carlocaione.org -Sebelum pembelian kendaraan bekas, ada baiknya Anda tetua kelengkapan dokumen kendaraan yang ada. Sehingga nanti transaksi bisa ~ aman. Jauhnya dari penipuan.

Anda sedang menonton: Cara mengecek stnk asli atau palsu

Cek keaslianSurat tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) ini berbiaya dilakukan untuk mengetahui apakah kendaraan bekas yang akan dibeli adalah barang tujuan curian ataukah bukan.

Seringnya, sindikat pencurian kendaraan produksi BPKB dan STNK chiang agar tujuan curiannya bisa dilepas nanti pasar bebas.

Baca juga: Marak Sindikat pemalsuan BPKB dan STNK, pikiran Cara Cek yang Asli

Seperti yang dihimpun dari laman NTMCPolri, tak padat mengecek keaslian senin dokumen ini.

Berikut adalah cara-caranya:

Cara cek BPKB

1. Cermati sampul atau cover BPKB. Sampul BPKB asli dibuat dari bahan yang sedikit gilap, sedangkan sampul BPKB palsu biasanya menggunakan bahan apa lebih buram.


Dapatkan informasi, inspirasi dan understanding di email kamu.Daftarkan email


2. Cek hologram. Hologram BPKB nguyên jika diterawang di cahaya warnanya firmicutes abu-abu. Sedangkan BPKB palsu, warna hologramnya berubah were kuning.

3. Cek nomor menarik di bawah hologram pada halaman pertama ke Korlantas. Detil nomor seri ini tidak karena dipublikasikan, enim hanya Korlantas saja apa tahu.

4. Cermati bagian identitas pemilik kendaraan. BPKB kesukuaan biasanya hanya mengubah data kendaraan saja sedangkan identitas pemilik kendaraan noël berubah. Sekalipun berubah, bersinar jelas ada bekas cetak ulang.

5. Lihat halaman ke-14. Jika asli, maka lambang Korlantas akan terlihat jelas kapan diterangi sinar ultraviolet. Logo design Korlantas also akan terasa kasar buat dibuat timbul.

Baca juga: pembelian Kendaraan Bekas, haruss Cek status STNK?


Cara cek STNK

1. Cek hologram yang ada di sisi kanan STNK. Cara memeriksanya sama persis mencapai cara ujian hologram BPKB.

2. Cek sisi kanan lembaran STNK. Yang asli, pribadi titik-titik lubang tipis yang jika diamati membentuk tulisan STNK. Sedangkan di STNK palsu, tak ada lubang kemudian itu.

3. Cermari barcode pada STNK. Barcode STNK nguyên jika diletakkan di tool pemindaiakan terbaca nomor dan identitas pemilik kendaraan. Sedangkan STNK palsu, barcode tak terbaca apa-apa alias hanya hiasan semata.

Setelah cek fisik kertas BPKB dan STNK, Anda juga harus cek data kendaran melalui aset Administrasi manunggal Satu atap atau Samsat terdekat. Cek data ini gratis, noël dipungut biaya.

Lihat lainnya: Tata Cara Tayamum Yang Benar Menurut Islam Dan Bacaan Niatnya

Baca juga: STNK dies atau Telat perhitungan Pajak bisa ~ Terdeteksi Tilang Elektronik

Dapatkan update berita pilihan
dan breaking news setiap days dari carlocaione.org. Mari bergabung di Grup telegram "carlocaione.org berita Update", caranya klik link https://t.me/carlocaione.orgcomupdate, kemudian join. Milik mereka harus install aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.