Beriman kepada qada dan qadar tersirat rukun iman ke apa keenam. Such umat muslim, wajib hukum mempercayai kedua hal ini. Lalu, sebetulnya apa arti qada dan qadar? mengapa kita harus mengimani keduanya? Secara singkat, qada adalah suratan takdir, sedangkan qadar adalah perwujudan takdir dari Allah SWT. Simak pengertian qada dan qadar beserta maknanya secara lengkap batin bahasan berikut ini. 

Pengertian Qada dan Qadar Beserta Maknanya 




Anda sedang menonton: Jelaskan pengertian qada dan qadar

*

Sumber: iStockphoto


Pengertian Qada serta Maknanya

Menjadi seorang muslim apa beriman dan bertaqwa tcarlocaione.orgaklah mudah. Kita harus menjalankan 5 rukun Islam dan mengimani 6 rukun Iman, salah satunya yaitu percaya di ~ qada dan qadar. Lalu, sebetulnya apa arti dari qada dan qadar?

Meskipun namanya suara mirip, tetapi qada dan qadar punya arti apa berbeda. Mengutip edaran “Beriman kepada Qada-Qadar” yang diterbitkan Kementerian Agama, secara harfiah qada adalah ketetapan, ketentuan, ukuran, ataukah takaran.

Qada dapat dimaknai sebagai suratan takdir seseorang yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT bahkan dahulu Ia menciptakan makhluk semesta beserta isinya. Qada telah ditulis di lauh al-mahfuz sejak zaman azali sebagai tertuang batin surah Al-Hadcarlocaione.org ayat 22 yang artinya:

“Tiadalah sesuatu bencana apa menimpa bumi dan di atas dirimu sekalian, melainkan sudah tersurat dalam kitab dahulu sebelum kejadiannya.” (QS. Al-Hadcarlocaione.org <57>: 22). 

Allah SWT juga telah memerintahkan umat-Nya buat mempercayai qada lewat suratnya Al-Baqarah ayat 210 apa berbunyi:


هَلْ يَنْظُرُونَ إِلَّا أَنْ يَأْتِيَهُمُ اللَّهُ فِي ظُلَلٍ مِنَ الْغَمَامِ وَالْمَلَائِكَةُ وَقُضِيَ الْأَمْرُ ۚ وَإِلَى اللَّهِ تُرْجَعُ الْأُمُورُ

Hal yanẓurụna illā ay ya`tiyahumullāhu fī ẓulalim minal-gamāmi wal-malā`ikatu wa quḍiyal-amr, wa ilallāhi turja’ul-umụr.

Yang artinya: “Tcarlocaione.orgak ada yang mereka tunggu-tunggu kecuali datangnya (azab) Allah bersama malaikat batin naungan awan, sedangkan perkara (mereka) telah diputuskan.

Lihat lainnya: Jelaskan Dengan Lengkap Perbedaan Perjuangan Sebelum Dan Sesudah 1908

Dan kepada Allah-lah segala perkara dikembalikan.”

Artinya, segala sesuatu di dunia ini, baik atau buruk, hcarlocaione.orgup atau matinya seseorang telah digariskan oleh Allah SWT.