Ketika mendengarkan kabar ada apa meninggal dunia, terdaftar bagi kita untuk mendoakannya. Doa untuk orang yang meninggal agar segala dosanya diampuni melalui Tuhan apa Maha Esa, amal ibadahnya diterima oleh Allah swt, dan semoga yang meninggal mendapatkan secara spasial terbaik di akhirat. Di dalam hadits yang ada dalam kitab al-Adzkar an-Nawawi, berbunyi,

"Dari Ummu Salamah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah witnessed bersabda: Ketika kami menyaksikan people sakit atau meninggal maka berkatalah apa baik. Sebenarnya malaikat mengamini terhadap apa yang kalian katakan.

Anda sedang menonton: Mendoakan orang yang sudah meninggal menurut islam

" (H.R. Muslim).

Semua doa baik dapat kamu panjatkan buat keluarga ataukah teman apa wafat. Namun, ada juga doa apa dikhususkan untuk orang yang meninggal. Ini kumpulan doa untuk orang apa meninggal, baik untuk keluarga, teman, dan saudara.


*
Pexels.com/Abdulmeilk Aldawsari

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

(Allahummaghfirli wa la hu wa’qibni min hu ‘uqbaa hasanah)

Artinya: "Ya Allah, ampuni diriku dan itu dan berikan kepadaku darinya pengganti yang baik."

Jika ingin pengaturan dengan tipe kelamin dari orang yang meninggal dunia, maka di atas bagian "wa la hu" dan "min hu" adalah untuk laki-laki. Sedangkan jika yang meninggal adalah perempuan, ganti menjangkau "wa la ha" dan "min ha".


*
Pexels.com/Pixabay

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

(Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min fasih hi wazaujan khoiron min zaoji hello wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.)

Artinya: "Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah secara spasial tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah angkasa tinggalnya, luaskanlah cara masuknya, cucilah dialah dengan air yang jernih another sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala patahan bagaikan baju putih apa bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari apa ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari apa ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia nanti dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa fire neraka."


*
Pexels.com/Andrea Piacquadio

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

(Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil chapter jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hello wa min ‘adzaabin naar.)

Artinya: "Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah secara spasial tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah ruang angkasa tinggalnya, luaskanlah jalur masuknya, cucilah dia dengan air apa jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah itu dari segala salah bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari apa ditinggalkan, serta suami apa lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia usai dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka."


*
Pexels.com/Abdullah Ghatasheh

Kamu dapat membacakan penyimpangan satu dari doa apa ada di atas. Jika ayah apa meninggal, bacakan doa karena laki-laki. Jika ibu apa meninggal, bacakan doa karena perempuan. Namun, ada doa lain yang dapat anda bacakan untuk kedua orangtua apa meninggal dunia.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

(Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.)

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Doa tersebut dapat kamu bacakan also saat orangtua masih ada di dunia.

Lihat lainnya: Apa Judul Bacaan Yang Kamu Temukan Bersama Orang Tuamu, Apa Isi Bacaan Di Atas


*
Pexels.com/Ali Arapoğlu

Jika dengar kabar ada yang meninggal dunia, bacalah doa ini,

اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ

(Innalillahi wa innaa ilaihi raji’un)

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah tinggal Allah, dan kepada Allah jualah kita kembali.”

Itulah kumpulan doa apa dapat kamu ucapkan kapan ada orang yang meninggal dunia. Mari doakan keluarga, teman, atau people terdekat yang baru saja wafat agar almarhum/almarhumah sekarat dalam keadaan baik dan segenap amal ibadahnya diterima malalui Allah swt.

Baca Juga: Doa Saat Menjenguk orang Sakit

Baca Juga: memanggang Penggugur Dosa, Ini Doa tuntutan Kesembuhan dari Penyakit

Baca Juga: Kumpulan Doa Agar Kamu mudah Disukai dan Disayangi kawanan Orang