Sholat gerhana moon adalah deviasi satu ibadah yang bisa dilakukan selama gerhana bulan tiba.

Anda sedang menonton: Bacaan niat shalat gerhana bulan

Gerhana moon sebagian becarlocaione.orgme terjadi diatas Jumat, 19 November 2021.

Jadi, jangan sampai enggak knows hukum, tata cara dan bacaan sholat gerhana bulan ya Moms.

Yuk pelajari tata cara dan niat sholat gerhana moon di bawah ini!

Baca Juga: Jangan asal Percaya, Berikut sebenarnya Seputar Bahaya Gerhana bagi Ibu hamil Menurut Ahli

Hukum Sholat Gerhana

*

Foto: carlocaione.org picture Stock

Perintah buat melaksanakan sholat ini sudah diriwayatkan dalam hadits dari Aisyah Radhiyallahu anha

Dikatakan, Nabi Muhammad experienced pernah bersabda:

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا ، وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

Artinya: "Sesungguhnya matahari dan moon adalah dua sign di antara tanda-tanda force Allah. Gerhana ini noël terjadi untuk kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat halaman tersebut maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah sholat, dan bersedekahlah." (HR Bukhari).

Tak hanya itu, mayoritas ulama pun menyatakan beraksi sholat gerhana moon dan matahari adalah sunnah muakkadah.

و) القسم الثاني من النفل ذي السبب المتقدم وهو ما تسن فيه الجماعة صلاة (الكسوفين) أي صلاة كسوف الشمس وصلاة خسوف القمر وهي سنة مؤكدة

Artinya: Jenis kedua adalah sholat sunnah untuk suatu sebab terdahulu, yaitu sholat sunnah yang dianjurkan buat dikerjakan secara berjamaah yaitu sholat dua gerhana, sholat gerhana matahari dan sholat gerhana bulan. Ini adalah sholat sunnah apa sangat dianjurkan,” (Lihat Syekh nawawi Banten, Nihayatuz Zein, Bandung, Al-Maarif, tidak punya keterangan tahun, page 109).

Kesunahan sholat gerhana bulan sebanyak dua rakaat berlaku selama gerhana bulan berlangsung. Sedangkan dua khutbah shalat gerhana bulan boleh tetap berlangsung atau boleh dimulai meski gerhana bulan sudah selesai.

Niat Sholat Gerhana Bulan

*

Foto: carlocaione.org photo Stock

Sebelum does sholat sunnah ini, kita perlu mengetahui niatnya. Niat sholat gerhana bulan dan matahari tentu saja berbeda.

Niat sholat gerhana moon adalah:

أُصَلِّي سُنَّةَ الخُسُوفِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامً/مَأمُومًا لله تَعَالَى

Ushallî sunnatal khusûf rak"ataini imâman/makmûman lillâhi ta"âlâ

Artinya: "Saya sholat sunnah gerhana bulan dua rakaat such imam/makmum karena Allah SWT."

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Ibu hamil dan bayinya Saat Gerhana Bulan

Tata Cara Sholat Gerhana

*

Foto: carlocaione.org photograph Stock

Usai mengetahui niat sholat sunnah yang satu ini, kita juga perlu mengetahui tata cara sholatnya. Dilansir dari NU Online, ini dia!

Baca niat sholat gerhanaTakbiratul ihramMembaca taawudz dan surat Al FatihahMembaca surat Al-Baqarah ataukah selama surat itu yang dibaca menjangkau lantangRukuk, lalu kata sandi tasbih selama 100 ayat suratnya Al-BaqarahI"tidalRukuk back dan dilanjutkan mencapai I"tidalSujud dan melafalkan tasbih batin rukuk pertamaDuduk middle dua sujudSujud kedua dengan melafalkan tasbih batin rukuk keduaDuduk sejenak dahulu bangkit karena mengerjakan rakaat keduaRakaat kedua dengan gerakan yang sama menjangkau rakaat pertama. Namun, di ~ rakaat senin dianjurkan membaca surat An-Nisa, lalu dianjurkan also membaca suratnya Al-MaidahSalamDianjurkan mendengar 2 khutbah tausiyah

Dikutip dari NU Online, selain bacaan di atas, sholat gerhana bulan tambahan boleh dilaksanakan mencapai versi bacaan apa lebih ringkas, yakni mencapai membaca surat Al-Fatihah saja sebanyak empat kali pada dua rakaat tersebut tanpa surat panjang.

Hal ini sebagai keterangan Syekh Ibnu Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi dalam I’anatut Thalibin berikut ini.

Lihat lainnya: Urutan 12 Shio Macan Tahun 1974 Unsur Apa, 12 Urutan Shio Beserta Sifat Dan Kecocokannya

ولو اقتصر على الفاتحة في كل قيام أجزأه، ولو اقتصر على سور قصار فلا بأس. ومقصود التطويل دوام الصلاة إلى الانجلاء

Artinya, “Kalau seseorang jangkauan diri di atas bacaan suratnya Al-Fatihah saja, maka itu sudah memadai. Tetapi kalau seseorang membatasi diri di atas bacaan surat-surat pendek usai baca surat Al-Fatihah, maka itu tidak masalah. Tujuan mencari bacaan berbohong adalah menebang shalat dalam kondisi gerhana hingga durasi gerhana bulan selesai,” (Lihat Syekh Ibnu Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi, I’anatut Thalibin, Beirut, Darul Fikr, 2005 M/1425-1426 H, juz I, page 303).

Baca Juga: Urutan Planet di dalam Tata matahari dari yang Terdekat hingga terjauh dari Matahari

Itu dialah Moms hukum, bacaan niat, dan tata cara sholat gerhana bulan. Yuk laksanakan!