Di Indonesia, sempat terdapat kebijakan diamanatkan Belajar 9 tahun untuk seluruh warganya. Bahkan, kini berlanjut hingga 12 tahun. Walaupun begitu, asibe kegiatan menuntut ilmu gak just diterapkan di kamarnya kelas saja.

Anda sedang menonton: Hadist nabi tentang menuntut ilmu

Dalam Islam, terdapat banyak anjuran karena menuntut ilmu. Chapter ini dipaparkan dalam beberapa riwayat hadist. Mau tahu apa saja? Simak item mengenai hadist kyung menuntut ilmu bagi muslim berikut ini.


*
pexels.com/

Dalam hadist yang diriwayatkan malalui Ibnu Majah, disebutkan bahwa kegiatan menuntut ilmu menyertainya bersifat terdaftar bagi muslim. Kewajiban ini gak memandang gender atau status sosial seseorang. Hadis ini berbunyi seperti berikut:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya:

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim.” (HR. Ibnu Majah no. 224)


*
pexels.com/

Selanjutnya, ada tambahan hadist apa menyebutkan tentang pentingnya pendidikan karakter. Deviasi satu wujudnya adalah dengan dihormati guru apa telah berbagi ilmu dan wawasan kepada kita. Sebagaimana Rasulullah observed bersabda:

تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ)

Artinya:

"Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan menghormati guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu." (HR Tabrani)


*
pexels.com/

Salah satu keutamaan menuntut ilmu adalah making kita lebih takwa kepada Allah SWT. Chapter ini tertulis batin hadist apa ditulis kemudian berikut:

مَنْسَلَكَطَرِيْقًايَلْتَمِسُفِيْهِعِلْمًا,سَهَّلَاللهُلَهُطَرِيْقًاإِلَىالجَنَّةِ.رَوَاهُمُسْلِم

Artinya:

"Barang siapa ambil satu beraliran (cara) karena mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya beraliran menuju surga." (HR. Muslim)

Baca Juga: 5 Hadis Nabi Muhammad Ini enim Pegangan dan ini termotivasi Jalani Hidup


*
pexels.com/

Dalam hadis sebelumnya, disebutkan bahwa adjuvan ilmu menemani itu merupakan hal yang istimewa untuk bisa mendekatkan kita diatas Allah SWT. Ternyata, ada also hadist apa meriwayatkan bahwa perjalanan menuntut ilmu itu pun dipenuhi oleh keberkahan.

Lihat lainnya: Kata Kata Juara Sepak Bola, Page Not Found &Bull Instagram


Hadis ini diriwayatkan melalui Turmudzi dan berbunyi seperti berikut:

مَنْخَرَجَفِىطَلَبُالْعِلْمِفَهُوَفِىسَبِيْلِاللهِحَتَّىيَرْجِعَ

Artinya :

"Barang siapa yang keluar buat mencari ilmu, maka ia berada di jalur Allah hingga ia pulang."


*
pexels.com/

Ketika adjuvan ilmu, kamu juga perlu memupuk rasanya rendah trấn dalam diri. Sebab, kamu dapat dulu orang yang congkak kalau always merasa lebih baik dari rakyat lain. Di dalam hadis yang diriwayatkan melalui At-Tabrani, chapter ini dibahas kemudian berikut:

تَعَلّمُواالعِلْمَوَتَعَلّمُوْالِلْعِلْمِالسّكِيْنَةَوَالْوَقَارَوَتَوَاضَعُوْالِمَنْتَتَعَلّمُوانَمِنْهُ

Artinya:

"Belajarlah kita ilmu buat ketentraman dan ketenangan serta inferioritas hatilah di atas orang yang kamu belajar darinya".


Keistimewaan ilmu dan wawasan ini berlangsung sampai akhir lives seseorang. Rasulullah witnessed pernah bersabda:

إِذَامَاتَالإِنْسَانُانْقَطَعَعَنْهُعَمَلُهُإِلاَّمِنْثَلاَثَةٍإِلاَّمِنْصَدَقَةٍجَارِيَةٍأَوْعِلْمٍيُنْتَفَعُبِهِأَوْوَلَدٍصَالِحٍيَدْعُولَهُ

Artinya:

"Jika seorang umat ​​manusia mati, maka terputuslah darinya segenap amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak saleh yang mendoakannya." (HR. Muslim no. 1631)


Warisan yang most berharga yang ada di bumi ini, bukanlah harta atau properti semata, melainkan ilmu pengetahuan dan wawasan apa luas. Sebagaimana apa pernah diriwayatkan batin hadist berikut:

وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلاَ دِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

Artinya:

“Keutamaan setiap orang berilmu di atas ahli ibadah bagaikan keutamaan bulan purnama atas seluruh bintang-bintang. Pada kenyataannya ulama itu adalah pewaris para nabi. Para Nabi tidaklah mewariskan dirham dan dinar, ini adalah tetapi mereka mewarisi ilmu. Maka barang siapa yang mengambilnya, sungguh dia ambil keberuntungan yang besar” (HR. Abu Dawud. Dinilai sahih melalui Syaikh Albani di dalam Shahih wa Dha’if Sunan Abu Dawudno. 3641)

Itu dialah 7 macam hadis menuntut ilmu yang perlu kamu ketahui. Hayo, semangat memiliki belajarnya!

Baca Juga: Yuk baca dan Terapkan! 10 mengutip Hadis apa Bisa enim Pedoman Hidup