Faktor Persekutuan Terbesar atau apa sering disebut mencapai FPB adalah nilai terbesar yang dapat terbagi bilangan-bilangan yang dicari nilai FPB nya. Sedangkan KPK, kepanjangan dari Kelipatan Persekutuan Terkecil adalah kelipatan terkecil dari bilangan apa dicari KPK nya. Biasanya, materi FPB dan KPK thalamus di sekolah Dasar.

Anda sedang menonton: Cara cepat menghitung kpk dan fpb


Untuk mendapatkan pengeluaran FPB dan KPK, langkah duluan adalah temukan faktorisasi prima dari bilangan yang akan dicari nilai FPB atau KPK nya. Faktorisasi prima adalah cara menyatakan bilangan dalam bentuk perkalian bilangan-bilangan prima. Jadi, sobat carlocaione.org harus mengerti apa itu bilangan prima terlebih dahulu.


*

Bilangan prima adalah bilangan asli lebih dari satu yang just dapat dibagi oleh 1 (satu) dan bilangan menemani itu sendiri. Contoh bilangan prima adalah 13, bilangan 13 hanya bisa dibagi melalui 1 dan 13, noël ada bilangan apa dapat terbagi habis 13 selain 1 dan 13. Menjangkau demikian, bilangan 13 termasuk batin bilangan prima. Daftar bilangan prima (P) lainnya adalah seperti berikut p = 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, ….


Lawan dari bilangan prima adalah bilangan komposit. Batin kata lain, bilangan gabungan dapat dinyatakan sebagai bilangan asli lebih besar dari 1 yang bukan merupakan bilangan prima. Berpesta bilangan gabungan (K) adalah K = 4, 6, 8, 9, 10, 12, …}.

Berikutnya kembali ke cara menentukan KPK dan FPB.


Setelah menentukan segenap faktorisasi prima dari bilangan yang akan berwewenang KPK dan FPB nya, sobat carlocaione.org dapat menentukan cost KPK dan FPB nya. Nilai FPB mengakuisisi dari perkalian setiap orang faktor prima apa sama menjangkau pangkat terkecil. Sedangkan nilai KPK mengakuisisi dari perkalian semua faktor prima mencapai pangkat terbesar. Ini adalah cara yang biasanya menghadiahkan di sekolah.

Baca Juga: rumus Tabung (Volume dan luas Permukaan)

Faktorisasi Prima

Sebelum belajar mencari cost FPB dan KPK, become diulas terlebih dahulu cara temukan faktorisasi prima dari suatu bilangan. Pada pembahasan kali ini, bilangan yang akan ingin faktorisasi primanya adalah 72. Simak cara temukan faktorisasi prima dari bilangan 72 apa akan diberikan di bawah.


*

Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat mengakuisisi faktorisasi prima dari bilangan 72 adalah

72 = 23 × 32

Itu dialah cara memutuskan faktorisasi prima dari suatu bilangan. Berikutnya become diulas cara temukan FPB dan KPK. Simak penjelasan lebih lanjut pada uraian materi di bawah.

Baca Juga: Kumpulan Soal digunakan KPK dan FPB di dalam Kehidupan Sehari – Hari

Mencari FPB dan KPK mencapai Cara Runut

Dalam pembahasan di sini, ini adalah diberikan cara umum untuk menentukan nilai FPB dari tiga bilangan. Misalnya, bilangan yang akan dicari cost FPB berutang adalah 24, 81, dan 108. Langkah pertama, kita akan menentukan faktorisasi prima dari ketiga bilangan tersebut.

Faktorisasi prima dari 24:

*

Sehingga, diperoleh faktorisasi prima 24 = 23 × 3.

Faktorisasi prima dari 81:

*

Faktorisasi prima dari 81 = 34

Faktorisasi prima dari 108:

*

Faktorisasi prima dari 108 = 22 × 33

Sehingga acquired faktorisasi prima untuk tiga bilangan 24, 81, dan 108 adalah such berikut.

24 = 23 × 381 = 34108 = 22 × 33

Nilai FPB pembelian dari perkalian semua faktor prima apa sama dengan pangkat terkecil.

FPB = 3

Nilai KPK pembelian dari perkalian setiap orang faktor prima dengan pangkat terbesar.

KPK = 23 × 34KPK = 8 × 81KPK = 648

Demikianlah cara temukan FPB dan KPK mencapai cara runut. Diperoleh biaya FPB dan KPK berturut – turut adalah 3 dan 648.

Baca Juga: Cara Mudah search Akar peringkat Tiga dari Suatu Bilangan

Ada cara cepat temukan FPB dan KPK, cara tersebut dinamakan petak sawah. Konon demikian untuk bentuknya berupa petak – petak, menyerupai sawah. Menjangkau cara petak sawah, sobat carlocaione.org noël perlu mencari faktorisasi prima terlebih dahulu. Simak cara cepat mencari FPB dan KPK keuntungan cara petak persawahan berikut.

Mencari FPB dan KPK mencapai Cara Cepat (Cara Petak Sawah)

Sebelumnya, cantik diuraikan cara menentukan FPB dan KPK dengan cara runut. Melalui pembahasan here akan keterangan cara tentukan FPB dan KPK mencapai cara cepat, yaitu cara petak sawah. Agar dapat membadingkan hasilnya, akan dicari pengeluaran FPB dan KPK karena tiga bilangan yang telah dicari biaya FPB dan KPK sebelumnya, yaitu 24, 81, dan 108.

Mencari FPB menjangkau cara petak sawah acquired dengan terbagi habis bilangan-bilangan yang akan dicari nilai FPB nya dengan bilangan prima, biasanya dimulai dari apa terkecil. Prosesnya organisasi ketika noël ada bilangan prima lagi yang dapat berbata habis bilangan – bilangan yang akan dicari nilai FPB nya.

Hasil FPB nya adalah perkalian bilangan prima apa dapat terbagi habis bilangan-bilangan yang akan dicari pengeluaran FPB nya. Kronik cara mencari nilai FPP untuk bilangan 24, 81, dan 108 di bawah.


*

Diperoleh hasil FPB dari 24, 81, dan 108 adalah 3.

Mencari KPK mencapai cara petak sawah acquired dengan terbagi habis bilangan-bilangan apa akan dicari nilai KPK nya dengan bilangan prima, biasanya awal dari apa terkecil. Jika ada bilangan yang tidak bisa dibagi habis malalui suatu bilangan prima maka nilainya tetap. Prosesnya berakhir kapan hasil akhir alles adalah 1 (satu).

Perhatikan cara mencari nilai KPK untuk bilangan 24, 81, dan 108 di bawah.

*

Diperoleh hasil KPK dari 24, 81, dan 108 adalah 648.

Nilai FPB dan KPK mencapai cara faktorisasi prima dan petak sawah adalah sama, bukan?

Selanjutnya become diberikan contoh soal penerapan FPB dan KPK dalam kehidupan sehari-hari. Jenis soal ini sering keluar batin ujian nasional. Jadi, simak contoh soal FPB dan KPK yang diberikan di bawah.

Baca Juga: resep Luas Lingkaran

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal FPB dan KPK 1

Toko Sembako dikunjungi pemasok telur setiap 8 hari sekali, pemasok sabun setiap 15 hari sekali, dan penyedia mie setiap 30 aku sekali. Jika tanggal 2 November 2014 ketiga penyedia datang bersama, maka mereka akan datang bersama lagi di ~ tanggal ….

A. 4 Maret 2015B. 3 Maret 2015C. 2 Maret 2015D. 1 Maret 2015

Pembahasan:

Langkah duluan adalah mencari cost KPK dari 8, 15, dan 30. Akan digunakan cara petak sawah.


*

Mencari pengeluaran KPK:

KPK = 3 × 23 × 5KPK = 120

Diperoleh nilai KPK dari bilangan 8, 15, dan 30 adalah 120. Berikutnya adalah mencari tanggal 120 hari setelah 2 November 2014. Proses pembayaran maju setelah 2 November 2014 sejumlah 120 aku adalah kemudian berikut.

*

Jadi, ketiga pemasok datang bersama lagi diatas tanggal 2 Maret 2015.

Jawaban: C

Baca Juga: Soal tale KPK Tanggal Bersama

Contoh Soal FPB dan KPK 2

Ibu pembelian 4 lusin pensil dan 3 lusin buku gambar. Ibu menjadi membagi pensil dan buku gambar kepada sejumlah anak paling banyak secara merata. Kawanan pensil apa akan saya mengakui setiap anak adalah ….

A. 6B. 5C. 4D. 3

Pembahasan:

Menghitung banyaknya pensil dan booker gambar.

Banyaknya pensil = 4 lusin = 4 × 12 buah = 48 buah pensil.Banyaknya buku lukisan = 3 lusin = 3 × 12 = 36 buah booker gambar.

Mencari biaya FPB dari 48 dan 36:


*

Jadi, nilai KPK dari bilangan 48 dan 36 adalah KPK = 3 × 22 = 3 × 4 = 12.

Kesimpulannya, pensil dan buku lukisan akan dibagikan kepada 12 anak. Banyaknya pensil yang diperoleh setiap anak adalah 48 : 12 = 4.

Jawaban: D

Sekian pembahasan mengenai cara cepat mencari FPB dan KPK. Terimakasih cantik mengunjungi carlocaione.org(dot)net, harapan bermanfaat.

Lihat lainnya: Lagu Kidung Jemaat Yang Sering Dinyanyikan, Kidung Jemaat/Puji

Baca Juga: resep Berpapasan dan Menyusul


← politik Penulisan angka Penting dan Notasi IlmiahPraktikum Biologi: Uji pakan (Amilum, Glukosa, Protein, dan Lemak) →

4 thoughts on “Cara Cepat temukan FPB dan KPK”

*
Rizal April 14, 2020

Cari KPK 8, 15, 30.

8, 15, 303 8, 5, 6 ————- anggka 6 ini dari mana yah?2 4, 5 , 32 2, 5, 5 ————terus angka 5 ini juga dari mana yah?2 1, 5, 55 1, 1, 1

Angka 6 dan 5 di ~ di dapat dari mana yah? Bingung sayaMakasih


*
Nazle April 10, 2020

Kak menyertainya soal duluan yg 30:3 kok hasilnya 6 memiliki kak?


Leave a answer Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are significant *