Request full-text PDFTo review the full-text of this research, you have the right to request a copy directly from the authors.




Anda sedang menonton: Manfaat daun salam untuk hipertensi

Daun salam (syzygiumpolyanthum) merupakan deviasi satu dari tipe terapi herbal yang digunakan untuk berbagai diseases salah satunya yaitu untuk menangani diseases hipertensi,untuk menurunkan hipertensi dibutuhkan 10 lembar daun salam dan 300 ml wait lalu direbus hingga mendidih dan menyusut were 200 ml dan dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari, masing-masing 100 ml. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh wait rebusan lembaran salam di dalam menurunkan tekanan darah di ~ lansia di wilayah kerja UPT Puskesmas Guluk-Guluk. Penelitian ini benefit desain penelitian eksperimen Pre short article test design, dimana pada rancangan ini berupaya mengungkapkan hubungan sebab acibe dengan cara melibatkan dicuri eksperimental, mencapai sampel sebanyak 30 0rang mengumpulkan data menggunakan observasi tekanan darah langsung dan wawancara setelah responden. Tujuan penelitian unjuk bahwa silam diberikan perlakuan di ~ responden sebagian terlalu tinggi berada di atas stage III sebanyak 22 orang (73,3 %), lalu sebagian small berada di atas stage IV mencapai 2 setiap orang (6,7 %). Setelah dilakukan penelitian menunujukkan sesudah menghadiahkan perlakuan di atas responden sebagian geram menempati phase II sebanyak 28 people (93,3 %), sebagian kecil berada di atas stage I just 2 orang (6,7 %). Gawangnya uji T check paried dan uji T check didapatkan pengeluaran signifikan 0.000 yang nilainya lebih kecil dari tingkat kesalahan α 0.05.

Lihat lainnya: Streaming Arsenal Vs West Brom, Where To Find West Brom Vs

Sehingga H0 dibubarkan dan H1 diterima apa berarti ada pengaruh waiting rebusan lembaran salam terhadap penurunan tekanan darah di atas lansia apa menderita hipertensi di wilayah merencanakan UPT Puskesmas Guluk-Guluk Kecamatan Guluk-Guluk. Daun salam mempunyai kandungan kimia sebagai minyak atsiri, sitrat, euganol, tannin serta flavanoid yang dipercaya mampu karena menurunkan tekanan darah, mekanisme action dari daun salam ini yaitu agitasi sekresi cairan empedu sehingga lemak ini adalah keluar bersamaan dengan usus yang kemudian mengurangi gumpalan lemak apa mengendap dalam pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah akan normal.

*
Discover the world's research

20+ million members135+ juta publications700k+ research study projectsJoin for free