Makanan Khas Bandung – Sobat traveler, inilah berpesta makanan enak khas Bandung apa hits dan paling terkenal. Sudah dulu rahasia umum, bahwa kota Bandung merupakan deviasi satu surganya kuliner enak di Indonesia. Ada kerumunan camilan dan jajanan tradisional apa unik bisa their temui disini.

Anda sedang menonton: Makanan di bandung yang terkenal

Setelah dari mereka selesai menemukan berbagai tempat wisata di Bandung bersama keluarga atau pun sahabat, menjadi lebih asyik bila dilanjutkan mampir setelah beberapa markas besar kuliner untuk mencicipi ragam hidangan apa lezat. Tak penuh rasanya jauh-jauh pergi rekreasi setelah Bandung tidak punya mencicipi makanan khasnya.


Nah, kira-kira apa saja memiliki aneka pakan khas sunda yang wajib dicoba ketika liburan ke sini? Yuk, simak ulasan dari carlocaione.org berikut ini. Awal dari makanan berat, ringan, hingga minuman khas ada segenap disini, tinggal pilih saja mau mencicipi apa mana.

Daftar papan Enak Khas Bandung yang Hits Dan Terkenal

1. Seblak

*
Ilustrasi seblak Bandung (Foto : IG
dyanov25)

Makanan khas Bandung apa bernama seblak ini tampan populer dikalangan wisatawan dan anak-anak sekolah. Hampir di setiap kota-kota terlalu tinggi di Indonesia saat ini mudah tersadar penjual seblak. Nah, bagi Anda apa belum tahu apa itu seblak, harus baca terus item ini ya!

Seblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk apa direbus (baca : kerupuk basah) dan dicampur dengan racikan bumbu pedas terdiri dari cabai, bawang putih, garam hingga kencur. Tak hanya itu, tradisional ditambah dengan nabati dan sumber protein such telur, ayam, boga bahari atau menangani daging sapi.

Sebenarnya ada 2 jenis seblak yaitu seblak kering dan seblak basah. Namun, saat ini seblak damp lebih terkenal sebagai kuliner Bandung yang hits dengan beraneka toping, awal dari bakso, siomay, jamur, brokoli, kwetiauw, dan go sebagainya.

Bagi Anda yang ingin merasakan seblak enak di Bandung bisa mampir ke Seblak damp Deu’ Tjenghar Jl. Purnawarman, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, kota Bandung dan Seblak Oces Jl. Tamansari (Depan Unisba). Untuk harga satu porsinya cukup güns meriah circa 8 – 12 seribu rupiah.

2. Nasi Tutug Oncom

*
Ilustrasi Nasi Tutug Oncom (Foto : reseponline.info)

Sesuai dengan namanya, masakan khas Bandung yang satu ini terbuat dari nasi dengan bumbu oncom yang diberi sedikit tepung tapioka (tepung kerupuk) dan diolah mencapai cara di bakar. Karena penyajiannya konvensional Nasi Tutug Oncom dipadukan mencapai sambal, kerupuk hingga ditambah sedikit sayuran.

Rasanya apa enak menggoyang lidah produksi Nasi Tutug Oncom kerumunan digemari oleh masyarakat Jawa Barat. Tak heran, jika pengadilan ini pun terkenal juga sebagai salah satu kuliner Bogor yang wajib dicoba.

3. Nasi Timbel

*
Nasi Timbel komplit mencapai lauk (Foto : bukuresep.net)

Ada satu lagi olahan nasi apa unik dan lezat khas Bandung yang tak boleh dilewatkan, yaitu Nasi Timbel. Maafkan saya seh Nasi Timbel itu? Nasi ini asibe nasi limbah biasa, just saja disajikan selama masih panas dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang.

Aroma daun pisang ini lah apa khas banget, terasa seperti berada di carpentaria sunda jaman dulu. Apalagi bila disantap menjangkau tahu, tempe goreng, ayam goreng, sambal, serta lalapan. Nikmatnya benar-benar maknyus!

4. Karedok

*
Karedok (Foto : via waroengsunda.net)

Nah, kalau karedok tentu saja Anda siap mengenalnya bukan? Karedok cukup populer kemudian makanan khas Jawa barat termasuk kota Bandung. Karedok terbuat dari bahan-bahan sayuran mentah sebagai ketimun, tauge, kol, koine hijau, daun kemangi dan terong.

Sayuran tersebut lalu mencampur dengan ditambahi saus/bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, koine tanah, air asam, gula jawa, garam dan terasi. Untuk menemukan keredok tidaklah sulit, their tinggal search rumah makan sunda di Bandung mesti deh ada menu papan ini.

5. Lotek

*
Ilustrasi Lotek macan Bandung yang legendaris (foto : bandung.panduanwisata.id)

Bandung memang terkenal menjadi loteknya yang ajib banget rasanya. Lotek merupakan makanan apa terdiri dari sayur-mayur segar kemudian di campur dengan bumbu kacang. Sekilas mirip dengan pakan khas Malang yang bernama pecel, namun lotek sepertinya teras lebih manis.

Untuk bumbu kacangnya bisa mempan dari kacang, terasi, gula merah, dan bawang putih. Lotek biasanya diinapkan dengan lontong atau nasi hangat, kerupuk dan bawang goreng. Nah, kalau cantik disajikan lengkap sebagai ini, nampak tak berbeda jauhnya dengan papan khas champa yang paling terkenal yaitu gado-gado.

6. Mie Kocok

*
Ilustrasi Mie Kocok mengharapkan Dadeng Bandung (foto : ceritaperut.com)

Bagi anda penggemar mie, wajib deh nyobain makanan enak khas Bandung apa bernama mie kocok. Such apa seh mie kocok itu? pantas dengan namannya, mie ini dibuat dengan cara dikocok atau diaduk silam disajikan. Bahannya terdiri overhead mie, aneka sayuran sebagai toge, dan kikil sapi.

Rasanya yang lezat, produksi siapapun akan tergoda untuk menyantap mie apa satu ini. Mie kocok konvensional dijajakan oleh pedagang kaki lima menggunakan gerobak such bakso/mie ayam. Namun ada juga penjual berbentuk warung atau rumah makan.

Ada cukup kawanan tempat makan mie kocok enak dan membusuk di Bandung yang bisa dari mereka kunjungi, diantaranya Mie Kocok mang Dadeng di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No.67 Bandung, Mie Kocok Pak Enco di depan Kartika Sari Kebon Kawung ataukah Mie Kocok Gakil Jl. Dago No. 113 Bandung.

7. Kupat Tahu

*
Kupat tahu Gempol (Foto : pergidulu.com)

Nah, bagi Anda apa sedang mencari makanan apa enak untuk sarapan pagi di Bandung maka Kupat knows bisa menjadi pilihan yang tepat. Kuliner yang satu ini terdiri dari kupat (ketupat), tahu goreng dan toge apa sudah direbus. Judul lalu irigasi dengan bumbu kacang atau petis, kecap, sambal, dan kerupuk.

Jika dilihat dari bumbu kacang/petisnya, setidaknya ada dua jenis kupat tahu yang bisa anda temui, yaitu kupat padalarang dan kupat tahu apa di Bandung. Kupat untuk mengetahui Padalarang bumbunya masser cair dengan errol manis dan gurih, sedangkan kupat kenal makanan khas Bandung bumbunya saus karper sangat kental.

Salah satu penjual kupat tahu paling enak dan subur di Bandung berada di kawasan pasar Gempol. Buka setiap pagi keuntungan gerobak menyudahi di ujung gang Gempol. Kupat untuk mengetahui Gempol ini terbilang legendaris banget, buat telah berdiri since lebih dari 30-an tahun yang lalu.

8. Mochi tape Krim

Mochi pita Krim (Foto : m.tempo.co)

Makanan unik khas Bandung apa satu ini terbilang baru access time dikenal orang akhir-akhir ini. Mochi tape Krim merupakan modifikasi dari oleh-oleh khas Sukabumi yang bernama kue mochi.

Kalau biasanya kue mochi berisi campuran karper tanah yang manis maka mochi pita krim ini berisi tape krim aneka rasa, ada Chocolate, Strawberry, Vanila Blue, Greentea dan Durian. Rasanya kenyal dari lapisan mochi ditambah dengan dinginnya tape krim yang lembut di lidah, tentu saja akan memberikan sensasi kelezatan apa luar biasa.

Mochi pita Krim ini dapat dari mereka cicipi di kedai Mochilok jalur Sekeloa No.31, Dipatiukur, Sekeloa, Coblong, kota Bandung, Jawa Barat. Pukul buka setiap hari mulai kota 10.00 – 20.00 WIB, kecuali days Senin sepertinya tutup.

9. Surabi

*
Surabi Enhaii Bandung (Foto : parisvanjava.web.id)

Siapa seh yang tak kenal dengan surabi? Hampir setiap orang tentu mengenal dan bahkan could sering mencicipinya. Surabi bisa ~ dibilang implisit jajanan secara tradisional khas Bandung yang paling populer ditengah masyarakat.

Pada mulanya, surabi membuat dengan jernih dasar tepung then dibakar tungku keuntungan cetakan clay dengan adonan apa cukup tebal. Rasa pun terbatas, hanya manis dan gurih.

Namun, saat ini surabi telah mengalami modifikasi rasa dengan puluhan varian toping dari toping tradisionalnya hingga modern seperti toping oncom, nangka, keju, coklat, pisang, duren atau sosis.

Untuk menikmati surabi enak di Bandung their bisa mampir setelah kedai Surabi Imut atau Surabi Enhaii yang merupakan pelopor surabi modernis dengan 23 varian rasa. Alamatnya berada di cara Setiabudi, kota Bandung.

10. Cilok

*
Makanan Khas Bandung Cilok Bakar (Foto : bandungview.info)

Jajanan khas Bandung berikutnya yang tak kalah enak adalah cilok. Pakan ini terbuat dari tepung aci ataukah kanji apa dibentuk bulat lalu such baso kemudian dicolok menggunakan lidi. Makanya orang menyebutnya cilok alias aci dicolok.

Bukan hanya tepung aci, cilok konvensional ditambah isian daging cincang atau telur. Buat penyajiannya dilengkapi menjangkau kecap dan saus. Ada tambahan yang dimodifikasi dengan cara dibakar, sebagai yang dilakukan malalui kedai Mochilok Bandung.

Cilok konvensional dijajakan oleh penjual manfaat gerobak atau sepeda. Harganya yang murah meriah dan rasanya yang kenyal enak making jajanan ini digandrungi anak-anak sekolah. Bahkan, saat ini cilok Bandung cantik menjamur di berbagai kota-kota terlalu tinggi seluruh Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Semarang, dan Yogyakarta.

Baca juga : 25 Tempat wisata Kuliner Di Bandung Yang güns Meriah

11. Cimol

*
Cimol (Foto : resepdanmasakan.com)

Masih sejenis mencapai cilok, ada satu another jajanan unik khas Bandung apa lagi access time belakangan ini, yaitu Cimol. Bahan pembuatan cimol masih sama mencapai cilok yaitu menggunakan tepung kanji atau aci yang dibentuk bulat seperti bakso.

Bedanya terletak di ~ cara memasaknya, cilok direbus / kukus sedangkan cimol digoreng. Usai digoreng, cimol biasanya mencampur dengan bubuk keju, cabai, atau saus karper tergantung selera. Untuk menikmati kekenyalan cimol, sebaiknya makan saat masih hangat.

12. Peuyeum

*
Peuyeum (Foto : ensiklopediaindonesia.com)

Anda tentu tahu peuyeum bukan? makanan yang paling terkenal di Bandung dan Jawa west ini tampan familiar dikalangan wisatawan. Sejenis mencapai tape, peuyeum masser lebih kering sedangkan band biasanya kawanan mengandung air.

Peuyeum membuat dari bahan baku singkong. Untuk proses pembuatannya sendiri cukup mudah yaitu singkong dikupas dan dibersihkan terlebih dahulu. Ke itu, singkong dikukus hingga matang, ke matang kemudian tunggu hingga benar-benar dingin buat ditaburi menjangkau ragi dan disimpan di wadah yang tertutup sekitar dua sampai tiga hari.

Rasanya yang manis dan empuk dilidah, untuk membuat peuyeum cocok disajikan karena camilan disaat waktu senggang menempel teh hangat pahit. Pakan ini tambahan bisa digoreng sebagai pisang goreng menjangkau ditambahi berbagai toping such keju atau coklat.

Selain rasanya apa lezat, harganya juga murah serta sanggup tahan tampan lama hingga beberapa hari. Jadi, tak betapa mengejutkannya bila banyak wisatawan yang berburu peuyeum such oleh-oleh khas Bandung untuk keluarga dan sanak saudara di rumah.

13. Ulukutek Leunca

*
Ulukutek Leunca (Foto : bukumasakan.com)

Ulukutek Leunca merupakan pakan khas Sunda yang lumayan meluasnya di kota Bandung. Namanya memang terdengar agak kurang familiar, namun bagi Anda apa suka banget makan di menjabarkan sunda tentu saja akan mungkin mengenali makanan yang satu ini.

Ulukutek Leunca terbuat dari mencampur buah leunca dan oncom yang dimasak dengan berwujud lain benar selera. Rasa renyah, gurih, pahit, dan ada pedasnya. Pas banget bila disantap dengan nasi putih hangat dan sambel terasi.

14. Tahu Jablay

*
Tahu Jablay (Foto : sajianistimewa.com)

Tak hanya Sumedang yang terkenal ini adalah tahunya, kota Bandung tambahan punya tahu yang tak kalah enak. Namanya untuk mengetahui Jablay, unik bukan? Camilan ini berupa tahu apa dipotong bentuk kotak kecil-kecil lalu digoreng mencapai diberi tepung crispy.

Tahu Jablay ini adalah lebih nikmat dimakan selama masih lembap dan diberi tepung cabai dengan rasa BBQ atau keju. Harganya pun güns meriah, biasanya dibanderol tentang 3 ribuan per porsi.

15. Untuk mengetahui Susu Lembang

untuk mengetahui Susu lembang (Foto : infobdg.com)

Satu lagi tahu enak di Bandung yang tak boleh dilewatkan, yaitu knows Susu Lembang. Gerai kenal khas lembang terletak di straße Lembang numeral 177, Jayagiri, Kabupaten Bandung Barat.

Sesuai namanya, kenal Susu lembang diolah mencapai cara mencampurkan kedelai dengan didambakan sehingga rasanya were lebih gurih, lebih lembut, dengan isian yang padat. Selain tahu Susu, ada tambahan Tahu Mentega apa diolah dengan benefit margarin dan garam tanpa susu.

Harganya dingin murah, just sekitar 15 ribuan every 10 buah tahu. Harga bisa ~ berubah sewaktu-waktu lho ya! Rasanya apa enak menjangkau harga terjangkau, membuat kerumunan wisatawan yang berburu untuk mengetahui ini untuk buah tangan ketika hari libur di Kawasan lembang Bandung.

16. Siomay

*
Siomay (Foto : bandung.panduanwisata.id)

Makanan khas Bandung apa cukup diperpanjang dikalangan wisatawan selanjutnya adalah siomay. Milik mereka mesti tahukan circa jajanan apa satu ini? siomay mudah begitu banyak, begitu banyak ditemukan di berbagai kota seluruh Indonesia, namun siomay Bandunglah juaranya!

Siomay khas Bandung konvensional terbuat dari daging ikan lalu campuran dengan sagu. Karena pelengkap tradisional disajikan bersama tahu, kentang, dan kubis atau kol. Semua bahan tersebut dikukus lalu diiris dan air dengan sambal kacang apa legit. Sanggup ditambahkan saus, sambal, atau pun kecap karena menikmatinya.

Karena patuh dicampur dengan tahu, maka banyak tambahan yang menyebut siomay dengan sebutan baso tahu. Nah, karena Anda yang ingin menikmati siomay enak di Bandung mungkin mampir ke kedai Bakso Tahu mang Ade di cara Ternate ataukah Baso tahu Tulen di beraliran Situ Indah, Pagarasih Barat.

17. Batagor

*
Batagor Bandung (Foto : klikhotel.com)

Selain siomay, batagor alias baso untuk mengetahui goreng khas Bandung juga sangat terkenal become kelezatannya. Mirip mencapai siomay, batagor tambahan dibuat dengan keuntungan campuran tahu, adonan ikan tenggiri dan tepung tapioka. Namun, batagor noel dikukus, melainkan digoreng.

Cara menghidangkannya pun sama, setelah matang digoreng, lalu dipotong-potong dan sprinklers dengan saus cabai kacang. Biasanya tambahan ditambah sambal, saus, dan kecap pantas dengan selera orang apa makan.

Rasanya apa renyah diluar dan kenyal serta lembut di potongan dalamnya, produksi kuliner ini digemari crowd wisatawan. Untuk menikmati batagor enak di Bandung tidaklah sulit, buat banyak penjual batagor disini. Their bisa mampir setelah Batagor Ihsan, Batagor Riri atau Batagor Kingsley.

18. Basreng (Bakso Goreng)

*
Basreng / Bakso Goreng (Foto : juraganilmu.blogspot.co.id)

Kalau kuliner Malang terkenal akan bakso bakarnya, maka Bandung juga punya papan khas sejenis itu, namanya Basreng ataukah Bakso Goreng. Seperti halnya baso di atas umumhya, basreng mempan dengan benefit bahan radikal daging tapi daging ikan tenggiri.

Baso apa sudah enim tersebut kemudian digoreng dan dikasih bumbu tidak punya kuah. Bumbunya beraneka rasa mulai dari keju, asin, pedas, hingga manis. Rasa memang agak keras, namun enak di lidah. Papan unik dan mudah ini bisanya dibanderol menjangkau harga Rp.1.000,- sampai Rp.3.000,-.

19. Gehu Jeletot

*
IIustrasi Gehu Jeletot (Foto : yagamiramenhouse.com)

Gehu merupakan papan khas Bandung yang berupa tahu dimana didalamnya diisini mencapai toge lalu digoreng mencapai dilapisi tepung crispy. Rasanya renyah dan gurih! Harganya pun güns meriah tentang 2 ribu rupiah every buah, tergantung isiannya.

Lihat lainnya: Tempat Wisata Di Bandung Jawa Barat House For Sale, Page Not Found &Bull Instagram

Saat ini, isian dalam gehu siap cukup bervariasi tidak hanya toge, melainkan ada tambahan kol, bihun, wortel, hingga daging cincang dan udang. Bahan-bahan tersebut biasanya ditumis terlebih dahulu dengan bumbu rempah dan cabai sebelum dimasukkan setelah dalam tahu.