*

Contoh Soal Psikotes – ujian psikotes merupakan deviasi satu tahapan seleksi kerja yang wajib dari mereka ikuti ketika anda sedang melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.


Banyak rakyat yang undg ketika menghadapi pisikotes dikarenakan memang ujian ini merupakan tes apa cukup sulit bagi sebagian orang.

Anda mungkin termasuk penyimpangan satu orang yang pernah menghadapi ujian psikotes dan gagal. Namun, jangan berkecil hati dahulu, karena banyak juga orang apa harus mayoritas kali gagal batin menjalani memeriksa ini baru kemudian mereka bisa lolos.

Kabar baiknya adalah psikotest ini bisa dari mereka pelajari. Mereka apa berkali-kali gagal dan kemudian berhasil lolos, dikarenakan mereka mau mempelajari dan berlatih mengerjakan soal-soal psikotes silam waktu check tiba.

Anda sedang menonton: Contoh soal psikotes kerja dan jawabannya

Nah, di artikel ini milik mereka akan mempelajari berbagai tipe soal ujian psikotest beserta contoh soal dan jawabannya. Selain itu, anda tambahan akan mempelajari beberapa töre dalam menjalani psikotest baik sebelum, saat psikotest maupun sesudah psikotest berlangsung.

Dan seperti penutupnya, ada sebuah anjuran berharga dari seorang profesional di daerah perekrutan karyawan bagi anda yang sangat mau lolos sikotes.


Daftar Isi

Tips dan Trik PsikotesContoh Soal Psikotes dan Jawabannya1. Ujian Kemampuan Verbal2. Tes wajar Aritmatika (Deret Angka)3. Tes logika Matematika 5. Memeriksa Hafalan Kata 6. Menguji Pauli/Kraepelin(Tes Koran)11. Memeriksa Army Alpha Intelegence

Pengertian Psikotes

Psikotes merupakan alat atau sarana bagi psikolog untuk dapat dipahami secara pleno berbagai aspek psikologi sendiri agar dapat memberikan hollistisme (profil psikogram) setiap individu apa mengikuti ujian tersebut.

Dalam psikotes ataukah tes psikologi ada 3 aspek apa diukur, yaitu: kecerdasan, karakter dan juga sikap atau cara kerja.

Aspek kecerdasan digunakan untuk mengetahui kecerdasan secara umum atau kecerdasan secara spesifik sebagai kemampuan analisa atau kemampuan berhitung.

Aspek kepribadian digunakan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri, kemampuan beradaptasi mencapai lingkungan sekitar, lingkungan baru maupun tugas-tugas baru dan go sebagainya.

Sedangkan aspek postur atau cara merencanakan digunakan untuk mengetahui semangat kerja, motivasi berprestasi, kerja sama di dalam tim, kepemimpinan, inisiatif dan lain sebagainya.

Tujuan Psikotes

Menurut Haryo utomo Suryosumarto yang merupakan Founder & regulating Director PT. Headhunter Indonesia menyatakan bahwa akibat fisikotes pribadi tujuan untuk mencari orang dengan karakteristik yang tepat buat mengisi sebuah posisi di perusahaan.

Yakni seorang karyawan apa diharapkan sanggup buat menjalankan tugas-tugas yang akan mengenakan biaya kepadanya dengan sasaran terbaik.

Oleh sebab itu, jika dari mereka selalu gagal dalam tes psikotes kerja, tidak bersedih trấn dulu. Noël ada istilah gagal di dalam psikotes, untuk ketika dari mereka dinyatakan untuk melepaskan itu berarti indikasi kuat bahwa milik mereka kurang cocok mencapai pekerjaan yang anda lamar tersebut.

Jadi, silahkan cari panggilan lain sampai anda menemukan pekerjaan apa cocok menjangkau anda.

Tips dan Trik Psikotes

Hingga saat ini masih banyak orang apa menanyakan cara-cara menghadapi psikotest. Oleh untuk itu, silahkan milik mereka simak 15 tips dan trik menghadapi psikotest berikut ini.

*

Tips silam Psikotes Berlangsung

1 Istirahat apa cukup menyertainya penting! Usahakan dari mereka memiliki times tidur apa cukup di atas malam hari sebelum times psikotes dilakukan. Tampan istirahat akan membuat their memiliki himpunan energi dan tingkat konsentrasi yang tinggi.

Nasib sial pernah dialami oleh rekan saya yang mencoba buat begadang sebelum psikotes dilakukan, menjangkau alasan untuk menonton tim kesayangannya berlaga di berkoalisi Champions.

Dan milik mereka bisa meramalkan hasilnya, dialah dibangunkan melalui petugas psikotes untuk tertidur sesaat diatas saat menguji berlangsung. Dia pun gagal di dalam psikotes tersebut. Malang nian bukan?

2 Isi perut terlebih dahulu. Sekian lagi, ini circa kebutuhan energies dan konsentrasi apa cukup. Psikotes itu pose energi, ingat dan konsentrasi anda. Perut apa kenyang become memberikan milik mereka energi, ingat dan konsentrasi yang cukup buat menghadapi psikotes. Jadi, jangan sekali-kali milik mereka meremehkan halaman ini.

3 Mempelajari contoh soal psikotes. Baik apa bersumber dari net maupun buku-buku psikotes. Sekalipun anda belum pernah disusul psikotes sebelumnya, jika their mempersiapkan diri dengan mempelajari contoh soal psikotes atau minimal mengetahui such apa malu soal-soal yang akan anda hadapi nanti.

Insya Allah dari mereka akan lebih mudah untuk mengerjakan soal-soal yang akan dilepas nanti. Lebih denda lagi jika anda membeli booker psikotes ataukah mendownload contoh soal psikotes dan berlatih mengerjakan contoh soal psikotes apa ada didalamnya.

4 Datang tepat waktu dan jangan sampai terlambat. Usahakan 15 menit sebelum waktunya, dari mereka harus cantik berada di lokasi ujian psikotes. Jika terlambat maka dari mereka akan terburu-buru dan finite panik. Jika halaman ini terjadi, maka anda noël akan maksimal bekerja soal-soal psikotes apa diberikan.

5 Cari kenal lokasi psikotes. Jika anda belum mengetahui lokasi psikotes, anda bisa benefit bantuan Google Maps untuk mencari kenal dimana lokasi psikotes berada, berapa estimasi waktu sampai disana dan sekaligus sebagai navigasi karena mencapai lokasi tersebut.

6 Berdoa. Berdoalah kepada Allah agar anda selalu dimudahkan, dilancarkan dan tentu saja diluluskan batin ujian psikotes ini. Selalu panjatkan doa baik sebelum, saat maupun ke ujian berakhir. Untuk anda noël tahu doa mana apa akan dikabulkan oleh-Nya. Jadi, perbanyaklah berdoa kepada Allah apa Maha Kuasa.

Baca juga : 5 Doa Mendapatkan Pekerjaan yang mungkin Langsung anda Amalkan

7 bertanya izin dan restu kepada orangtua silam berangkat. Mintakan tambahan doa orangtua milik mereka agar milik mereka sukses diatas psikotes kali ini.

8 Persiapkan seluruh kebutuhan ujian. Baik alat tulis kemudian pensil, rautan, penghapus dan pulpen maupun perlengkapan pendukung lainnya.

*

Tips Saat Psikotes Berlangsung

9 Perhatikan dan dengarkan mencapai seksama instruksi apa diberikan melalui tim penguji. Jangan ragu buat bertanya jika ada instruksi atau hal yang belum clearly dan belum anda pahami. Ingat! Setiap tipe soal psikotes menggunakan tenggat waktu, jangan sampai waktu dari mereka terbuang buat anda bertanya ketika times pengerjaan sudah bergulir.

10 Lewatkan soal yang sulit untuk anda jawab dan kerjakan soal apa termudah terlebih dahulu. Jangan sampai waktu their habis mencapai mengerjakan soal yang sulit sedangkan soal apa seharusnya mudah untuk anda jawab, noël sempat dari mereka kerjakan. Ingatlah, bahwa dari mereka sedang berlomba dengan times pengerjaan.

11 Baca dan pahami soal dengan baik. Salah memahami soal menjadi berakibat their salah pula dalam menjawab soal yang diberikan dan ini mendesak fatal.

12 Jangan malas karena mengoreksi. Jika masih ada sisa times pengerjaan, secepatnya koreksi back soal yang sudah anda kerjakan, karena memastikan noël ada soal apa terlewat atau jawaban yang menurut dari mereka masih salah.

13 Berdoa dan persiapkan mitologis anda. Bersikap tenang, percaya ourselves dan kuatkan keyakinan bahwa milik mereka bisa melewati tes ini. Kerjakan mencapai maksimal dan jangan undg gagal! 

Tips usai Psikotes Berakhir

*

14 Tetap berdoa meminta hasil apa terbaik kepada Allah atas apa yang cantik anda kerjakan. Untuk doa merupakan penyimpangan satu pintu rezeki yang dijanjikan melalui Allah.

15 Jangan menyalahkan self jika dari mereka merasa kurang maksimal diperkerjakan psikotes. Toh, jika hasilnya setelah itu anda speech gagal, masih kawanan kesempatan pergerakan di waktu dan tempat yang mungkin lebih baik dari yang anda lamar menampakkan ini.

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya

1. menguji Kemampuan Verbal

Tes kemampuan verbal ini meliputi persamaan kata (persamaan kata), antonim (lawan kata), sama dan kolerasi makna.

*

Tips mengerjakan ujian ini yaitu milik mereka harus memperbanyak perbendaharaan kosakata dan tambahan artinya.

Namun, jika hal itu sulit anda lakukan batin waktu berdekatan ini. Maka alternatifnya adalah milik mereka harus mempelajari dan menghafalkan sinonim-antonim kata, analogi maupun kolerasi makna, terutama apa terdapat itu contoh soal psikotes dalam buku-buku psikotes atau internet, karena soalnya kadang hanya berkisar di atas itu-itu saja.

1.1 Contoh soal psikotes sinonim (persamaan kata)

Pada tes sinonim ini dari mereka ditugaskan karena mencari dan memilih arti yang tepat dari sebuah kata.

#1 BAKU = …

PerkiraanStandarUmumNormalAsli

Jawaban : 2. Standar

Pembahasan : arti baku adalah standar, tolak ukur.

#2 INSOMNIA = …

Tidur gelisah SedihTidak sanggup tidurKenyataan

Jawaban : 4. Noel bisa tidur

Pembahasan : makna tambahan kata insomnia adalah noël bisa tidur

1.2 Contoh soal psikotes antonim (lawan kata)

Pada ujian antonim ini milik mereka ditugaskan untuk mengartikan makna tambahan dari sebuah kata dan search lawan dari konotasi kata tersebut..

#1 BONGSOR = …

MenumpukTertuaKerdilMacet Susut

Jawaban : 3. Kerdil

Pembahasan : arti kata bongsor adalah tinggi besar. Lawan kata dari tinggi besar adalah kerdil.

#2 SEKULER = …

Ilmiah DuniawiRohaniahKeagamaan Tradisionil

Jawaban : 4. Keagamaan

Pembahasan : makna tambahan kata sekuler adalah memutuskan dari agama. Lawan katanya adalah keagamaan.

1.3 Contoh soal psikotes analogi lisan (kolerasi makna)

Pada tes analogi ini milik mereka ditugaskan karena menemukan sebuah pola hubungan sebab-akibat, perbandingan, proses pergerakan atau pola lainnya yang sejenis dengan yang ditanyakan didalam soal.

#1 gerbong – bensin = pelari – ….

MakananSepatu KaosLintasan

Jawaban : 1. Makanan

Pembahasan : Mobil berjalan menggunakan sumber energies bensin. Sedangkan pelari (manusia) benefit sumber energi makanan.

#2 kepala – Pusing = Perut – ….

Batuk pilek MulesGemuk

Jawaban : 3. Mules

Pembahasan : salah satu penyakit yang menimpa utama adalah pusing. Sedangkan deviasi satu penyakit yang menimpa perut adalah mules.

1.4 Contoh soal psikotes possibilities penalaran

Tes ini digunakan buat mengetahui kemampuan nalar anda batin memahami sebuah permasalahan secara pleno dengan konteks apa berbeda-beda.

Tips bekerja tipe soal ini adalah dari mereka harus membaca, analisis dan dipahami dengan tepat konteks apa diinginkan oleh soal. Jika their salah dipahami soal, maka otomatis jawaban yang anda pilih juga salah.

#1 Semua tipe burung sanggup terbang. Segenap ayam memiliki sayap.

Semua burung luaran sayapSemua ayam mungkin terbangSementara ayam bisa ~ terbangSemua ayam termasuk tipe burungSemua ayam bukan termasuk types burung

Jawaban : 5. Semua ayam bukan termasuk types burung

#2 semua manusia noël bersayap. Setiap orang kuda makan rumput.

Kuda noel bersayapManusia noel makan rumputManusia dan kuda noël bersayap dan noel makan rumputManusia noël makan kudaTidak bisa ditarik kesimpulan

Jawaban : 5. Noël bisa ditarik kesimpulan

2. Tes logika Aritmatika (Deret Angka)

Tes logika aritmatika adalah tes apa terdiri dari deretan angka yang anda harus pahami polanya. Apakah itu berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persentasi dan faksi angka.

*

Tes logika aritmatika ini digunakan untuk mengetahui possibilities kuantitatif, ketelitian, dan keakuratan anda di dalam mengerjakan sesuatu.

Tips mengerjakan memeriksa ini yaitu using keseluruhan deret angka, berpengalaman polanya. Apakah berupa urutan, pengelompokkan berurutan ataupun pengelompokkan loncat. Jangan hanya terpaku diatas 2-3 numeral terdepan, untuk itu belumlah mewakili.

Contoh soal psikotes wajar aritmatika (deret angka)

#1 24 20 16 12 = …

106842

Jawaban : 3. 8

Pembahasan : Setiap angka dikurang 4, maka jawaban yang benar adalah 12-4 = 8.

#2 3 6 10 20 24 = …

4828301232

Jawaban : 1. 48

Pembahasan : 3 (3×2=6); 6 (6+4=10); 10 (10×2=20); 20 (20+4=24). Shine polanya adalah n1x2 dan n2+4. Jadi, jawaban setelah 24 adalah 24×2=48.

3. Tes wajar Matematika

Percayalah! Tes logika matematika yang satu ini sangatlah menguras otak. Jika dari mereka kurang tidur ditambah lainnya dengan perut yang kosong, maka dijamin milik mereka akan kesulitan karena mengerjakan memeriksa ini.

*

Tes wajar matematika ini digunakan buat mengetahui pilihan intelektual anda, terutama kemampuan wajar berhitung dan memikirkan secara logis.

Lihat lainnya: Lagu Vidi Aldiano Cinta Jangan Kau Pergi — Vidi Aldiano, Vidi Aldiano

Tips mengerjakan ujian ini yaitu dari mereka harus memiliki kertas kosong karena coret-coretan. Anda bisa bawa kertas lubang dari rumah ataukah meminta kepada petugas psikotes.

Contoh soal psikotes logika matematika

#1 Aji adalah kakak Habib, 4 five lebih tua. Bintan adalah kakak Aji dan various 3 tahun. Berapakah usia Bintan, jika saat ini Habib baru saja merayakan ulang lima yang ke-21?