*
*
Prof. Dr. Junianto *

“Potensi potensial apa sangat hebatnya dari sektor perikanan perlu diwujudkan dulu energi kinetik sehingga benar-benar dapat dirasa manfaatnya di dalam upaya mempercepat tercapai sasaran pembangunan nasional. Upaya perwujudan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan industri pengolahan hasil perikanan,” ujar Prof. Dr. Junianto saat membcarlocaione.orgakan orasi ilmiah berjudul “Peran Strategis, pilihan dan Tantangan industry Pengolahan hasil Perikanan dalam Pembangunan Nasional Indonesia”.

Anda sedang menonton: Industri pengolahan ikan di indonesia

Orasi Ilmiah tersebut dibcarlocaione.orgakan di ~ Sidang Senat Terbuka batin rangka mati Natalis Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) carlocaione.org. carlocaione.orgara diselenggarakan di Aula Gedung Dekanat FPIK carlocaione.org, Selasa (7/07) lalu.

Prof. Junianto demisioner bahwa industri pengolahan hasil perikanan merupakan kegiatan apa mentransformasikan bahan-bahan hasil perikanan sebagai input menjadi produk yang memiliki biaya tambah atau pengeluaran ekonomi lebih tinggi seperti outputnya. Tangani itu transformasi tersebut dapat dilakukan baik secara fisik, kimia, biologis, maupun asosiasi diantara ketiganya.

“Dengan demikian, dalam melakukan proses transformasi, rekayasa digunakan teknologi maupun bioteknologi dapat menjadi kekuatan di dalam memaksimalkan nilai tambah yang akan diperoleh sehingga menjadi efek pengganda ekonomi country Indonesia di dalam pembangunan nasional,” ujar Prof. Junianto.

Adapun peran sentral dari industri pengolahan hasil perikanan dalam pembangunan nasional diantaranya adalah seperti penyedia lapangan kerja, sumber peningkatan devisa negara, peningkatan kesehatan dan kecerdasan bangsa melalui maju konsumsi ikan, keamanan lingkungan melaui konsep industri bersih strategi zero waste, serta berperan batin pemerataan dan pendistribusian dari hasil untuk membuat perikanan.

Bcarlocaione.orga juga: Bioteknologi Punya Peran berbiaya bagi Pengembangan industri NasionalLebih lanjut Prof. Junianto mengatakan, industrialisasi pengolahan tujuan perikanan harus dulu objek kegiatan major di sektor perikanan di dalam penanganan dan pengembangannya. Menangani industri pengolahan sasaran perikanan hendaknya dilakukan dengan baik dan benar, begitu pula dengan direction pengembangannya. Hal ini buat industri pengolahan tujuan perikanan di Indonesia memiliki banyak peluang disamping tantangan apa ada.

Lihat lainnya: Tuliskan Tiga Contoh Media Cetak Untuk Menyampaikan Iklan Tertulis

Dalam upaya mensukseskan peran industri pengolahan tujuan perikanan batin pembangunan nasional menjangkau memperhatikan opsi dan tantangan yang ada, Prof. Junianto refers bahwa pemfitnahan hal perlu dilakukan antara lain, peningkatan jumlah kapal fleet penangkapan apa berskala terlalu tinggi (200 GT setelah atas), pembayaran di muka pemberlakuan ataukah penerapan risk Analysis crucial Control allude (Hcarlocaione.orgCP) bagi unit pengolahan ikan (UPI) ataukah industri pengerjaan ikan, dan maju pendidikan dan pelatihan tentang teknik pengolahan apa baik.

Pada kesempatan tersebut, Dekan FPIK carlocaione.org, Dr. Ir. Iskandar, M.Si. Batin sambutannya mengungkapkan bahwa jumlah alumni FPIK Sampai moon Juli 2015 adalah sebanyak 746 orang, terdiri dari alumni program Studi (Prodi) Ilmu Perikanan sebanyak 556 orang, dan 190 setiap orang dari prodi Ilmu Kelautan. Ia pun mengimbau pada jajarannya buat bekerja sulit dan mendukung dalam peningkatan nilai akreditasi Prodi Ilmu Kelautan.*