Menanam sayur bisa jadi salah satu opsi kegiatan produktif apa bisa kamu lakukan di rumah. Selain menyenangkan tentu kegiatan ini juga efektif, lho, untuk menghilangkan kebosanan selama epidemi Covid-19.

Anda sedang menonton: Menanam sayuran di lahan sempit

Bukan cuma itu, ya, menanam sayur-sayuran juga bisa memangkas anggaran untuk belanja. Dengan menanam beberapa jenis sayuran di rumah, tuh, kamu enim tidak harus membeli bahan pakan dan cukup memanennya sendiri.

Selain segar, nih, pastinya sayuran apa kamu tanam lebih sehat buat kualitasnya bisa ~ kamu kontrol sendiri untuk bebas pestisida.

8 ide dan töre Berkebun Sayur dalam dengan Lahan Sempit karena Pemula

Masalahnya, tuh, berkebun di rumah apalagi mencapai lahan apa sempit, terutama di menyiksa Jakarta memang cukup padat dilakukan.

Namun, bukan berarti noël bisa! Berkat perkembangan ilmu pengetahuan apa semakin maju, kini berkebun di rumah dengan lahan sempit, spesial di quận perkotaan, ~ no lagi chapter mustahil.

Kamu sendiri bisa mencobanya, kok, sekarang. Penasaran bagaimana cara berkebun sayur indoors dengan lahan yang sempit? Berikut beberapa ideas dan töre yang bisa kamu coba sendiri! Yuk, simak!

1. Budikdamber dan kangkung


Source: Kompasiana

Tips berkebun pertama apa bisa kamu coba adalah dengan teknik budikdamber dan kangkung apa belakangan ini sedang mendesak populer.

Teknik budi daya ikan dan menanam sayur ini jadi populer untuk hanya membutuhkan ember seperti medianya. Masyarakat pun enim banyak apa tertarik mencobanya setelah viral di media sosial setelah seorang warganet mengunggahnya di akuntabel Twitter.


Dengan Budikdamber sendiri, kamu mungkin membudidayakan berbagai macam tipe ikan dan sayuran tidak punya harus memiliki lahan rumah yang luas.

Budikdamber sendiri merupakan temuan dari dosen budidaya perikanan dari Politeknik Negeri Lampung, Juli Nursandi. Buat kamu yang tertarik mencobanya, ya, kamu bisa melihat video pada atau indict lebih lengkapnya via YouTube.

2. Hidroponik sederhana

*
Source: Tanamania

Teknik hidroponik memang siap cukup lama dikenal masyarakat sebagai teknik menanam sayur yang modern. Types tanaman apa dapat dibudidayakan pun cukup bervariasi. Mulai dari nabati hingga buah-buahan.

Keunggulan dari teknik hidroponik personally adalah mudah dan noël memakan tempat. Nah, mencapai teknik ini kamu mungkin berkebun dan menanam sayur dalam meski lahannya terbatas.

Buat kamu apa ingin mencobanya sekarang, nih, coba memulainya tampan dengan bermodalkan botol minuman bekas dan arang sekam. Buat membuatnya kamu dingin iris bagian botol menjadi dua bagian: overhead dan bawah.

Bagian botol apa bawah kemudian tempat waiting dan siklus udara, lalu lokasi dari bagian botol yang atas dipasang terbalik seperti tempat untuk bibit tanaman dan arang sekam. Nah, buat kamu apa masih bingung, kamu bisa melihat contohnya sebagai gambar di atas.

3. Hidroponik instalasi


*
Source: Bibitonline

Sudah mulai terbiasa menjangkau kegiatan berkebun dan menanam sayur, serta ingin menguat kebun sayurmu dalam lebih lanjut? Mari produksi instalasi hidroponik di rumah.

Instalasi hidroponik bisa kamu buat sendiri menjangkau bermodalkan pipa paralon ataukah berbagai nyata plastik lainnya. Kamu bisa melihat accuse cara melakim di YouTube, kok. Kalau malas, sih, kamu juga bisa membeli yang sudah enim di e-Commerce.


*
Source: Shoppee

Dengan benefit instalasi hidroponik, nih, sayuran apa kamu tanam bisa enim lebih bervariasi menjangkau jumlah produksi lebih tinggi.

Namun, harus diperhatikan juga ukuran instalasi hidroponik sendiri harus pengaturan dengan lahan apa ada indoors kamu. Enim kalau tidak mempunyai lahan yang cukup maka could kamu hanya bisa produksi instalasi dengan skala kecil.

BACA JUGA: 7 kegiatan Artistik untuk Mengatasi stres selama pandemi Covid-19

4. Pot kantong tanaman


*
Source: Aliexpress

Buat kamu yang kesulitan mencapai hidroponik instalasi karena kekurangan lahan, ya, alternatif berbeda adalah menggunakan pot kantong botani di tembok rumah kamu.

Selain lebih murah, nih, instalasi media tanam ini juga lebih mudah dengan produksi yang nggak kalah kawanan dengan hidroponik instalasi.

Nah, yang perlu diperhatikan berhubung media tanam ini bakal dipasang di tembok rumah maka kamu harus memastikan posisinya agar terkena sinar matahari apa cukup.

Kantong apa digunakan tambahan nggak mungkin sembarangan, lho, kamu harus memastikan kalau kantong tersebut terbuat dari polybag apa mampu menahan tanaman dan air dengan baik.

5. Menanam melemparkan dapur


*
Source: Pixabay

Jangan limbah sampah dapurmu yang berupa sisa-sisa sayuran yang noël terpakai buat memasak! Pasalnya sisa-sisa sayur-mayur tersebut masih bisa ~ dimanfaatkan dan tertanam kembali, lho.

Beberapa bumbu sebagai bawang putih, bawang merah, lembaran basil, lembaran kemangi, kelewat buah such nanas ternyata masih sanggup ditumbuhkan kembali jika kamu menyisakan bagian tunasnya.

Modalnya juga sederhana, kok, mayoritas di antaranya cuma butuh wadah kecil dan air buat membuatnya tumbuh. Ada juga beberapa apa tetap diperlukan pot dan tanah, namun noel memerlukan lahan apa luas.

Menanam sampah dapur sendiri mendesak bermanfaat karena kamu menghemat berbagai kebutuhan dapurmu. Kegiatan ini bisa jadi sangat menyenangkan untuk kamu di rumah tanpa halaman, juga sekadar jadi hiasan di kamar kost.

6. Untuk membuat media tanam apa tepat


*
Source: Bibitbunga.com

Buat kamu apa tinggal di perkotaan, khususnya Jakarta, ada mayoritas hal yang harus kamu lakukan sebelum berkebun atau menanam sayur di rumah untuk menghindari kegagalan.

Langkah pertama adalah untuk membuat media tanamnya terlebih dahulu. Ya, kamu nggak mungkin sekadar menggunakan negara di Jakarta, untuk kualitasnya apa berbeda di setiap wilayah.

Belum lainnya kualitasnya yang memang kurang cocok karena menanam tumbuh-tumbuhan pangan seperti sayuran dan buah.

Paling mudah, nih, kamu bisa membuat media tanam sendiri apa terdiri atas mencampur 4 jernih utama, yaitu tanah liat atau bisa diganti dengan cocopeat (sabut kelapa), pupuk kandang ataukah kompos, sekam basah, dan sekam bakar dengan rate 1 : 1 : 1 : 1.

7. Lakukan observasi lingkungan dahulu menanam

*
Source: Padec.co

Untuk untuk mengurangi risiko kegagalan dalam menanam sayuran di rumah, tuh, kamu harus melakukan observasi lingkungan. Langkah ini terutang penting karena seperti yang kita ketahui, ya, kebutuhan tiap types tanaman menjadi paparan sinar matahari dan air berbeda-beda.

Belum lagi kondisi angin dan perilaku penanaman apa cocok also patut dipertimbangkan. Seperti contoh ada botani tertentu yang akan tertanam tinggi dan rentan roboh tertiup angin, maka kamu noël bisa keuntungan pot sebagai medianya.

Lihat lainnya: Kisi-Kisi Soal Tes Cpns 2018, Kisi Kisi Test Tiu Tkp Twk Cpns Bkn Sscn 2018

8. Pilih tipe sayur yang paling sering dikonsumsi saja


*
Source: Fimela.com

Sebelum menanam sayur di rumah, ya, chapter lain apa perlu diketahui yaitu kamu tak bisa menanam semua types bahan pangan sekaligus.

Oleh sebab itu, pilihlah yang benar-benar kamu sukai dan pasti dikonsumsi saja. Untuk mengetahuinya dingin mudah, kok, coba lihat what saja isi dapur ataukah kulkas kamu di rumah.

Berbagai sayur atau bumbu yang ada di dapur itulah apa sebenarnya kerap kamu konsumsi dan cocok karena kamu tanam. Misalnya tanaman yang most mudah ditanam, yaitu daun bawang, cabai, terung, bayam, selada, kangkung, kemangi, jahe, lembaran jeruk, atau serai.

Itulah berbagai ide untuk menanam sayur indoors dengan lahan sempit serta töre antigagal karena pemula apa bisa kamu coba di rumah.

Bagaimana menurutmu? Kelihatannya berkebun dan menanam sayur merupakan kegiatan yang menyenangkan dan produktif bukan? Yuk, awal isi times luangmu dan untuk sendiri kebunmu di rumah!

Kira-kira kamu ini adalah memulai dengan tanaman apa? stock pengalamanmu di kolom komentar, yuk!