carlocaione.org, jakarta - Timnas Indonesia kembali bertemu mencapai Malaysia di fase grup B Piala AFF 2020.

Anda sedang menonton: Hasil sepak bola indonesia vs malaysia

Indonesia dan Malaysia dikenal luaran sejarah rivalitas panjang dalam dunia sepak carlocaione.org. Bentrok kedua negara tetangga itu always menyajikan cerita menarik, dramatis, dan sepenuhnya kenangan.


Indonesia dengan Malaysia adalah country serumpun di kawasan Asia Tenggara. Keduanya pribadi ikatan kekerabatan amat kuat, sesama penganut budaya Melayu. Namun jika satrat sepak ball keduanya adalah competitor abadi.

"Setiap bertanding resisten Malaysia, always muncul semangat berlipat. Sebagai kata menjangkau tim lain Indonesia boleh kalah, namun tidak dengan Malaysia," ungkap Rully Nere pemain lini tengah Indonesia era 1980-an yang terlibat batin duel panas final SEA games 1987 di Stadion kepala Gelora Bung Karno, Senayan.

Malaysia bukan lawan enteng bagi Tim Garuda. Mereka kerap memanggang momok menakutkan. Timnas Indonesia juga dua kali kalah dari dua pertemuan last pada Kualifikasi Piala dunia 2022.

Jauh sebelumnya, kekalahan menyakitkan di Stadion kepala Gelora Bung Karno juga didapat Timnas Indonesia dari Malaysia, tepatnya diatas final SEA games 2011.

Di hadapan hadirin sendiri, timnas yang kala itu dibesut Rahmad Darmawan digasak Tim Negeri Jiran lewat drama adu penalti mencapai skor 4-3, ke kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal dan pelebaran waktu.

Timnas Indonesia juga bertekuk lutut resisten Malaysia di final Piala AFF 2010. Berikut ini sajian khas carlocaione.org terkait rivalitas abadi Timnas Indonesia melawan Malaysia.


Berita video tujuan drawing Piala AFF 2020, di mana Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam dan Malaysia.


*

Timnas Indonesia menang 39 laga dari 97 pertemuan, sedangkan Malaysia 37 pertandingan. Sebanyak 21 duel disudahi tujuan imbang. Jumlah duel ini terbanyak antarnegara sesama Asia Tenggara.

Keunggulan rekor memenangi tak lantas membuat Indonesia sanggup tersenyum puas. Kelentukan dari galeri trofi occasion resmi, Timnas Malaysia lebih unggul.

Tim dengan warna kebesaran loreng golden dan hitam itu sekian tercatat dulu juara Piala AFF. Sementara itu, Tim Garuda belum sekalipun sukses dulu yang terbaik di kawasan Asia Tenggara. Meraih maksimal Indonesia ialah menjadi five kali runner-up Piala AFF.

Malaysia also unggul di SEA Games. Mereka enam kali menjadi kampiun, yakni lima 1961, 1977, 1979, dan 1989, 2009, dan 2011. Di mana dengan Indonesia?

Timnas Indonesia tercatat dua kali meraih medali emas cabang sepak nol di raanah multievent Asia Tenggara, yakni pada lima 1987 dan 1991. Hingga saat ini Tim Merah-Putih belum bisa mengulangi meraih serupa.

Lihat lainnya: Buah-Buahan Yang Mengandung Vitamin A, Buah Dengan Kandungan Vitamin A Tinggi

Indonesia sempat lolos usai laga puncak SEA gamings secara beruntun pada edisi 2011 dan 2013. Namun di atas akhirnya gagal menjadi yang terbaik. Pertandingan last SEA gamings 2011 yang dihelat di Stadion kepala Gelora Bung Karno, Senayan, terasa menyesakkan. Lawan dihadapi adalah Malaysia dan Indonesia kalah!

Satu lagi apa patut dicatat, berprestasi kubu lawan also unggul dibandingkan Indonesia di kadarnya klub. Johor Darul Ta"zim FC memanggang juara Piala AFC edisi 2015. Di sisi lain, pencapaian tertinggi klub Indonesia adalah saat Persipura Jayapura menembus semifinal turnamen level senin Asia tersebut pada musim 2014.