Poster adalah media apa berisi gambar, tulisan, atau gabungan dari keduanya, yang dibuat menarik untuk memberikan informasi.

Anda sedang menonton: Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menceritakan informasi dari gambar

Poster biasanya dikenali pada board pengumuman di sekolah, ditempelkan di tembok-tembok sepanjang jalan, dan tempat apa banyak dilalui orang.

Poster bertujuan buat memberi insula atau pengetahuan kepada setiap orang banyak.

Walaupun bertujuan memberi informasi, poster perbedaan dengan menginformasikan ataupun buku. Poster disajikan di dalam selembar kertas.

Poster also memiliki melukis dan tulisan apa lebih besar dan menaiknya dibandingkan koran ataukah buku, ini bertujuan buat menarik pembaca.

Baca Juga: Cara menjaga Keberadaan sumber Daya Alam, Materi Kelas 4 SD Tema 2

Pada booker materi pelajaran tematik kelas 4 SD, teman-teman tambahan akan belajar mengenai poster.

Khususnya pada booker tematik halaman 74, kamu harus menemukan jawaban dari bertanya "Apa yang perlu kita kronologi ketika membuat poster?".

Yuk, menemukan kunci jawaban bertanya tersebut dari penjabaran mengenai ciri poster dan hal yang harus diperhatikan di dalam poster berikut ini.

Ciri-Ciri Poster

Untuk membedakan poster menjangkau media apa lain, mari kita pelajari apa saja ciri-ciri poster. Ciri-ciri poster antara lain:

1. Memuat komposisi huruf dan gambar

2. Membuat dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas

3. Berisi sesuatu yang menarik heed orang

4. Ukuran disesuaikan dengan tempat pemasangan

5. Benefit perpaduan warna yang kuat dan kontras.

Setelah mengetahui ciri-ciri poster, kamu also bisa mempelajari mengenai tujuan dibuatnya poster.

Tujuan dibuatnya Poster

Poster bertujuan buat mengajak, membujuk, dan menghimbau masyarakat untuk melakukan sesuatu kemudian yang tertera pada poster.


Baca Juga: Cari menjawab Kelas 4 SD Tema 2, tuliskan 5 Manfaat energies bagi Kehidupan

Misalnya, selagi ada poster apa berjudul "Mari Hemat Air", maka gawangnya poster tersebut adalah untuk mengajak pembaca poster supaya menghemat air.

Tujuan poster adalah ditujukan karena masyarakat, oleh buat itu poster harus dipasang di ruang angkasa umum yang banyak dilalui orang.

Tujuan poster tambahan dapat dibedakan were tiga yaitu media publikasi, hasil komersiil, dan media informasi.

Media release adalah sarana promosi untuk menyampaikan berita dan informasi kepada masyarakat luas, contohnya poster layanan masyarakat.

Poster yang dibuat buat tujuan komersiil adalah sebagai media untuk menawarkan produk kepada masyarakat, contohnya iklan.

Poster dengan sasaran media insula bisa kamu temukan pada poster-poster di sekolah, ataukah majalah dinding.

Hal yang Perlu Diperhatikan ketika untuk membuat Poster

1. Menentukan topik dan tujuan, dahulu membuat poster kamu harus tekad topik dan gawangnya pembuatan poster. Misalnya untuk menyampaikan membersihkan lingkungan.

Baca Juga: Cara membudaya Keberadaan bersumber Daya Alam, Materi Kelas 4 SD Tema 2

2. Keuntungan kalimat yang efektif, jernih dan menyudahi dimengerti pembaca.

3. Gunakanlah gambar apa menarik dan jelas. Supay lebih menarik, berikan cat, dll dengan massa yang lebih terlalu tinggi dari tulisan. Kamu juga bisa appendisitis warna-warna apa mencolok dan menarik minat pembaca.

4. Gunakan media apa tepat. Misalnya menempelkan pada dinding-dinding apa banyak dilalui orang, sehingga gawangnya pembuatan poster sanggup tersampaikan.

Nah, itulah yang perlu diperhatikan ketika making poster.

Lihat lainnya: Drama Korea Trans Tv 2021 - Jadwal Trans Tv Hari Ini Selasa, 12 Oktober 2021

Yuk, tonton video clip ini juga!

----

Ayo, kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran karena menunjang aktivitas belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin cerdas belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.