carlocaione.org – Materi Prakarya Kelas 11 SMA bab 1 WirausahaKerajinan dari Bahan sampah Berbentuk bangun Datar, untuk pembelajaran disemester 1 kurikulum 2013.

Anda sedang menonton: Materi kewirausahaan kelas xi semester 1 kurikulum 2013

Sahabat Pendidikan, pada kesmpatan kali ini saya akanmemberikan sajian menyimpulkan materi yang tambahan di lengkapi mencapai rangkumanmateri yang terdapat di ~ mata pelajaran prakarya kelas 11 bab 1 semester 1.


*

Sebagai seorang pendidik dan pelajar untuk mempelajarisesuatu chapter maka tentu saja di butuhkan bahan pembelajaran . Bahan pembelajarandisini dapat berupa booker paket, modul ataukah sarana lainnya apa bisa menjadijembatan di dalam menggali ilmu pengetahuan. Nah jika di sekolah maka guru dan siswatentunya belajar dari secara baik paket apa telah disiapkan.

Sama halnya saat akan belajar mata pelajaran prakarya dikelas 11 SMA maka guru dan siswa sanggup mempelajarinya dari secara baik paket k13prakarya kelas 11 namun buat lebih buat itu mudah maka pastinya membutuhkansebuah ingkasan materi dan rangkuman materi agar dapat memiliki waktu yanglebih cepat batin memhami materi yang akan di pelajari.

Dengan adanya ringkasan dan rangkuman materi jugatentunya mungkin memudahkan para pelajar batin mempelajarinya sebab inti dari materiakan mudah dicerna dan ditangkap jika what yang di pelajari noël terlalubanyak. Bagi para pelajar ataupun pendidik apa emmbutuhkan meringkas danrangkuman materi prakarya kelas 11 SMA khususnya karena BAB 1 kyung WirausahaKerajinan dari Bahan sampah Berbentuk bangun Datar apa akan di pelajari di semester1, maka oleh postingan ini saya ini adalah menyiapkannya karena anda semua.

Adapun menyimpulkan dan rangkuman materi yang akan disajikan di ~ postingan ini ialah sumber dari booker paket prakarya kelas 11SMA kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

Baiklah bagi anda yang ingin melihat menyimpulkan danrangkuman materinya maka berikut ini sajian dari meringkas dan rangkuman materiprakarya kelas 11 halaman 1 semester 1 :

RINGKASAN MATERI PRAKARYA KELAS 11 SMA bab 1

Sebelum saya melayani ringkasan materinyamaka berikut ini apa perlu their ketahui circa tujuan apa akan dicapai padapembelajaran prakarya kelas 11 SMA bab 1 ini.

Tujuan Pembelajaran setelah mempelajarimateri wirausaha kerajinan dari bahan sampah berbentuk bangun datar, siswamampu:

- Membuatperencanaan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar di wilayahsetempat dan lainnya untuk membangun semangat berwirausaha.

- Mengapresiasikeanekaragaman karya kerajinan dari bahan buang berbentuk bangun datar danpengemasannya di utama setempat dan lainnya, kemudian ungkapan rasa bangga danwujud rasanya syukur seperti anugerah Tuhan apa Maha Esa.

- Mengidentifikasipotensi kerajinan dari bahan buang berbentuk bangun datar di kanton setempatdan berbeda berdasarkan rasa ingin untuk mengetahui dan peduli lingkungan.

- Merancangproduk kerajinan dari bahan buang berbentuk bangun datar dan pengemasannyadengan menerapkan aturan perencanaan produksi kerajinan serta menunjukkanperilaku santun, jujur, percaya diri, bertanggung jawab, disiplin, dan mandiri.

- Membuatproduk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar dan pengemasannyaberdasarkan tesis berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainbutuh berdasarkanorisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri.

- Menghitungtitik impas (break event point) usaha kerajinan dari bahan sampah berbentukbangun datar apa ada di kanton setempat dan lainnya buat membangun semangatberwirausaha.

- Melakukanpromosi usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar di wilayahsetempat dan lainbutuh dengan postur bekerja sama, gotong royong, bertoleransi,disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif

- Membuatlaporan aktivitasnya usaha kerajinan dari bahan sampah berbentuk bangun datarberdasarkan analisis kegiatan usaha kerajinan dari bahan sampah berbentukbangun datar apa ada di kanton setempat dan lainnya.

Setelah dipahami tujuan pembelajaran apa akandi capai diatas pembelajaran prakarya kelas 11 hal 1 yang ada di atas, maka bagianda yang membutuhkan meringkaskan materi prakarya kelas 11 chapter 1 WirausahaKerajinan dari Bahan buang Berbentuk bangun Datar maka dibawah ini penyajianrangkuman materinya :

BAB 1 WIRAUSAHA KERAJINAN DARI berwujud LIMBAHBERBENTUK bangun DATAR

Secara umum ada dua macam limbah yang harus dikenali,yaitu limbah organik dan limbah anorganik.

Limbah organik adalah limbahyang bisa ~ dengan menyudahi diuraikan ataukah mudah membusuk. Sampah organik dapatditemui dalam kehidupan sehari-hari, contohnya kulit buah, sayuran, kotoranmanusia, dan hewan. Sedangkan limbah anorganik adalah jenislimbah yang berwujud padat, sangat sulit atau juga sulit karena diuraikan atautidak bisa ~ membusuk. Buang anorganik relatif berat terurai. Banyak bisaterurai, tetapi requires waktu apa lama. Buang tersebut berasal dari sumberdaya alam apa berasal dari pertambangan sebagai minyak bumi, batubara, besi,timah, dan nikel.

A. Jadwal Usaha Kerajinan dari bahan LimbahBerbentuk bangun Datar

1. Ide dan opsi Usaha Kerajinan dari jernih LimbahBerbentuk terjaga Datar

Berikut ini Persiapan apa dapat dilakukan dalam menganalisis peluang usaha yaitusebagai berikut:

a. Meneliti berapaluas usaha yang akan dipilih.

b. Bentuk usaha apayang become dipilih.

c. Types usaha apayang ini adalah ditekuni.

d. Informasi usahayang menjadi diterima.

e. Ada atau tidaknyapeta usaha yang menguntungkan.

Menganalisis pilihan usaha di ~ produk kerajinan dimaksudkanuntuk menemukan pilihan dan potensi usaha yang dapat dimanfaatkan, serta untukmengetahui besarnya potensi usaha apa tersedia dan berapa lama usaha tersebutdapat bertahan.

Menganalisis peluang usaha bertujuan buat mencari danmelaksanakan kegiatan usaha apa menguntungkan. Untuk merencanakan dalam berwirausahaperlu dianalisis untuk mengenali kelemahan-kelemahan apa dapat mengakibatkankesulitan-kesulitan keberlangsungan usaha. Dianalisas usaha ini also dapatdigunakan karena mencari strategi alternatif dalam bidang penjualan, bauranproduk, investasi, pengembangan staf, pengendalian usaha, pengendalian biaya,dan lain-lain.

Secara rinci ada mayoritas langkah apa perlu diperhatikandalam menganalisis opsi usaha produk kerajinan dari bahan buang berbentukbangun datar, sebagai berikut:

a. Penetapan mungkin Usaha

Pada tahap analisis mungkin usaha produk kerajinan iniada pemfitnahan langkah apa harus kalian lakukan.

1) dianalisis KelayakanTeknis

2) analisis PeluangPasar

3) tentukan SegmenPasar

4) diperoleh InformasiPasar

5) Uji Coba Menjual

6) Studi KelayakanPasar

b. Analisis kelayakan Finansial

Analisis possible finansial merupakan landasan untukmenentukan diperoleh daya finansial apa diperlukan karena tingkat kegiatantertentu dan laba yang bisa diharapkan.

Ada dua langkah dasar seperti alternatif di dalam analisiskelayakan finansial, yaitu:

1) Penentuankebutuhan finansial bruto dengan dana yang diperlukan buat operasional Kebutuhanfinansial hendaknya diproyeksikan tiap moon atau ~ mingguansekurang-kurangnya untuk operasi five pertama dari usaha produk kerajinanbaru. Terdekat diperlukan tambahan proyeksi.

2) Penentuansumber daya finansial yang tersedia Langkah kedua di dalam analisis kelayakanfinansial ini adalah tebak sumber daya finansial apa tersedia dan dana-danayang become dihasilkan dalam operasi perusahaan. Dalam menentukan sumber dayafinansial potensial yang tersedia harus dibedakan sumber finansial jangkapendek, menengah, dan jangka Panjang.

c. Membedakan Persaingan

Semua usaha produk kerajinan akan menghadapi persainganbaik persaingan langsung yaitu dari produk kerajinan yang sejenis maupun denganproduk perusahaan kerajinan lain pada pasar yang sama. Dianalisas persaingan inisangat penting batin rangka pengembangan dan keberlanjutan usaha produkkerajinan yang dikembangkan.

Tujuan di dalam mengembangkan ide ide dan peluang usaha padaproduk kerajinan such berikut.

a. Ide ide dalampembuatan produk agar diminati konsumen.

b. Ide dalam pembuatanproduk agar dapat memenangkan persaingan.

c. Ideas dalampembuatan dan pendayagunaan sumber-sumber produksi.

d. Ide apa dapatmencegah kebosanan konsumen di dalam pembelian dan penggunaan produk.

e. Ideas dalampembuatan desain, model, corak, cat produk agar disenangi konsumen

2. Sumber Daya yang Dibutuhkan batin Usaha Kerajinan dariBahan sampah Berbentuk bangun Datar

Dalam reservasi proses making diperlukan pengelolaanyang baik untuk mencapai hasil perusahaan. Bersumber daya apa dimiliki olehperusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M), kemudian berikut:

a. Guy (Manusia)

Dalam pendekatanekonomi, diperoleh daya manusia adalah deviasi satu faktor membuat selain tanah,modal, dan keterampilan. Manusia merupakan unsur manajemen yang penting dalammencapai gawangnya perusahaan

b. Money (Uang)

Money ataukah uangmerupakan deviasi satu unsur yang noël dapat diabaikan. Uang merupakan alattukar dan tool pengukur nilai. Besar-kecilnya gawangnya kegiatan dapat diukur darijumlah uang apa beredar dalam perusahaan. Oleh untuk itu, uang merupakanunsur yang penting untuk mencapai hasil perusahaan buat segala sesuatu harusdiperhitungkan secara rasional.

c. Product (Fisik)

Perusahaan umumnyatidak hasilkan sendiri bahan mentah apa dibutuhkan, tetapi pembelian daripihak lain. Buat itu pengelola perusahaan berusaha untuk memperoleh nyata mentahdengan harga paling murah, menggunakan cara pengangkutan yang güns dan membuatproses pengolahan seefisien mungkin.

d. Machine(Teknologi)

Mesin memilikiperanan penting batin proses produksi. Ke revolusi industri, banyakpekerjaan manusia yang digantikan malalui mesin. Perkembangan teknologi yangbegitu pesat menyebabkan penggunaan mesin semakin meningkat.

e. Technique (Metode)

Metode sangatdibutuhkan agar mekanisme kerja walk efektif dan efisien. Metode kerja yangsesuai mencapai kebutuhan perusahaan, baik yang menyangkut proses produksi maupunadministrasi tidak terjadi begitu saja melainkan memerlukan waktu apa lama.

f. Pasar (Pasar)

Jika barang yangdiproduksi noël laku, proses making barang ini adalah berhenti. Melalui sebab itu,penguasaan pasar batin arti menyebarkan hasil making merupakan faktormenentukan dalam perusahaan. Agar market dapat dikuasai, kualitas barang harussesuai menjangkau selera konsumen dan harga terjangkau malalui daya beli konsumen.

3. Penjadwalan Administrasi Usaha Kerajinan dari BahanLimbah Berbentuk bangun Datar

Pencatatan segenap kegiatan usaha yang diperlukan bagikelancaran dan pengelolaan perusahaan merupakan berkomitmen administrasi. Tugastersebut meliputi rekaman data-data transaksi bisnis, keuangan, produksi,persediaan produksi, dan lain-lain.

Adapun niat dan tujuan dari adanya memandu adalahagar wirausahawan dapat:

a. Layar kegiatanadministrasi perusahaannya,

b. Mengevaluasikegiatan-kegiatan pengorganisasian perusahaannya,

c. Menyusun programpengembangan usaha dan kegiatan pengorganisasian perusahaannya, dan

d. Mengamankankegiatan-kegiatan usaha dan organisasi perusahaannya.

Perencanaan aturan usaha kerajinan di atas dasarnyaterdiri dari perizinan usaha, surat-menyurat, rekaman transaksi barang/jasa,pencatatan transaksi keuangan, dan pajak pribadi serta perpajakan usaha.

a. Perizinan Usaha

Surat-surat harusyang siap ketika akan membuka usaha such berikut.

1) surat IzinGangguan (HO) dan Surat rights Tempat Usaha (SITU)

2) Surat izin UsahaPerdagangan (SIUP)

b. Surat Menyurat

Kegiatansurat-menyurat adalah salah satu kegiatan batin bentuk koneksi dengan pihaklain, kemudian pemasok dan pelanggan. Types surat yang digunakan dalam kegiatanusaha disebut also dengan surat niaga.

c. PencatatanTransaksi Barang/Jasa

Secara umum, buktitransaksi perusahaan terbagi were dua, yaitu pembuktian transaksi intern danbukti transaksi ekstern.

1) bukti transaksiintern adalah pembuktian transaksi yang dibuat melalui dan untuk intern perusahaan.

2) pembuktian transaksiekstern adalah membuktikan transaksi apa berhubungan mencapai pihak luar.

d. PencatatanTransaksi Keuangan

Transaksi keuangandicatat dalam laporan keuangan yang disusun secara berkala.

e. Pajak

Setiap wajib pajakharus memiliki NPWP (Nomor mengurung Wajib Pajak), yaitu nomor apa diberikankepada delegasi pajak such sarana di dalam administrasi perpajakan yangdipergunakan sebagai gejala mengenal diri ataukah identitas terdaftar pajak dalammelaksanakan baik dan tanggung jawab perpajakannnya.

4. Jadwal Pemasaran Usaha Kerajinan dari BahanLimbah Berbentuk terjaga Datar

Philip Kotler dan Gary Amstrong di dalam bukunya Dasar-DasarPemasaran mendefinisikan pemasaran such proses sesuai perusahaan menciptakannilai bagi pelanggan dan membangun hubungan apa kuat mencapai pelanggan, dengantujuan menangkap biaya dari pelanggan seperti imbalannnya. Mencapai demikian,pemasaran tidak hanya bagaimana memasarkan produk supaya laku, tetapi jugaharus memiliki nilai lebih bagi pelanggannya.

Beberapa halaman penting yang berkaitan menjangkau aspekpemasaran such berikut.

a. Dipahami senimenjual

Bagian penjualanmerupakan penyimpangan satu bagian terpenting batin sebuah perusahaan. Melalui karenaitu, dibutuhkan tenaga jual yang profesional. Harus pula diingat bahwa penjualitu noel hanya penjualan produk atau bisnisnya saja, tetapi also menjualkualitas produk tersebut

b. Divisi hargajual

Menjual produk denganharga mahal become berisiko produk noël laku dijual. Sebaliknya, menjual denganharga murah also akan berdampak pada persepsi konsumen terhadap kualitasproduk. Untuk itu penetapan harga harus disesuaikan dengan tujuan pasar, segmenpasar, dan lokasi produk di pasar

c. Menganalisiskepuasan pelanggan

Kepuasan pelangganadalah tingkat perasaan seseorang usai membandingkan kinerja produk (hasil)yang bisa dirasa dan pantas dengan harapannya.

d. Promosi

Promosi adalah suatuaktivitas yang dilakukan melalui perusahaan guna mengomunikasikan, mengenalkan,dan mempopulerkan kepada market sasarannya.

B. Sistem making Usaha Kerajinan dari nyata LimbahBerbentuk terjaga Datar

Secara umum types bahan limbah untuk produk kerajinandapat dibagi were dua doan yaitu bahan sampah berbentuk bangun datar danbahan limbah berbentuk terjaga ruang.

1. Aneka Produk Kerajinan dari Bahan sampah BerbentukBangun Datar

Berikut ini dijelaskan beberapa produk kerajinan daribahan buang berbentuk bangun datar.

Lihat lainnya: Lolos! Hasil Indonesia Vs China Taipei Vs Indonesia Live Score, H2H And Lineups

a. Kerajinan dari sampah Kulit jagung

Kulit jagung merupakan sampah pertanian dari tanamanjagung. Kulit jagung kerap kali noël diperhatikan, kelewat dianggap sampahsehingga biasanya dibuang.