jika ia masih berusia di bawah 6 bulan.

Apa yang Harus Dilakukan jika making ASI Berkurang?

Bila membuat ASI Bunda berkurang, jangan terlalu panik. Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk kembali meningkatkan produksi ASI, di antaranya:

1. Terus menyusui

Pada dasarnya, tubuh Bunda become menyesuaikan untuk membuat ASI mencapai kebutuhan Si Kecil. Jadi, jangan pegang dan lebih sering menyusui.

2. Memompa ASI

Jika Bunda noël dapat pakan payudara secara langsung karena bekerja, pastikan untuk memompa ASI secara teratur. Rajin memompa ASI also dapat membantu menjaga taraf produksi ASI.

3. Memeriksa pelekatan

Periksa apakah mulut Si kecil sudah melekat sempurna di atas payudara Bunda. Jika belum, could Bunda dapat berkonsultasi nanti dokter atau konselor laktasi.

4. Menghindari wine dan rokok

Selama masa menyusui, sebaiknya Bunda noel mengonsumsi minuman tangguh dan merokok, ya. Keduanya dapat mengurangi making serta kualitas ASI.

5. Memilih alat kontrasepsi karena ibu menyusui

Jika Bunda ingin menggunakan kontrasepsi, pilihlah pil KB yang hanya mengandung progestin, dan jangan mengonsumsi pil KB kombinasi karena dapat mengganggu suplai ASI. Bila perlu, konsultasikan peluang KB apa tepat di ~ dokter.

6. Menghindari pemberian berikan padaku formula

Sebaiknya, hindari memberikan susu formula di atas Si Kecil, kecuali overhead indikasi medis. Halaman ini untuk ia bisa memanggang akan lebih sebagai susu formula, sehingga lebih jarang menyusu dan lama-kelamaan untuk membuat ASI Bunda become berkurang.

Hal yang also penting karena Bunda lakukan adalah mencukupi kebutuhan nutrisi dan cairan selama masa menyusui. Mencapai tubuh yang sehat, aktivitas Bunda saat menyusui Si Kecil juga terasa optimal.

Selain itu, sebisa could hindari perasaan cemas tidak bisa memenuhi kebutuhan Si Kecil, ya, Bun. Overthinking mengenai making ASI bisa untuk membuat Bunda dirasakan ASI Bunda kurang, padahal tidak. Terkadang, hal ini bisa pemicu dari berbicara dan cerita-cerita orang lain yang Bunda dengarkan, misalnya di media sosial.

Lihat lainnya: Review: A Little Thing Called First Love China, Review: A Little Thing Called First Love

Selama Si kecil menunjukkan tanda-tanda tampan ASI, kemudian berat badan bertambah, sampah air kecilnya normal, serta sehat dan aktif, Bunda noël perlu terlalu khawatir.

Namun, jika apa Bunda khawatirkan memang berdampak pada Si small dan ASI merasa masih kurang meksipun cantik menjalani berbagai cara such di atas, Bunda dapat memeriksakan diri usai dokter ataukah memanfaatkan layanan konsultasi laktasi. Militer semangat memberikan ASI, ya, Bun!