Mana sih yang benar, husnul khotimah ataukah khusnul khotimah? Simak penjelasan seputar arti, penulisan apa benar, hingga tanda-tandanya.

Anda sedang menonton: Mati dalam keadaan husnul khotimah


Setiap personally muslim pasti menginginkan buat mati di dalam keadaan tebaik. Dalam islam, keadaan dies seperti itu disebut husnul khotimah. Such apa penjelasannya?

Arti Husnul Khotimah

*

Husnul khotimah adalah kapak Ketika seorang muslim meninggal dunia dalam keadaan yang baik. Arti husnul khotimah sendiri mungkin ditelusuri dalam bahasa Arab.

Husnul khotimah berasal dari kata حسن (husn), yang berarti baik, bagus. Serta kata الخاتمة (al-khatimah), apa berarti penghabisan, penghentian, penutup, kesimpulan, bagian terakhir.


Meskipun noël mudah tekad seseorang meninggal di dalam keadaan husnul khotimah, namun terdapat mayoritas tanda-tanda sesuai petunjuk dari Nabi Muhammad SAW. 

Husnul Khotimah atau Khusnul Khotimah, Mana apa Benar?

*

Beberapa waktu lalu, warganet sempat dihebohkan menjangkau perdebatan tentang penulisan yang benar apakah husnul khotimah atau khusnul khotimah.

Dalam Bahasa Arab sendiri, kata ini ditulis حسن الخاتمة. Melansir NU.or.carlocaione.org, Ustadz Faishal Zulkarnaen, Pengasuh Pesantren Darul Hikam Mojokerto, menjelaskan perbedaan cara membaca tersebut disebabkan masalah transliterasi dari tulisan arab usai tulisan latin. Masing-masing penulisan latin tersebut memiliki standar tersendiri terhadap tulisan yang tepat buat mewakili vokal yang pas.


Misalnya, kata husnul bisa jadi dianggap tcarlocaione.orgak tepat untuk huruf H bisa ~ diartikan ه dalam bahasa Arab. Ustadz Faishal berpendapat bahwa kata حسن الخاتمة tersebut sanggup saja ditulis mencapai huruf latin kemudian husnul chatimah atau chusnul chatimah atau khusnul chatimah.

*

Contoh berbeda adalah transliterasi yang dilakukan di Somalia terhadap Bahasa Arab. Huruf arab ح ditulis menjangkau huruf latin X, serta perpaduan dengan ejaan Bahasa Inggris. Sehingga rakyat Somalia dapat menulis حسن الخاتمة menjangkau Xoonool Khaatimah. ~ huruf arab ع ditransliterasikan sebagai huruf latin C sehingga آل عمران yang dalam latin Indonesia ditulis Ali Imran, di Somalia ditulis menjangkau Ali Cimran.

Hal terbaik di dalam menanggapi hal ini adalah berprasangka baik bahwa apa mendoakan mempunyai niat agar yang dcarlocaione.orgoakan mendapatkan akhir apa baik, pungkas Ustadz Faishal.

Lihat lainnya: Bacaan Doa Agar Hati Dan Pikiran Tenang


Artikel terkait: Menurut Islam, Begini policy Fiqih Anak yang Meninggal di dalam Kandungan

7 gejala Husnul Khotimah

Berikut tanda-tanda husnul khotimah:

1. Penasaran Dua kalimat Syahadat dahulu Meninggal

*

Tanda husnul khotimah ini benar hadis Nabi SAW. “Barang siapa apa akhir kata-katanya adalah sentence ‘laa ilaha illallah’ (tcarlocaione.orgak ada sesembahan apa berhak disembah selain Allah), maka dia become masuk surga.” (HR. Abu Daud, no. 3116)

2. Meninggal dunia dengan Kening Berkeringat

*


Hal ini tertuang dalam hadis nabi SAW:

"Kematian seorang mukmin dengan keringat di kening.” (HR. Tirmcarlocaione.orgzi, no. 982; Ibnu Majah, no. 1452, An-Nasa’i, no. 1828, dan Ahmad, no. 23022)

Para ulama menyatakan bahwa kematian such itu adalah tanda tangan penghapusan dosa dan ditinggikan derajatnya.

3. Seorang Perempuan yang Meninggal Saat Nifas atau Saat Sedang Hamil

*

Perempuan yang meninggal batin keadaan hamil atau nifas tambahan termasuk golongan yang meninggal dalam keadaan husnul khotimh. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW:

“Dan wanita yang mati buat nifas, dia become ditarik oleh anaknya menuju surga dengan tali pusarnya.” (HR. Ahmad no. 15998)


4. Meninggal di dalam Keadaan Beramal Shalih

*

Meninggal world ketika sedang does amal shalilh juga adalah sign husnul khotimah kemudian yang dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW: ““Barangsiapa suci laa ilaha illallah untuk mencari permukaanbutuh Allah kemudian amalnya ditutup dengannya, maka ia masuk surga. Barangsiapa berpuasa untuk mencari permukaan Allah then amalnya diakhiri dengannya, maka ia dimasukkan surga. Barangsiapa bersedekah then itu dulu amalan terakhirnya, maka ia masuk surga.” (HR. Ahmad no 22173)

Artikel terkait: education Islami : 3 kewajiban Orang başı dalam saya dilatih Anak sesuai Ajaran Islam

5. Seorang Muslim yang dies Syahcarlocaione.org

*

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Orang yang mati syahcarlocaione.org ada lima, yakni orang yang mati buat tho’un (wabah), orang yang mati karena menderita sakit perut, setiap orang yang mati tenggelam, orang apa mati untuk tertimpa kecelakaan dan rakyat yang dies syahcarlocaione.org di jalan Allah.” (HR. Bukhari, no. 2829 dan Muslim, no. 1914)