Kamu pasti sering banget modernkan melihat iklan di koran, majalah, atau bahkan di media sosial? Nah, di item kali ini, kita akan belajar sekitar iklan nih, guys! awal dari pengertian, struktur, kaidah kebahasaan, hingga contohnya, dibahas lengkap! Yuk, baca penjelasannya sampai selesai!

--

Pernah nggak, kamu dapat tugas buat membuat quảng dari guru di sekolah?

"Wah, pas banget! Ini aku another ada tugas itu nih, sekarang!"

Wihh, udah kerajaan cenayang nggak tuh, bisa ~ pas gitu timing-nya! Hehehe..

Anda sedang menonton: Komentar yang tepat terhadap iklan tersebut adalah

Nah, karena yang another dapet tugas produksi iklan, biasanya nyari referensinya dari mana, nih? Dari televisi, koran, majalah, atau dari web dan media sosial?

"Dari alles dong, biar makin kawanan inspirasi."

Mantaapp! Eits, tapi, selain banyak melakukan riset, dahulu membuat iklan, kamu tambahan harus untuk mengetahui terlebih dahulu seperti apa sih, structure dan kaidah kebahasaan dari quảng itu. Supaya nanti, iklan yang kamu karena bisa dipahami malalui orang apa melihat.

Nah, menampakkan coba kita debat bersama yuk, sekitar iklan! awal dari pengertian dulu, ya!

Pengertian Iklan

Iklanmerupakan sebuah informasi yang mendorong dan membujuk khalayak agar tertarik di ~ barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan such pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang atau jasa. Biasanya, quảng disampaikan melalui media dalam jumlah besar seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet.

Baca juga: Mengenal Teks Eksposisi Ciri-ciri, Pola Pengembangan, Struktur, dan Contohnya

Nah, sebelum quảng ditayangkan atau dipublikasikan, itupenggunaan harus produksi teks tertulisnya terlebih silam nih, apa berguna such naskah panduan. Naskah panduan ini harus dibuat sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan quảng supaya iklan yang dihasilkan mungkin dipahami melalui khalayak.

Struktur Iklan

Apa saja sih struktur quadng itu? Coba linimasa infografik berikut, ya!

*

Jadi, batin iklan, untuk kita harus menyantumkan judul, nama produk, dan penjelasan atau deskripsi kyung produk apa diiklankan. Jangan sampai ada yang terlewat, ya! Kalau nggak, setelah itu iklan apa kamu untuk kurang penuh dan nggak bisa ~ dipahami dengan baik oleh khalayak.

Kaidah Kebahasaan Iklan

Kaidah kebahasaan quảng antara lain kemudian berikut:

Persuasif

Kata-kata yang terdapat di dalam teks iklan harus persuasif (bersifat mengajak) agar konsumen yakin dan percaya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Imperatif

Iklan biasanya menggunakan kalimat imperatif. Imperatif adalah bersifat memimpin atau memberi komando. Di dalam hal ini, maksudnya kemudian kalimat permintaan, ajakan, dorongan atau larangan. Tradisional ditandai mencapai kata-kata sebagai ikutilah, hadirilah, wujudkan, nyatakan, nikmati, sebaiknya, marilah, ayo dan janganlah.

Berima

Biasanya kata-kata apa terdapat di dalam sebuah quảng memiliki rima atau pengulangan nada yang sama, agar iklan tersebut menarik dan berkesan bagi konsumen.

Berkesan Positif

Produk atau jasa yang ditawarkan tentunya menjadi memiliki pesaing. Karena itu, di dalam sebuah iklan, sebaiknya noël menggunakan kata-kata apa menghina atau menjelek-jelekkan produk atau jasa lain. Lebih baik, kompetisi secara sehat dengan membuktikan bahwa produk ataukah jasa apa ditawarkan tersebut memang lebih baik daripada apa lain.

Ringkas

Iklan yang menarik adalah quảng yang tidak bertele-tele, tetapi secepatnya menyampaikan karsa dan tujuannya. Iklan apa ringkas juga berfungsi buat memberikan kesan yang kuat kepada konsumen, sehingga iklan tersebut bisa ~ lebih sederhana diingat.

Fakta

Iklan harus ikut fakta. Misalnya such alamat perusahaan yang benar-benar ada, atau produk yang benar-benar ada. Biasanya, kebenaran ini berupa pernyataan yang bisa dibuktikan kebenaran dan ndak berupa opini atau pendapat seseorang.

Sekarang, kita debat contoh iklan, yuk!

Contoh Iklan

Coba kamu kronologi contoh iklan carlocaione.org pada gambar berikut!

*

Contoh quảng (Sumber: carlocaione.org via Instagram)

Sekarang, untuk kita coba bedah contoh iklan ini berdasarkan strukturnya, ya!

Judul

Judul tradisional mempunyai tulisan apa lebih besar sehingga dapat langsung terlihat. Mengendarai pada quảng di atas adalah “Belajar pemaparan Bareng carlocaione.org”. Nah, dari judulnya itupenggunaan bisa kenal nih, bahwa quadng tersebut sedang membahas sekitar aplikasi carlocaione.org yang bisa bikin belajar kita makin seru.

Nama Produk

Pada quảng tersebut, produk apa diiklankan adalah aplikasi carlocaione.org. Namu produk ini sanggup kita using pada titah dan bisa ~ kita lihat juga dari meniduri smartphone yang sedang membuka tampilan aplikasi carlocaione.org.

Deskripsi Produk

Terdapat beberapa penjelasan produk apa dicantumkan pada quadng tersebut, yaitu "Diskon ruangbelajar 60%", "+Gratis Koin ruanglesonline", "+Gratis tes Minat Bakat", dan "Kode Diskon: JADIJUARA". Selain itu, terdapat also informasi tambahan bahwa aplikasi carlocaione.org bisa ~ di-download oleh Google bermain Store atau App Store.

Nah, siap paham kan, circa iklan? muncul saatnya kamu mengerjakan mewajibkan membuat quảng dari gurumu, nih! Jangan terlupakan gunakan structure dan kaidah kebahasaan yang sesuai agar iklan yang kamu karena bisa dipahami dengan mudah oleh khalayak. Semangaaattt!

Kalau kamu mau belajar materi lainnya, segera aja meluncur usai ruangbelajar! Kamu mungkin menonton ribuan video belajar beranimasi tidak punya kuota dan mengerjakan sebuah latihan soal yang bisa untuk membuat belajarmu jadi lebih seru!

*

Referensi:

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta: markas besar Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Lihat lainnya: Berita Terbaru Ikip Budi Utomo Malang Hari Ini, Klarifikasi

Sumber Gambar:

Gambar ‘Contoh quadng carlocaione.org’ . Tautan: https://www.instagram.com/p/CR54kpRtPEp/?utm_source=ig_web_copy_link (Diakses: 24 Agustus 2021)

Artikel ini pertama kali dibuat oleh Shabrina Alfari dan diperbarui malalui Kenya Swawikanti diatas 25 Agustus 2021.