Manusia apa bijak gak menjadi pernah saya baik-baik saja puas mencapai ilmu apa dia punya. Dia ini adalah terus menimba ilmu dan memperkaya pengetahuannya.

Gak cuma di bidang akademis, ilmu itu diskursif dan bisa ~ dipelajari koknya saja. Biar ilmu yang didapat semakin berkah, yuk simak lima doa adjuvan ilmu yang sebaiknya berpengalaman saat silam dan sesudah belajar!




Anda sedang menonton: Doa menuntut ilmu dan artinya

*
IDN Times/Anjani Eka Lestari

Singkat dan menyudahi dihafal, lafal doa yang paling banyak dibaca sebelum mulai belajar adalah sebagai berikut:

Yaa rabbi zidnii "ilman warzuqnii fahmaa

Artinya:

"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki become kepahaman."


*
IDN Times/Anjani Eka Lestari

Lafal doa di poin pertama memiliki versi lain mencapai bacaan lebih panjang. Sentence terakhirnya sama kemudian yang dilafalkan di atas poin pertama. Berikut doa lengkapnya:

Rodhittu billahirobba wabil islamidina wabimuhammadin nabiyyaw warasullah, rabi zidni "ilman warzuqnii fahmaa

Artinya:

"Kami rida Allah SWT such Tuhanku, Islam such agamaku, dan Nabi Muhammad kemudian nabi dan rasul. Memiliki Allah. Tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki become kepahaman apa baik."


*
IDN Times/Anjani Eka Lestari

Allahumma innii as-aluka "ilman naafi"an wa "amalam mutaqobbalaa wa rizqon waasi"an wa ilal khoiri qorribna wa"anisyarri ba"idna


Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rezeki apa lapang, dan dekatkanlah aku kepada basi yang baik, serta jauhkan aku dari perbuatan apa buruk."

Baca Juga: Ada Kerabat yang Menikah, Panjatkan Doa-doa Baik Ini!


*
IDN Times/Anjani Eka Lestari

Setelah selesai belajar, baca secara terpisah lafal doa berikut bertujuan buat memohon perlindungan dari ilmu yang kurang baik, serta penampungan dari sifat sombong sebenarnya merasa pintar. Berikut lafalnya:

Allahuma arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa"ahu, wa arinal baathila baathila warzuqnaj tinaabah

Artinya:

"Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami sebenarnya sehingga kami dapat mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami ragum sehingga kami dapat menjauhinya."




Lihat lainnya: Kode Transfer Mandiri Ke Bca 2021 : 35 Cara & Biaya, Kode Transfer Bank

*
IDN Times/Anjani Eka Lestari

Lupa adalah sifat innate manusia. Kadang saking banyaknya hal apa telah kita pelajari, di kemudian hari ada beberapa apa terlupa. Tenang, ada doanya, kok untuk memohon ingatan apa baik kepada Allah SWT.

Allahumma innii astaudi"uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya "inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal "alamiin

Artinya:

"Ya Allah, pada kenyataannya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan bukan Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai tuan semesta alam."

Nah, menemani itu tadi lima doa menuntut ilmu yang sebaiknya dibaca sebelum dan sesudah belajar agar ilmu apa kita dapat menjadi lebih berkah. Hayo, ada apa masih sering lupa harus baca doa saat belajar gak, nih?

Baca Juga: siap Tahu? Ini Doa dan Tata Cara Menyembelih Ayam dengan Benar