Jakarta - hutan hujan tropis adalah bioma terbesar di bumi apa dapat tersadar di dataran ditinggikan tropis uap dan dataran inferioritas di sekitar Khatulistiwa. Negara yang memiliki hutan hujan penuh semangat terluas di dunia adalah Brazil.

Anda sedang menonton: Negara yang memiliki sekitar 5 spesies flora dan fauna dunia

Hutan hujan tropika didominasi malalui pohon berdaun lebar yang membentuk lapisan dedaunan apa lebat dan berisi beragam vegetasi dan kehidupan lainnya. Ruang angkasa ini memiliki curah hujan tinggi sepanjang tahun antara 200-225 cm per tahun.

Tercatat lebih dari 3.000 spesies flora tumbuh di kayu hujan tropis. Beberapa tipe flora yang mudah ditemukan such flora epifit (menempel di atas tumbuhan lain), jamur, anggrek, lumut, dan rotan. Sedangkan fauna yang banyak ditemukan seperti burung, kupu-kupu, hingga mamalia.


Baca juga: Hutan Hujan Tropis: Pengertian, Ciri-ciri, dan Manfaat

Hutan Hujan tropis Terluas di Dunia

Melansir Ensiklopedia Britannica, woods hujan tropis mewakili jenis vegetasi utama tertua apa masih ada di bumi. Namun, hujan kayu tropis terus berkembang dan berubah sehingga hutan hujan tropika modern berbeda dengan masa lalu.

Hutan hujan tropika terutama tertanam di tiga wilayah. Antara go subkingdom botani Malesia, yang membentang dari myanmar (Burma) setelah Fiji dan mencakup seluruh Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua Nugini, pulau-pulau Solomon, Vanuatu, sebagian Indochina dan Australia tropis, tropika Amerika Selatan dan Tengah, terutama lembah Amazon, dan Afrika barat dan Tengah.

Berikut tahun negara dengan hutan hujan penuh semangat terluas di dunia:

1. Brazil

Berdasarkan types negara, Brazil dulu negara yang memiliki kayu hujan tropis terluas di dunia. Kayu hujan tropis apa terletak di Brazil adalah hutan hujan Amazon. Area amazon mencakup lebih dari 2,3 million mil² atau 6 million km². Wilayah ini merupakan rumah bagi 10 persen spesies tersubur di dunia.

2. Republik Demokratik Kongo

Negara dengan hutan hujan penuh semangat terluas kedua adalah republik Demokratik Kongo. Bangsa ini tersoroh di Afrika anggota tengah. Kolam Kongo merupakan rumah bagi hutan hujan tropika terbesar kedua di dunia. Sungai ini mengaliri area seluas 1,4 juta mil² ataukah 3,7 juta km². Sebagian terlalu tinggi cekungan ditutupi oleh hutan hujan tropis dan rawa-rawa.

3. Indonesia

Indonesia adalah bangsa dengan hutan hujan tropis terluas ketiga di world dan tentunya di seluruh utama Asia. Hutan hujan Indonesia tersebar di utama Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua, tepatnya di pulau-pulau besar Indonesia.

Melansir FSC Indonesia, keanekaragaman flora dan fauna hutan hujan Indonesia tergolong lebih besar lagi dibandingkan Amerika Selatan dan Afrika.


Baca juga: Hutan musim di Indonesia : Arti, Ciri Khas dan Persebarannya

4. Peru

Hutan hujan tropika terluas di world selanjutnya adalah Manu Peru. Peru merupakan negara yang terletak di bagian barat Amerika Selatan. Kawasan hutan hujan Peru ini penghematan biota apa beragam, awal dari spesies burung, hingga mamalia.

Lihat lainnya: Harga Printer Di Hi Tech Mall Surabaya, Platinumprinter

5. Kolombia

Negara yang memiliki kayu hujan tropis terluas di world selanjutnya adalah Kolombia. Taman Serranía de Chiribiquete were pusat keanekaragaman hayati. Ribuan spesies sebagai tapir, trenggiling raksasa, jaguar, hingga burung Chiribiquete zamrud mendiami wilayah jantung amazon Kolombia ini.Simak video clip "Saat Ilmuwan Spanyol Coba Pulihkan hutan dengan Bantuan Drone" (kri/erd)
hutangeografibiomaflora dan faunabrazil