Jakarta, CNBC Indonesia - dari Januari 2021 iuran BPJS kesehatan telah mengalami perubahan, terutama untuk tarif BPJS kesehatan Kelas III peserta Pekerja ndak Penerima Upah (PBPU).

Anda sedang menonton: Biaya bpjs kelas 1 2 3

Hal ini pantas dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.64 tahun 2020 bagaimana itu? pemerintah memutuskan karena mengurangi bantuan subsidi.

Berikut berpesta iuran BPJS kesehatan terbaru sejak 1 Januari 2021:


- Kelas I: Rp 150.000 per bulan- Kelas II: Rp 100.000 every bulan- Kelas III: Rp 42.000 per bulan, namun otoritas memberikan subsidi sebesar Rp 7.000, sehingga peserta dibayar Rp 35.000 per bulan.


Adapun iuran bagi peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) apa bekerja di Lembaga Pemerintahan yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI, anggotaenam Polri, pejabat country dan pegawai pemerintah non pegawai negeri sebesar 5% dari gaji. Dari besaran itu, 4% dibayar pemberi kerja dan sisanya oleh peserta.

Jumlah apa yang sama karena peserta pekerja penerima upah yang bekerja di BUMN, BUMD dan Swasta, menjangkau besaran 5% dari gaji, 4% melalui pemberi action dan 1% dibayarkan peserta.

Terkait bagus keterlambatan pembayaran iuran, ini sudah noël ada since 1 Juli 2016 lalu. Namun, bagus akan dikenakan jika dalam 45 days sejak statusnya kepesertaan aktif kembali mendapatkan pelayanan kesehatan rawat inap.


Baca:RSUD Bekasi belum Dibayar Rp 144 M & Nyaris Gulung Tikar!

Besaran bagus diatur dalam Perpres No. 64 lima 2020 koknya denda apa dibebankan sebesar 5% dari nilai diagnosa awal pelayanan diberkatilah anda rawat inap dikalikan jumlah bulan tunggakan.

Lihat lainnya: Hukum Membaca Ratib Al Haddad, Khasiat Membaca Ratibul Haddad

Sebagai catatan, jumlah bulan tertunggak ketentuannya most banyak adalah 12 bulan. Selain itu, jumlah most tinggi bagus adalah Rp 30 juta. Peserta PPU pembayaran bagus pelayanan ini adalah ditanggung melalui pemberi kerja.

(cha/cha)

TAG: bpjs bpjs kesehatan iuran bpjs kesehatan
posting ulang
Terpopuler
*

Artikel Terkait
Baca Juga
Features
*

Download aplikasi CNBC Indonesia
*
*
*

tentang KamiRedaksiPedoman Media SiberKarirDisclaimer
©2021 CNBC Indonesia, A Transmedia firm