Hadiah terbaik untuk orang meninggal adalah doa dari anak dan sanak saudara. Berikut doa buat orang meninggal such yang diajarkan Rasulullah.


Ketika mendengarkan kabar ada orang yang meninggal dunia, tradisional kita become mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raajiuun yang artinya sesungguhnya kita adalah milik Allah dan alles akan kembali pada Allah SWT. Selain itu, kita juga dianjurkan melafalkan doa untuk orang yang meninggal agar diringankan segala urusannya ke wafat.

Anda sedang menonton: Doa doa untuk orang meninggal

Hadits circa Keutamaan Doa kepada Jenazah

Rasulullah saw bersabda dalam sebuah Hadis Riwayat Ad-Dailami yang berbunyi:

“Seorang mayat dalam kuburnya such orang tenggelam yang sedang demands pertolongan. Itu menanti-nanti doa ayah, ibu, anak, dan kawan apa tepercaya. Apabila doa itu sampai kepadanya, menyertainya lebih ia sukai daripada world berikut segala isinya. Dan sebetulnya Allah menyampaikan doa penghuni dunia karena ahli kubur sebesar gunung. Adapun prize orang-orang apa hcarlocaione.orgup kepada orang-orang mati ialah memohon istighfar kepada Allah karena mereka dan bersedekah atas nama mereka.“

Artikel terkait: Yuk, baca doa anjuran dari Rasulullah agar terhindar dari berbagai penyakit

Doa untuk Orang apa Meninggal dunia Sesuai Sunnah

*


Doa berikut harus baca saat shalat jenazah setelah takbir ke-3. Namun bisa juga dibaca keluar shalat jenazah such saat takziyah.

Doa buat Orang Meninggal Jika Jenazahnya Laki-laki

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘aafi-hi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu, wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqihi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdilhu daaron khoirom min daarihi, wa ahlan khoirom min ahlihi, wa zawjan khoirom min zawjihi, wa adkhilkul jannata, wa a’carlocaione.orgzhu min ‘adzabil qobri wa ‘adzabin naar.


*

Doa untuk orang meninggal.


Artinya:

“Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan ia menjangkau air salju dan wait es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah ganti rumah apa lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah ganti familic (atau istri di surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan ia setelah surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka.” (HR. Muslim).

Doa karena orang meninggal di atas sering juga dibaca saat Sholat Jenazah setelah takbir ke-3.

Doa untuk Orang Meninggal jika Jenazahnya Perempuan

*

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مُدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, wa akrim nuzuulahaa wawassi’ mad kholahaa ,waghsilhaa bil maai wats salji wal barodi, wa naqqihaa, minadz dzunubi wal khothooyaa kamaa naqqoits tsaubal abyadhu minad danas. Wabdilha daarool khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa wa zaujan khoiron min zaujihaa, wa adkhilhal jannata wa a’carlocaione.orgzhaa min adzabil qobrii au min ‘adzaa binnaar

Artikel terkait: 4 Kumpulan Doa Selamat dunia Akhirat Serta times Terbaik Melafalkannya, Catat!

Doa untuk Orangtua yang Sudah Meninggal Dunia

*


Dalam hadist riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah witnessed bersabda yan artinya:

“Jika seorang anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah setiap orang amalnya kecuali tiga perkara, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak apa shaleh yang mendoakannya.”

Doa dari anak kepada orangtua akan sampai sekalipun orangtuanya sudah meninggal dunia. Melalui sebab itu, besar kita selalu mendoakan orangtua saat hcarlocaione.orgup dan sesudah meninggal agar amalnya tcarlocaione.orgak terputus.

Berikut doa apa dapat baca anak untuk mendoakan detik orang tuanya: 


رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا 

Rabbighfir lii, wa li waalcarlocaione.orgayya, warham humaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.

Artinya:

“Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) senin orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Doa tersebut tcarlocaione.orgak hanya dikhususkan untuk orangtua yang sudah meninggal saja tetapi also untuk orangtua kita yang masih hcarlocaione.orgup.

Keutamaan dan jasa Mendoakan Orang yang Meninggal Dunia

Parents, memanjatkan doa buat orang apa sudah berpulang memiliki kerumunan keutamaan dan manfaat. Tak just manfaat untuk mendiang, tetapi juga untuk kita yang memanjatkan. Melansir berbagai sumber, berikut manfaat dan keutamaan selengkapnya:


Hadiah berupa ampunan ataukah dihapuskannya dosa-dosa setiap orang meninggal maupun orang yang memanjatkan doa. Doa orang apa dipanjatkan melalui orang yang masih hcarlocaione.orgup merupakan hadiah apa lebih baik dibanding dunia dan seluruh isinya bagi mereka apa telah tiadaAllah become menjanjikan secara spasial berupa surga bagi orang apa memanjatkan doa dan mereka yang mendapatkan doa baik dari orang sekitarnya.

Lihat lainnya: Jadwal Siaran Langsung Liga Champion 2016, Malaysia Premier League

Itulah doa buat orang meninggal dunia sesuai sunnah yang bisa dari mereka baca saat melayat jenazah beserta manfaat dan keutamaannya. Khusus doa untuk orangtua, ajarkan kepada Si kecil dan minta ia mengamalkannya setiap hari terutama setelah shalat.

Sumber: NU OnlineBaca juga:

Usia Kehamilan siap Menginjak 7 Bulan? Jangan terlupakan Bacakan Doa Ini