Penasaran dengan historia dan makna filosofis apa terkandung di di dalam batik Mega Mendung? Ini itu penjelasan historia dan maknanya!


Ada kawanan sekali types batik yang ada di Indonesia. Tiap types batik pribadi corak dan makna yang berbeda apa mewakili quận asalnya masing-masing. Salah satunya batik Mega Mendung yang berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat, mencapai motifnya yang menyerupai awan.

Anda sedang menonton: Motif batik mega mendung cirebon

Unik, ya, Bunda. Penasaran dengan historia dan makna filosofis apa terkandung di dalam batik Mega Mendung? Ini dialah penjelasannya.

Sejarah motif Batik Khas cinebon Ini


*

Berdasarkan berbagai referensi yang diambil dari buku dan literatur, subjek pada batik Mega Mendung dipengaruhi melalui kedatangan country China nanti wilayah Cirebon. Pada waktu itu, negara China datang dengan membawa buah rumbai kebudayaannya. Yaitu goods antik such piring, guci, keramik, hingga kain-kain dengan subjek berbentuk awan.

Alhasil, kedatangan bangsa China nanti Cirebon ini membuka jalur bagi masuknya budaya dan tradisi China nanti Keraton Cirebon. Persatuan budaya semakin tahan lama dengan adanya pernikahan antara Sunan Gunung pengemudian dan pemeliharaan Ong Tien, deviasi seorang anak tsar China di zaman itu.

Para pembatik di Keraton cirebon pun awal menuangkan motif-motif budaya China ke dalam subjek batik daerahnya.


Artikel terkait: historia dan Makna Filosofis di jepit 10 Jenis motif Batik Parang apa Elegan

Arti dan Makna subjek Batik Mega Mendung


*

Image: Blogspot/Motif Batik Nusantara


Mega Mendung berasal dari dua kata yang memiliki konotasi ‘Mega ‘ adalah awan dan ‘Mendung ‘ apa berarti cuaca apa sejuk ataukah adem. Subjek batik Mega Mendung terutang khas personally dan hanya dimiliki oleh quận itu saja. Bentuknya terutang unik serupa bentuk awan-awan di langit cerah dengan lengkungan halus, ditambah gradasi warna pantas dengan tujuh lapisan apa ada di langit.

Bentuk awan ini sendiri merupakan lambang dari dunia atas. Menurut paham Taoisme, awan tambahan mengandung makna transendental. Bagaimana itu? awan luaran konsep kebebasan tanpa batas yang terwujud dalam jarak antar awan yang posisinya berjauhan diatas kain.


Artikel terkait: Dulu just Dipakai familic Kerajaan, Ini historia dan Filosofis Batik Kawung

*

Awalnya motif batik asal kota Udang itu tambahan selalu ikut unsur biru dan merah tua. Ini cermin maskulinitas dan kedinamisan, serta tambahan dipengaruhi melalui pembuatnya yang dcarlocaione.orgominasi pria. Dua cat ini juga menggambarkan malu masyarakat pesisir apa lugas, melarang dan egaliter.

Wikipedia menambahkan, warna biru melambangkan melukis langit yang luas, bersahabat dan tenang. Biru juga sebagai pembawa hujan, pembawa kesuburan, dan pemberi kehcarlocaione.orgupan. Secara spesifik, cat biru bocah menggambarkan cerahnya kehcarlocaione.orgupan, sedangkan biru basi gambaran awan gelap yang mengandung wait hujan dan pemberi kehcarlocaione.orgupan.

Jadi secara keseluruhan, makna dari Mega Mendung adalah, bahwa setiap manusia harus mampu mengolah hatinya apapun kondisi yang sedang dihadapinya.


Artikel terkait: 7 fact Menarik Batik, historia hingga Ucapan hari Batik Nasional

Pakem dan Perkembangan motif dan Warna


*

Image: Fimela


Batik ini memiliki 2 jenis, yaitu batik Mega Mendung dan batik Mega Mendung China. Diatas batik Mega Mendung China, garis awannya hanya berupa bulatan ataukah lingkaran. Sedangkan di ~ batik Mega Mendung Cirebon, mendayung awannya masser lonjong, lancip juga segitiga.

Untuk warna, batik ini luaran pakem atau patron apa kerap dipakai dari dulu hingga sekarang. Yaitu biru dan merah başı sebagai cat pondasi utama. Plus, gradasi tujuh melukis lainnya sebagai kuning, hijau, hitam, putih, coklat, oranye, dan ungu.

Perubahan atau penggunaan cat lain diatas batik ini disesuaikan mencapai perkembangan zaman, serta permintaan pasar. Begitu tambahan dengan motifnya apa ikut mengalami modifikasi. Motif awan pada Mega Mendung biasanya dipadankan dengan motif hewan, bunga ataukah lainnya.


Banyak apa menyukai motif pada batik ini untuk bentuknya apa dinamis dan warnanya yang kalem. Dan batik ini juga sangat cocok digunakan dalam berbagai acara, entah itu suasana formal tambahan santai. Milik mereka tinggal menyesuaikannya saja mencapai model pakaiannya. Dan tcarlocaione.orgak hanya pakaian, subjek Mega Mendung tambahan bisa dari mereka aplikasikan diatas tas, sepatu, taplak meja atau benda lainnya.

Lihat lainnya: How Do I Run Game Offline Di Play Store, Google Play Games

Yuk, berburu batik Mega Mendung dari town Anda. Mari mulai mencintai budaya sendiri agar keberadaannya tetap lestari!

Baca juga:

Budaya Batik, Mengenalkan budaya Bangsa

Batik Betawi, Sejarah, Makna dan Filosofisnya bagi Orang nguyên di Jakarta


Cerita mitra kami

Prasekolah
Ciri perkembangan Anak Usia Prasekolah yang carlocaione.orgeal

Kesehatan
7 tips Sehat Cegah Virus together Tokopedia #DiRumahAjaDulu

Nutrisi
5 rekaman Mikro-Nutrien secara signifikan bagi Ibu hamil dan menyusui di Indonesia

Kesehatan
3 Langkah mudah Atasi Perut Kembung di atas Bayi, Bunda diamanatkan tahu!
Begini cara menumbuhkan kecintaan batik di atas anak sejak dini


Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan mendulang jawabannya dari sesama parents dan juga expert di app carlocaione.org! Tersedia di iOS dan Androcarlocaione.org.


Baca Seluruh Artikel
Penulis

Ester Sondang


Editor:

Fitriyani


//
batik mega mendungsejarah batik mega mendungbatik cirebonbatik mega mendung chinabatik jawa barat
Bagikan:
Kisah Rekomendasi
Lihat artikel lainnya
Kisah Rekomendasi
Daftarkan email their sekarang untuk tahu what kata para ahli di jadwal acara kami!
GO
KehamilanTumbuh KembangParentingKesehatanGaya Hcarlocaione.orgupLainnyaTag Kesehatan
carlocaione.org di seluruh dunia
Tentang Kami|Tim Kami|Kebijakan Privasi|Syarat dan Ketentuan |Peta situs
Fitur
kita ingin mengirimkan dari mereka informasi terbaru seputar gaya hcarlocaione.orgup.
Jangan Izinkan Izinkan