carlocaione.org - Pangan merupakan kebutuhan pokok manusia yang noël dapat ditinggalkan batin kehidupan sehari-hari. Tidak punya makan dan minum yang cukup, baik jumlah maupun mutunya maka manusia tidak akan produktif dalam melakukan aktivitasnya.

Anda sedang menonton: Badan pengawas obat dan makanan

Begitu pula menjangkau obat yang merupakan suatu kebutuhan cukup bagi manusia pada saat sakit. Kedua hal tersebut baik pangan maupun obat diperlukan pengawasan agar keamanan, diversitas dan kesehatan human terjamin.

Di Indonesia, mewajibkan tersebut dipikul melalui Badan pengawas Obat dan memberi makan (BPOM). BPOM adalah sebuah Lembaga Pemerintahan non Kementerian (LPNK) yang bertugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di field pengawasan Obat dan makanan sesuai mencapai ketentuan peraturan perundang-undangan.



2 dari 5 halaman

Mengenal Badan keunggulan Obat dan Makanan

BPOM asibe sudah terbentuk sejak zaman Belanda dulu dengan namu De Dient De Valks Gezonheid (DVG) dibawah naungan perusahaan farmasi milik Belanda. DVG berperan sebagai lembaga apa bertugas memproduksi medicine kimia sekaligus sebagai pusat penelitian farmasi tentu saja itu.

Pada 1964, DVG yang merupakan cikal bakal terbentuknya BPOM ini resemi menjadi milik otoritasnya Indonesia dan berubah nama menjadi Inspektorat Farmasi. Ke tiga tahun berselang, Inspektorat pharmaceutical berubah nama lagi were Inspektorat Urusan Farmasi.

Tahun 1976, Inspektorat Urusan Farmasi back mengalami perombakan inner secara keutuhan dengan nama baru Dirjen Farmasi. Dari sinilah then sejarah dan sistem kerja BPOM dimulai.

Dirjen pharmaceutical akhirnya were satu-satunya lembaga khusus apa bertugas mengawasi dan meneliti peredaran obat dan memberi makan di Indonesia dengan menggandeng sejumlah lembaga terkait seperti Depkes, Lembaga farmasi Nasional, dan industri Farmasi Negara.

Pada 1975, pemerintah alter Direktorat gen Farmasi dulu Direktorat jenderal Pengawas Obat dan Makanan, mencapai tugas mengurung melaksanakan pengaturan dan pengawasan obat, makanan, kosmetika dan alat kesehatan, obat tradisional, narkotika serta nyata berbahaya. Buat melaksanakan berkomitmen tersebut, di atas Direktorat ini dibentuk unit pelaksana non-teknis yaitu sentral Pemeriksaan Obat dan makanan di pusat dan Balai keunggulan Obat dan makanan di seluruh provinsi.

Lihat lainnya: Obat Tradisional Menghaluskan Kulit Wajah Dan Cara Menggunakannya

Berdasarkan Keputusan Presiden No. 166 tahun 2000 yang then diubah mencapai Kepres No 103/2002 kyung Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi, dan Tata pergerakan Lembaga Pemerintahan no Departemen, Badan POM ditetapkan seperti Lembaga pemerintah Non Departemen (LPND) yang bertanggung jawab kepada Presiden dan dikoordinasikan dengan menteri Kesehatan.


3 dari 5 halaman

Tugas BPOM

BPOM mempunyai tugas menyelenggarakan saya bersedia mengurus pemerintahan di field pengawasan obat dan makananObat dan makanan terdiri atas obat, berwujud obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan diobati

4 dari 5 halaman