carlocaione.org, Jakarta Setiap buah-buahan secara bawaan memiliki zat pematang bernama etilen. Kehadiran zat ini membuat buah-buahan such pisang dan mangga matang apa ditandai menjangkau perubahan pada tekstur, warna, dan aroma.

Anda sedang menonton: Cara mematangkan pisang dengan cairan

"Jadi, etilen akun itu memang hormon dari tanaman itu sendiri. Kita untuk mengambil contoh mangga. Kehadiran etilen produksi mangga yang tadi kulitnya hijau were kuning, ada disetujui aromanya, dan daging buah lebih lunak," kata peneliti Balai Penelitian botani Jeruk dan Buah Subtropika Kementerian agraris Hasim Ashari.


Baca Juga


Buah-buahan tersebut matang noel serempak. Misalnya dari satu tandan pisang, secara alami hanya ada satu atau dua buah saja yang matang ditandai menjangkau kulit yang berwarna kuning kemudian diikuti yang laun. Karena mengatasi buah matang yang noël serempak, industri buah-buahan mengenal zat tambahan etilen. Hal ini biasa dilakukan melalui pedagang buah skala kecil maupun besar.


2 dari 3 halaman

Aturan pemberian etilen tambahan


*

Perbesar
Pemberian etilen ini tentu saja ada aturannya. Konvensional dari 1 ml etilen yang bisa dibeli di toko-toko pertanian kemudian dicampurkan menjangkau 1 liter air. Lalu, buah yang sudah dipanen dicelupkan ke dalam dicampur air tersebut.

"Kemudian buah akun itu dicelupkan ataukah disemprotkan, kalau dicelupkan hanya sebentar, 1-2 menit saja. Then ditiriskan. Circa 2-3 aku kemudian buah tersebut matang secara rata," katanya.

Buah-buahan yang sering diseragamkan pematangannya mencapai cara ini diantaranya pisang, apel, mangga, jeruk dan terkadang durian.

Mengenai keamanan, farse bila dilakukan sesuai aturan aman.

"Aman, ini kan hanya kulitnya saja. Sejauh apa saya tahu noël ada kejadian dari cara ini yang menimbulkan keracunan. Karena kehadiran zat ini (dengan cara dicelup ataukah disemprot) hanya merangsang buah dulu matang saja," katanya.

"Etilen ini modernkan gas, kalau gasnya sudah habis miliki menguap," dokter Hasim.

Bicara soal rasa, buah apa dibantu pematangannya mencapai cara ini tidak berbeda dengan apa matang alami. 


Hasim juga menceritakan bahwa ada cara tradisionalnya agar buah matang secara seragam. Di desa-desa, katanya, kawanan orang yang menggunakan daun lamtoro maupun daun petai agar mangga, sawo, atau buah go matang bersamaan.

"Daun lamtoro akun itu kan mengandung zat etilen tinggi. Biasanya, kalau people desa berwewenang mematangkan mangga ataukah pisang gitu ya, buahnya dimasukkan usai dalam plastik lalu dikasih lembaran lamtoro, nah menyertainya bakal matang lebih cepat," tuturnya.

Untuk para saudagar buah yang jual dalam jumlah besar tentu cara ini kurang efektor dan efisien.

Lihat lainnya: Inilah Tips Agar Jambu Air Cepat Berbuah Lebat Selebat, Cajüilitos Solimán

"Dengan cara kimia modernkan lebih praktis, hanya dicelupkan atau disemprot bisa," katanya.

Selain dengan etilen tambahan, bisa tambahan mempercepat mematangkan buah yang sudah dipanen mencapai karbit. Kontak etilen di dalamnya yang tinggi, merangsang buah jadi matang secara seragam. Apakah cara ini aman?