Pernah enggak sih kalian membuat sebuah teks cerita hasil observasi ? Kalau yang udah pernah, pasti tau dong maafkan saya itu teks observasi ? Atau kami udah pernah melakukan tapi enggak tau what maksud dan tujuannya ?

Kali ini kita ini adalah membahas mengenai pengertian, fungsi, tujuan, ciri-ciri, struktur serta contoh teks narasi hasil mengamati secara lengkap. Mulailah dari sekitar hewan, tumbuhan, lingkungan, intisari semesta, dan masih banyak lagi apa lainnya.

Anda sedang menonton: Contoh laporan hasil observasi lingkungan

Berikut ini adalah penjelasannya :


Daftar isi Artikel

Ciri Ciri Teks laporan Hasil ObservasiStruktur Teks laporan Hasil Observasi1. Contoh Teks cerita Hasil Observasi sekitar Tumbuhan2. Contoh Teks narasi Hasil Observasi kyung Hewan3. Contoh Teks cerita Hasil Observasi circa Alam Semesta4. Contoh Teks narasi Hasil Observasi tentang Lingkungan5. Contoh Teks laporan Hasil Observasi tentang Sampah

Pengertian Teks laporan Hasil Observasi

500px.comTeks narasi hasil observasi merupakan sebuah teks apa menjelaskan suatu informasi yang berkaitan mencapai hewan, tumbuhan, fenomena sosial, alam, hasil karya manusia, ataukah bahkan fenomena alam berdasarkan dengan sebenarnya yang ada dan disertai menjangkau klasifikasi kelas dan subkelas apa ada menyindirnya berdasarkan observasi.


Singkat kata, teks cerita hasil pemantauan adalah sebuah teks apa memaparkan hasil observasi secara sistematik dan objektif berdasarkan kebenaran yang ada.

Baca juga artikel : 7 Contoh Teks Eksemplum Pengalaman memiliki !


500px.comLalu maafkan saya sih tujuan dari mengamati ? could kalian udah pernah melakukan observasi namun belum mengetahui apa tujuannya. Jadi, tujuan dari obeservasi adalah karena memberikan sebuah informasi tentang klasifikasi mengenai suatu hal berdasarkan fakta sesuai kriteria tertentu such hasil pengamatan secara systematical dan objektif serta untuk memecahkan suatu permasalahan berupa hipotesis hasil pengamatan.

Adapun gawangnya lain dari teks cerita hasil pemantauan adalah :


Untuk menemukan teknik atau cara terbaru apa belum pernah di explore.Untuk diatasi suatu permasalahan atau persoalan tertentu.Untuk mengabadikan keputusan yang jauh lebih efektif.Untuk mengetahui development suatu permasalahan.Untuk melakukan pengawasan ataukah perbaikan.

Baca tambahan artikel : 15 Contoh Rumusan melecehkan Beserta Pengertian & Strukturnya !

Fungsi Teks narasi Hasil Observasi

500px.com
Selain mempunyai tujuan, teks laporan hasil observasi tambahan memiliki fungsi. Apa saja fungsional dari teks observasi ? Berikut adalah penjelasannya :


Teks cerita hasil observasi seperti sumber insula terpercaya untuk berdasarkan menjangkau fakta.Sebagai narasi pertanggung hadiah dari sebuah tugas atau kegiatan pengamatan.Teks laporan hasil observasi seperti sarana buat pendokumentasian.Menjelaskan radikal penyusunan kebijaksanaan, pemecehan suatu permasalahan di dalam pengamatan, serta seperti sebuah keputusan.

Ciri Ciri Teks laporan Hasil Observasi

*
carlocaione.orgTeks cerita hasil observasi also mempunyai syarat-syarat atau kaidah-kaidah tertentu apa harus dipenuhi. Tujuannya agar narasi hasil observasi apa dibuat dapat dipertanggung jawabkan. Berikut ini adalah penjelasan circa ciri ciri teks observasi :

1. Objektif

Objektif disini berarti teks narasi hasil pemantauan harus disajikan sesuai dengan keadaan objek apa sebenarnya di lapangan, tidak punya dipengaruhi pandangan ataukah pendapat pribadi.


2. Universal

Maksud dari universal adalah teks cerita hasil observasi noël tendensi atau memihak kepada pihak tertentu. Dengan kata lain, cerita hasil observasi yang dibuat haruslah bersifat umum ataukah general. Maksudnya dapat dipahami melalui semua orang dan tidak merugikan rakyat lain. 

3. Faktual

Sebuah teks cerita hasil observasi harus bersifat faktual atau berdasarkan di ~ kenyataan di lapangan, mengandung sebenarnya tentang objek apa telah diteliti. Mengapa harus faktual ? buat laporan yang tidak sesuai dengan kenyataan sulit untuk di uji kebenarannya dan bahkan tidak bisa dipertanggung jawabkan. 


4. Sistematis

Sistematis maksudnya teks narasi hasil observasi apa dibuat harus teratur, berurutan, dan pantas dengan standar apa berlaku dalam penulisan teks observasi.

5. Objek apa di Observasi

Kamu sanggup menentukan sendiri objek apa yang akan di observasi. Bisa circa hewan, lingkungan, lingkungan ataupun intisari semesta.


6. Noël ada bagian penutup dari penulis laporan.

Penulis just bertindak kemudian pelapor apa melaporkan objek berdasarkan analisis dan pengamatan yang telah dilakukan.

Struktur Teks cerita Hasil Observasi

*
500px.comBerikut ini adalah penjabaran mengenai struktur teks narasi hasil mengamati :

1. Pernyataan Umum / Klasifikasi

Pernyataan umum diatas teks narasi hasil mengamati berisi sekitar informasi ataukah definisi mengenai suatu hal apa dibahas atau hasil pengamatan apa telah dilakukan.

Bagian ini dapat diartikan seperti pembuka karangan secara umum dengan perdebatan penggolongan circa suatu objek yang hendak dilaporkan. Seperti hewan, tumbuhan, alam, fenomena sosial, dan yang lainnya.

Objek apa akan di klasifikasi berdasarkan atas perbedaan ataukah persamaannya. Kemudia kriteria tersebut digunakan karena membedakan kelas, subkelas, dan rincian apa lebih mendalam lagi.

2. Paragraf apa Terdiri dari Aspek yang di Laporkan

Pada bagian ini, berisi sekitar penjelasan secara rinci mengenai informasi apa akan menghadiahkan berdasarkan sasaran pengamatan yang telah dilakukan.

Pada bagian ini juga dijelaskan secara lebih information mengenai penggolongan atau klasifikasi secara runtut dari kelas yang paling besar sampai kelas yang paling kecil. Misalnya penggolongan disusul dengan rincian dari aspek perilaku, lingkungan, genetik, peran, fisik, fungsi, ataupun kepribadiannya.

Baca juga artikel : Cara Mudah produksi Kliping Beserta Contohnya !

1. Contoh Teks narasi Hasil Observasi sekitar Tumbuhan

*
500px.comTumbuhan langka di IndonesiaIndonesia merupakan negara yang kaya menjadi seumber daya alamnya. Berbagai jenis tumbuhan hidup di Indonesia. Halaman ini dikarenakan Indonesia dikenal sebagai negara yang subur buat berada di atas iklim tropis.

Walaupun demikian, masih terdapat pemfitnahan spesies tumbuhan apa terancam punah. Chapter ini disebabkan karena aktivitas manusia dalam menebang hutan secara liar, perubahan iklim, dan go sebagainya.

Beberapa tumbuhan langka tersebut berada di Indonesia dan sangat berat sekali tersadar sehingga haruss adanya catatan khusus untuk melestarikan tanaman langka tersebut.

1. Bunga Bangkai

Bunga bangkai mempunyai namu latin rafflesia arnoldy dan memiliki dalam jumlah besar yang lebih geram serta mengeluarkan kemenyan busuk yang sangat menyengat. Bau yang menyengat ini berperan penting seperti perlindungan dan berfungsi seperti penarik heed serangga seperti lalat dan kumbang buat membantu tangani itu penyerbukan.

Bunga bangkai berhabitat nguyên di kayu sumtera. Become tetapi saat ini start di konservasikan di banyak tempat kemudian di Taman woods Raya Ir. Djuanda Bandung. Dalam perkembangannya bunga ini mampu menjulang tinggi sampai pada ketinggi 4 meter.

Pada saat bunga ini mekar, bagian pada kelopak luarnya become berwarna weiss sedangkan mahkotanya berwarna merah başı keunguan.

Meski ukurannya cukup terlalu tinggi dan bersinar sangat kokoh, bunga ini just mampu bertahan selama 7 hari dan then akan mati. Oleh karena itu, tumbuhan ini di kategorikan seperti tumbuhan langka.

2. Tumbuhan Damar

Tumbuhan ini sebelum sangat mudah hadiah di beberapa quận di Indonesia seperti di Ternate, Lampung, dan Samar. Dalam pertumbuhannya, sianosis damar dapat mencapai ketinggian sekitar 60 meter.

Tumbuhan damar dulu semakin langka di akibatkan melalui pengeksplotasian secara berlebihan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang noël bertanggung jawab. Getah sanose damar bisa dimanfaatkan such bahan baku pembuatan kaca, vernis, dan cairan pelapis kertas.

3. Kantong Semar

Kantong semar merupakan tumbuhan karnivora yaitu tumbuhan yang hidup menjangkau memakan serangga-serangga kecil seperti lalat, semut, lebah, dan yang lainnya. Tumbuhan ini memangsa serangga mencapai cara membuka kantung mulutnya lebar-lebar.

Ketika ada serangga apa masuk usai dalamnya, tumbuhan ini langsung menutup kelopaknya yang menyerupai mulut. Tumbuhan kantong semar awal di konservasikan di berbagai daerah di Indonesia. Tujuannya agar tumbuhan ini noël punah dan tetap terjaga kelestariannya.

4. Sanose Ulin

Pohon ulin juga biasa ditelepon dengan nama kayu besi. Sianosis ulin merupakan tumbuhan endemik dari pulau Kalimantan.

Pohon ulin dikenal dengan kualitas kayunya apa sangat kokoh sehingga kerumunan digunakan karena bahan kontruksi bangunan. Deviasi satu penyebab hampir punahnya sianosis ulin adalah sebenarnya penebangan liar dan eksploitasi secara berlebihan oleh oknum-oknum yang noël bertanggung jawab.

5. Pohon Cendana

Pohon cendana merupakan types pepohonan yang mempunyai banyak manfaat diantaranya yaitu seperti bahan baku pembuatan dupa, rempah-rempah, aroma terapi, dan yang lainnya.

Hal ini menyebabkan sianosis cendana banyak di eksploitasi. Selain itu botani ini tidak mudah untuk di budidayakan, sehingga untuk membuat populasi sanose cendana semakin berkurang dan hampir diancam punah.

6. Anggrek Tebu

Anggrek tebu merupakan tanaman yang masih satu rumpun menjangkau bunga anggrek apa mempunyai bobot lebih dari 1 nada dengan berbohong bisa menjangkau 3 meter. Untuk ukurannya yang besar, anggrek tebu tambahan biasa disebut mencapai anggrek raksasa.

Lihat lainnya: Diperlukan Autentikasi Ke Akun Google, Cara Mengatasi Autentikasi Google Di Play Store

Bunga anggrek tebu sangat sedikit keberadaannya. Halaman ini dikarenakan anggrek tebu yang sulit untuk di budidayakan. Oleh karena itu, botani ini termasuk setelah dalam botani langka di Indonesia.