Ingin dapat bantuan UMKM online kebebasan dari pemerintah? Pelajari dulu mekanisme pengajuan, cara pendaftaran, dan pencairan bantuan di sini.

Anda sedang menonton: Bantuan modal usaha dari pemerintah

Keadaan ekonomi yang mengalami resesi asibe pandemi membuat kawanan orang kehilangan pekerjaan. Dari mereka, tak sedikit apa memberanikan diri membuka usaha demi menyambung hidup. Walau berawalan dengan modal minim, ternyata banyak also yang perlahan berhasil memenuhi kebutuhan sehari-hari lewat buka terbuka usaha.

Membuka usaha saat pandemi suara tindakan nekat. Namun, berkat bantuan UMKM dari pemerintah, dari mereka dapat meneruskan niat tersebut. Koknya mekanisme pengajuan, cara pendaftaran, hingga pencairan bantuan dana usaha itu? Mari simak ulasannya under ini.

Perbedaan Bantuan UMKM tahun 2020 dan 2021


*

Foto oleh andrea Piacquadio

Pertama, perlu diketahui bahwa bantuan modal dari pemerintah lima 2020 dan 2021 mengalami perbedaan jumlah. Tentu saja ini harus dari mereka cermati dahulu mencari kenal cara mendapatkan bantuan UMKM.

Dilansir dari laman Kementerian Koperasi dan UKM republik Indonesia (KEMENKOP UKM), Teten Masduki selaku menteri kesehatan Koperasi dan Usaha kecil Menengah menuturkan bantuan usaha UMKM 2020 yang diterima pelaku usaha sebesar Rp2,4 juta. Kasar anggaran tahap awal apa digelontorkan otoritas senilai Rp22 triliun dan telah dibagikan kepada circa 14 million pelaku usaha mikro.

Bantuan sosial produktif ini ditujukan buat ekspansi atau menambah modalnya usaha UMKM. Jadi, harus benar-benar digunakan such tambahan modalnya kerja, bukan untuk membeli barang go yang noël berdampak di atas kinerja usaha apa dimiliki.

Oleh untuk itu, otoritasnya mempercepat penyiapan landasan hukum, mekanisme penyaluran, dan pengawasan bantuan tersebut. Proses validasi dan mengonfirmasi data pun terus berlanjut sehingga bantuan dana usaha menemani itu sampai di tangan yang tepat. 

Setelah program modalnya usaha kebebasan dari pemerintah itu berjalan di bulan Agustus 2020, KEMENKOP UKM back menggulirkan program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) pada Maret 2021. Chapter tersebut siap dinyatakan langsung melalui Direktur gen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, dalam berita yang dilansir dari CNBC Indonesia.

Askolani juga menegaskan bahwa besaran modalnya usaha dari pemerintah di tahun 2021 kyung Rp1,2 juta atau berkurang setengahnya dari bantuan serupa di lima 2020. Target start bantuan ini ditujukan kepada 9,8 juta UMKM dan masih dapat bertambah.

Kriteria Calon Penerima Bantuan modal Bisnis dari Pemerintah


*

Foto malalui Ono Kosuki

Program otoritasnya ini memang ditujukan kepada para pemilik usaha mikro, tetapi noël dapat penganugerahan kepada seluruh masyarakat yang bergerak di bidang UMKM. Pemerintah menetapkan kriteria ataukah syarat calon penerima bantuan UMKM online agar benar sasaran.

Kriteria penerima modal karena usaha versi 2020 maupun 2021 kerabat sama, antara lain:

Pelaku usaha harus berkewarganegaraan Indonesia.Mempunyai nomor Induk Kependudukan (NIK).Memberikan lampiran Surat keterangan Usaha (SKU) jika alamat domisili usaha dan KTP berbeda.Tidak sedang penerimaan pembiayaan atau kredit perbankan, maupun kredit usaha person atau KUR untuk bantuan ini hanya untuk pemilik usaha yang noël bisa mengakses untuk meminjamkan apa pun.Tidak berstatus such anggota TNI/POLRI, instrumen sipil negara, pegawai BUMD, atau pegawai BUMN.Calon peserta hanya memiliki estat maksimal Rp1 miliar, noël termasuk bangunan dan ruang angkasa usaha (sesuai UU No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja).Usaha mikro telah dibuktikan lewat surat usulan calon penerima BPUM.

Khusus poin ke-7, calon penerima bantuan usaha UMKM harus mengantongi rekomendasi dari pengusul BPUM, yaitu:

Lembaga atau kementerianDinas Koperasi serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah tingkat kabupaten/kota dan provinsiKoperasi yang berbadan hukumLembaga perbankan, dan perusahaannya pembiayaan resmi OJKLembaga penyalur transaksi kredit milik pemerintah.

Mekanisme menyerah Bantuan


*

Foto oleh Ketut Subiyanto

Lalu, koknya dengan mekanisme templat bantuan modal kerja gratis ini? Terdapat dua cara mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah.

Datang langsung ke Dinas Koperasi dan UKM setempat

Anda dapat does cara duluan ini dengan disusul langkah-langkah berikut.

Persiapkan dokumen apa telah disyaratkan sebelumnya.Hubungi melayani Koperasi dan UKM setempat pantas domisili usaha Anda. Di sini, milik mereka sedang mengusulkan atau profil diri kepada pengusul BPUM (lihat penjelasan di atas).Usulan itu ini adalah diproses oleh melayani Koperasi dan UMKM provinsi dan ditembuskan nanti tingkat kementerian. Jika sudah mendaftar, melayani terkait akan melakukan verifikasi guna memeriksa kecocokan data dan memastikan informasi yang dimasukkan cantik benar.

Melalui laman OSS

OSS ataukah Online single Submission merupakan sistem perizinan berusaha apa terintegrasi secara elektronik, dikelola serta diselenggarakan melalui Lembaga OSS under Kementerian Investasi/BKPM. OSS berbasis risiko melayani dua kategori pelaku usaha, yaitu UMK dan no UMK. 

Sebagai pembunuh itu usaha kecil, their dikategorikan di dalam skala usaha mikro dan small (UMK), baik orang perseorangan maupun badan usaha. Cara berpesta UMKM online ini bisa ~ dilakukan lewat beberapa langkah berikut.

Klik Skala Usaha UMK dan pilih tipe Pelaku Usaha UMK, apakah anda UMK rakyat Perseorangan atau Badan Usaha.Lalu, lengkapi data sesuai apa diminta.Cek email yang telah didaftarkan dan tekan ke bawah tombol Aktivasi. Buka email Anda buat mengetahui what username dan password yang diberikan. Pendaftaran berhasil, anda dapat manfaat hak akses tersebut buat masuk setelah Sistem OSS. 

Sistem OSS ini akan tolong Anda mengurus Perizinan Berusaha dan memperoleh nomor Induk Berusaha ataukah NIB. Kepemilikan NIB akan mempermudah pendaftaran diri seperti penerima bantuan modal bisnis di masa pandemi dari pemerintah.

Pencairan Bantuan


*

Foto melalui Karolina Grabowska

Penerima bantuan usaha produktif yang telah tercatat dapat mengontak kantor cabang BRI terdekat karena mencairkan dana tersebut. Usai validasi, modal bantuan usaha ini adalah dikirim langsung nanti rekening Anda.

Lihat lainnya: Merk Jam Tangan Wanita Terkenal ( Branded ), 14 Merk Jam Tangan Wanita Branded Di Dunia

Bagaimana jika Anda belum punya rekening? Sebaiknya milik mereka membuat rekening lebih sebelum dan membawa persyaratan pencairan, such fotokopi KTP, KK, dan NIB. Jika syarat tersebut noël dapat dipenuhi, bantuan akan ditangguhkan. 

Demikian syarat dan prosedur mendapatkan bantuan UMKM gratis dari pemerintah five 2021. Haruss digaris bawahi, penerima bantuan ini pencegatan bagi mereka apa belum pernah memperoleh transaksi kredit perbankan atau pembiayaan dari lembaga manapun. Suntikan dana Rp1,2 juta tentu saja berarti untuk menyambung rodanya ekonomi usaha Anda.

Bagaimana, apakah Anda cantik mempertimbangkan opsi ini untuk membantu ekspansinya bisnis UMKM?