nyeri sakaratul maut tak dapat dilukiskan dengan kata-kata sebagaimana Baginda Rasulullah pernah merasakannya. Gambar ilustrasi/dok amrkhaled


Anda sedang menonton: Doa untuk memudahkan sakaratul maut

Semua yang bernyawa pasti merasakan maut (mati), noël terkecuali para Nabi dan Rasul. Sakaratul maut adalah saat dimana human akan menghadapi kematian, yaitu berpisahnya ketuhanan dari jasad. Nabi yang mulia Sayyidina Muhammad صلى الله عليه وسلم sendiri mengalami rasa sakit sakaratul maut. Detik-detik kematian Rasulullah diceritakan batin kitab-kitab Sirah Nabawiyah. Baca Juga: Ulama-Ulama Besar apa Didatangi Setan Saat Sakaratul Maut Sekilas holistik kepedihan sakaratul maut diabadikan malalui Allah dalam Al-Qur"an: "...Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di times orang-orang yang zalim berada batin tekanan sakratul maut, sedang para Malaikat slam dengan tangannya, (sambil berkata): "Keluarkanlah nyawamu". Di hari ini kamu dibalas mencapai siksa yang sangat menghinakan, buat kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang noël benar dan (karena) kamu always menyombongkan ourselves terhadap ayat-ayat-Nya." (QS Al-An"am Ayat 93) ⁣Dalam Kitab Sirah Nabawiyah Ibnu hisham diceritakan detik-detik kematian Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Nabi apa mulia berkata kepada putri kekasih Sayyidah Fathimah Az-Zahra radhiyallahu "anhu yang duduk di sisi Rasulullah. Beliau berkata: "Wahai putriku Fatimah, itu adalah pengusir kelezatan, pemutus keinginan, pemisah jamaah dan yang meramaikan kubur."Ketika Malaikat maut datang, Malikat Jibril pun datang lalu duduk lateral Rasulullah. Malaikat Maut meminta izin kepada Rasulullah untuk menjalankan tugasnya. Kapan ruh sampai di bagian perut, Rasulullah صلى الله عليه وسلم berkata: "Wahai Jibril, alangkah pedihnya maut."Rasulullah saya baik-baik saja kesakitan. Padahal, Malaikat Maut siap melembutkan caranyasaat mencabut ruh Baginda Rasulullah apa mulia. Jibril memalingkan wajahnya untuk tak kuasa melihat Rasulullah merasakan sakitnya sakaratul maut. Di sentral sakit tak tertahankan itu, beliau berkata: "Ya Allah, dahsyat nian maut ini. Timpakan saja segenap siksa maut ini kepadaku. Jangan kepada ummatku." Subhanallah!Ketika sakaratul maut, Rasulullah masih memperlihatkan rasa cinta kepada ummatnya. Hingga rela apabila setiap orang siksa maut yang harus merasa ummatnya ditimpakan kepada beliau.Begitulah sekilas menyeluruh sakitnya sakaratul maut yang dialami Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Lantas, koknya dengan untuk kita umatnya. Harapan Allah berkenan meringankan kita saat sakaratul maut. Dalam satu hadisnya, Rasulullah صلى الله عليه وسلم memerintahkan umatnya agar menuntut orang yang sakaratul maut dengan sentence ini:لقنوا موتاكم لااله الا الله"Tuntunlah orang apa akan meninggal dunia untuk mengucapkan sentence "Laa ilaha illaallah"." (HR Muslim)Penceramah yang dijuluki Dai akhir zaman, Ustaz Zulkifli Muhammad Ali Lc mengajarkan satu doa agar dimudahkan selagi sakaratul maut. Doa ini dinukil dari mayoritas riawayat hadis. Berikut lafaznya:
Allahumma Hawwin "Alaina Fii Sakarootil-Maut⁣⁣"Ya Allah, mudahkanlah bagi kalian di dalam menempuh sakratul maut." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)Baca Juga: Merinding! Beginilah Sakaratul Maut yang Dialami setiap orang Kafir Wallahu A"lam
*

وَلَقَدۡ مَكَّـنّٰكُمۡ فِى الۡاَرۡضِ وَجَعَلۡنَا لَـكُمۡ فِيۡهَا مَعَايِشَ ؕ قَلِيۡلًا مَّا تَشۡكُرُوۡنَ
Dan sungguh, kalian telah menempatkan kamu di bumi dan di sana Kami sediakan (sumber) penghidupan untukmu. (Tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.(QS. Al-A’raf:10)
*

*

Artikel Terkait
BACA JUGA
Hadits the The Day


Lihat lainnya: 14 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Di Pt, Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Dari Abu Hurairah radhiyallahu "anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu "alaihi wasallam bersabda:  "Janganlah kalian crowd tertawa, untuk banyak tertawa become mematikan hati."(HR. Ibnu Majah No. 4183)