Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, pada kesempatan ini kami become memberikan informasi kyung Cara Budidaya Tomat yang Baik dan Benar, mudah-mudahan isi postingan item Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Anda sedang menonton: Cara menanam tomat yang baik dan benar


Budidaya Tomat - Tomat (Lycopersicon sp.Mill.) termasuk sayur-mayur buah danbanyak involves vitamin A, Vitamin C, dan sedikit vitamin B. Tomat dapat ditanam di segala media, awal dari tertanam di lahan sawah, lahan tegal, lahan pekarangan, bahkan karena kepemilikan lahan apa terbatas.
*

Budidaya tomat sanggup dilakukan dengan cara tanaman batin pot (Tabulampot) ataupun menjangkau sistem botani hidroponik, dan yang membedakannya adalah di ~ media apa digunakannya. Tomat ditanam di dataran inferioritas dandatarantinggi. Waktutanam yang baik 2 bulan sebelum musim hujan berakhirdanawalmusim kemarau.Tomat menghendaki negara gembur, kaya humusdan pinjal serta drainase baik dan noel menggenang. PH 5-7. Curah hujan optimal 100-220 mm/bulan. Temperatur optimum adalah 24ºC(siang hari) dan 15ºC-20ºC (malam hari).Cara budidaya tomat agar hasilkan buah apa segar tentu saja ada teknik tersendiri, dan noël boleh asal begitu saja. Untuk menghasilkan tomat mencapai kualitas bagus, berikut tahapan cara budidaya tomat apa baik dan benar agar mendapatkan keuntungan apa maksimal,

Benih

Perbanyakan benih tomat secarageneratif (biji). Kebutuhanbenih tergantung pada varietas dan pelubangan tanam menjangkau kisaranantara 150-300 gr/ha. Biji disiapkan dengan cara: pilih buah tomatyang sehat dan matang penuh, lalu diperam 3 aku sampai berwarnamerah gelap dan lunak. Keluarkanbiji together lendirnya; fermentasibiji 3 days sampai lendir dan airnya koneksi rusak dari biji; menangani dandijemur selama 3 days atau kadar airnya 6%.

Persemaian

Benih disemaipadapersemaian (bedengan/kantong plastik/polybag).Sebelum disemai, benih direndam batin larutanPrevikurN(0,1%) selama ± 2 jam, kemudian dikeringkan. Benih disebarmerata di ~ bedengan/tempat penyemaian mencapai media tanahdan pupuk organik 1: 1, lalu ditutup dengan daun pisang selama 2-3hari.Bedengan persemaian diberinaungan/atap dari screen/kassaplastik transparan. Kemudian persemaian ditutup dengan screenuntuk menghindari OPT. Nanti berumur 7-8 hari, bibit dipindahkankedalam bumbunan daun pisang/pot plastik dengan media yangsama (tanah dan pupuk organik steril). Penyiraman dilakukan setiaphari. Bibit sudah ditanam dilapangan ke berumur 3-4 minggu atausudah memiliki 4-5 helai daun.

Pengolahan negara dan Penanaman

Olah tanah danbuat bedengan arah Timur-Barat denganukuran lebar100-120 cm, liong sesuai petakan maksimum 15 muntuk memudahkan di dalam pemeliharaan tanaman, tinggi 30-40 cmdan selang antara bedengan 20-30 cm.Gunakanpupuk organik sebanyak 0,5-1 kg untuk setiap lubang. Diamkan lahan selama1minggu. Selang tanam 50x70 cm atau 70x80 c m tergantungvarietas. Penanaman dilakukan sore hari, ke itu diberi penutupdari daun-daunan/pelepah pisang, lalu dibuka penutup ke 4-5hari. Tiap bedengan berisi 2 baris tanaman.

Pemeliharaan

Berikan pupuk dasar saat tanam, yaituSP-36 100 kg dan KCL50 kg/hadan pupukorganik 2-4 kg/m2. Pupuk susulan ns diberikan14 HST (Hari ke Tanam) (75 kg urea) dan pupuk susulan IIdiberikan 35 HST (75 kg urea). Pupuk diberikan di sekelilingtanaman dengan jarak 5 cmdari tanaman, ke pemupukanditutup menjangkau tanahsetebal1-2 cm.Siram setiap hari.Pada saat berbunga siram 2 aku sekalihingga berbuah. Penyiangan ke pemupukan atau tergantungpada pertumbuhan gulma. 3-4 minggu nanti tanam diberiajir/lanjaran buat menopang tanaman.Lakukan pemangkasansetelah umur4-6 minggu.Tomat apa telah mempunyai limadompolan buah harus dipotong pucuk bar dan tunas-tunasnya.Tinggalkan2-3 tunas yang berada di samping/sebelah bawahdompolan.

Hama dan diseases Utama

Hama apa sering menyerang botani tomat yaitu:Heliothisarmigera (buah dulu busuk dan rontok, juga menyerang pucukcabang);Agrotis epsilon (daun tinggal rangkanya);Thrips spp (daunbergaris small berwarna perak dan layu); dan Nematoda(Meloidogynasp.) menyerang akar botani sehingga berbinti-bintil.

Lihat lainnya: Wanita Muda Menikah Dengan Kakek, Berita Kakek Nikahi Gadis Hari Ini

Penyakit apa sering menyerang tanaman tomat antara lain: Phytoptora infestans (bercak daun pada ujung dan pinggir daunsebelahbawahyangmeluaskeseluruhdaun), Fusarium oxysporum(tulang daun menguning dan tangkaimerunduk, botani kerdil, buah terbentuk tetapi kecil-kecil); shuudomonas solanacearum (kelayuan awal dari bagianpucuk dan merambat keseluruh bagian tanaman, bar menjadilembek).Kalau terpaksa menggunakan pestisida, gunakan jenispestisida yang aman sederhana terurai such pestisida biologi,pestisida sayur-mayur atau pestisida piretroid sintetik. Penggunaanpestisida tersebut harus dilakukan dengan benar baik pemilihanjenis, dosis, nada semprot, cara aplikasi, term dan waktuaplikasinya.

Panendan Pasca Panen

Panen dan petik buah pertama nanti umur2-3 bulan.Panendapat dilakukan antara 10-15 kali pemetikan buah menjangkau intervalwaktu2-3 aku sekali. Buah apa siap dipanen adalah yang sudahmatang 30%. Kasar buah yangdapatdipanen batin satu bar mencapai 1-2 kg. Untuk pengangkutan ketempat apa jauh, buahtomat dapat dikemas di dalam peti-peti kayu, tiap peti berisikan 20-30kg buah tomat.Itulah informasi circa cara budidaya tomat yang baik dan benar agar hasil apa di dapatkan pantas harapan serta dapat menambah keuntungan yang menjanjikan mudah-mudahan mungkin bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !