Sakit dada sebelah kanan sering kali dianggap sepele jika dibandingkan nyeri dada di sisi sebelahnya. Padahal, sakit di potongan kanan dada juga bisa menjadi sign adanya melecehkan kesehatan yang serius.

Sakit dada sebelah kanan bisa ~ saja berkaitan dengan serangan jantung, meski serangan jantung umumnya terasa di atas dada sebelah kiri. Tak hanya jantung, rasa nyeri di bagian kanan dada juga berkaitan dengan beberapa penyakit, terutama diatas orang lanjut usia.

Anda sedang menonton: Dada kanan sakit saat bernafas

*

Berbagai tanda dan gejala Sakit Dada Sebelah Kanan

Ada beberapa komplikasi penyerta yang bisa dirasa saat seseorang mengalami sakit dada sebelah kanan, di antaranya:

Nyeri dada saat alter posisi tubuhSensasi perih di dalam rongga dada atau di belakang tulang dadaNyeri dada terasa pedas dan menusukDada terasa seperti diremas dan ditekanSesak dan sakit saat bernapas, terutama selama berbaring

Kondisi terkait Sakit Dada Sebelah Kanan

Ada beberapa menyebabkan timbulnya rasa sakit di atas dada sebelah kanan, antara lain:

1. Intervensi jantung

Meski ~ no satu-satunya bangsaaksi sakit dada sebelah kanan, tetapi perambahan jantung bisa dulu pencetusnya. Beberapa tipe gangguan di ~ jantung, meliputi diserang jantung, penyakit jantung koroner, perikarditis, kardiomiopati hipertrofi atau penebalan otot jantung, angina, dan diseksi aorta.

2. Intervensi paru-paru

Masalah paru tambahan bisa menyebabkan sakit dada bagian kanan. Berikut ini adalah beberapa gangguan di ~ paru apa bisa memicu munculnya sakit dada:

Pneumonia atau infeksi jaringan paruPleuritis atau radang selaput paruEmboli paruAsma3. Perambahan pencernaan

Masalah di ~ saluran pencernaan also bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan, misalnya penyakit asam lambung, radang pankreas, hernia hiatal, dan tukak lambung.  

4. Stres

Gangguan kecemasan atau stres dapat menimbulkan diserang panik apa mirip menjangkau serangan jantung. Terms ini bisa ~ terjadi secara tiba-tiba atau diaktifkan oleh kejadian traumatis batin hidup dan dapat berakibat sakit dada sebelah kanan atau di keduanya.

5. Otot tegang

Aktivitas fisik atau olahraga yang melibatkan merencanakan otot dada secara penuh sesak bisa disebabkan sakit dada sebelah kanan. Sakit ini biasanya berasal dari sakitnya otot dan kian memburuk saat otot dada sebelah kanan digerakkan.

6. Peradangan trần

Kondisi ini juga menjadi deviasi satu mengganggu kesehatan apa dapat memicu munculnya sakit dada sebelah kanan. Letak organ trần yang berdekatan dengan dinding lubang dada kanan adalah penyebab kenapa dada bagian kanan terasa sakit saat trấn mengalami mengganggu serius.

7. Rusak di bagian dada

Cedera di ~ tulang, otot, dan saraf di dada bisa also bisa menyebabkan rasa sakit dada sebelah kanan. Tulang iga kanan yang patah acibe cedera juga bisa memicu dada sebelah kanan terasa sakit, terutama saat bernapas dan batuk.

Otot dan tendon apa berada middle tulang rusuk kanan pun bisa mengalami cedera buat batuk apa terlalu keras atau untuk pergerakan tubuh, sehingga disebabkan sakit dada sebelah kanan.

Hal-Hal apa Perlu perhatian Saat Sakit Dada Sebelah Kanan

Di batin dada terdapat berbagai organ yang sangat vital bagi tubuh. Oleh buat itu, janganlah adopsi remeh jika dada terasa sakit.

Lihat lainnya: Resep Kue Tepung Ketan Putih, Akses Ke Halaman Ini Telah Ditolak

Segera pergi nanti dokter atau unit gawat darurat dalam sakit lebih dekat jika their mengalami sakit dada sebelah yang disertai oleh beberapa kondisi berikut ini:

Susah menelanSesak napas apa terjadi tampan lamaDemam, menggigil, atau batuk berdahak berwarna keemasan kehijauanRasa sakit terasa parah dan noël kunjung membaikRasa rasa sakit menyebar ke rahang, delapan kiri, ataukah punggungDenyut jantung ataukah tekanan darah mendesak rendahDetak jantung kian cepat, pusing, mual, pucat, dan keringat berlebih

Penanganan yang cepat menjadi sangat help keberhasilan pengobatan. Oleh untuk itu, jangan ragu karena berkonsultasi dengan kedelapan jika milik mereka merasakan sakit dada sebelah kanan, agar penyebabnya bisa ~ diketahui dan langsung ditangani.