Pahami kembali Konsep 3R (Reduce-Reuse-Recycle)

Pada dasarnya konsep atau Prinsip 3R (Reduce-Reuse-Recycle) adalah urutan langkah untuk mengelola melemparkan dengan baik. Prioritas terutama adalah Reduce, yaitu untuk mengurangi timbulan sampah, lalu Reuse, keuntungan kembali, baru Recycle, mendaur ulang material karena memberikan berwujud tersebut kesempatan kedua.

Anda sedang menonton: Pengertian recycle dalam prinsip 3r adalah

Setelah 3R tersebut masih ada 2 tahapan lagi dalam pengelolaan sampah, yang pertama Recover, memulihkan bahan-bahan yang tidak lagi bisa didaur ulang dulu sumber energi/bahan material keramahan lingkungan untuk menghindarkannya dari TPA.

Tahap terakhir merupakan Disposal, yaitu pengalokasian sampah-sampah yang noël lagi mungkin didaur mengulang maupun dipulihkan di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir).

Segitiga balik 3R dijelaskan jumlah selang sampah apa seharusnya ditangani pada setiap urutan.

Hal ini berarti, di atas hakikinya, sebagian geram produksi melemparkan dikurangi (Reduce) sedari awal, baru saat tak lainnya bisa dihindari, barang-barang tersebut digunakan kembali (Reuse), salah satunya dengan metode upcyling atau kerajinan tangan.

Saat tak lagi bisa tangan kedua kembali, sampah-sampah tersebut didaur diulang (Recycle), yaitu dileburkan, dicacah, dan dilelehkan karena dibentuk dulu produk baru yang kemungkinan ini adalah berkurang kualitas materialnya.

(Baca juga:Panduan Komplit Benda apa Bisa Didaur Ulang).

Penurunan kualitas material daur ulang, serta energi dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mendaur mengulang ini merupakan dua dari banyak alasan mengapa daur ulang (recycle) bukan menjadi prioritas pertama dari perlakuan sampah yang baik dan benar.

Yang most utama adalah mengurangi/mencegah untuk membuat sampah sedari start (reduce).

Konsep Manajemen melemparkan Segitiga jepit 5R


*
*
*
Contoh Pemilahan melemparkan di carlocaione.org

carlocaione.org hadir such solusi bagi mengganggu persampahan yang ada dengan mempertimbangkan penerapan yang baik dan tepat dari konsep pengelolaan sampah3R (reduce-reuse-recycle)ataupun konsep pengelolaan sampah5R (Reduce-Reuse-Recycle-Recovery-Disposal).

Melalui deviasi satu layanannya, Reduce-Waste to Landfill, carlocaione.org berperan untuk memastikan bahwa proses daur diulang (recycle), pemulihan bagian belakang (recovery), dan pembuangan (disposal) berjalan dengan baik dan semestinya sehingga benar-benar bisa ~ meminimalisir sampah apa berakhir di TPA, ataukah bahkan sampah-sampah apa berakhir dalam jumlah besar dan menjadi polusi bagi lingkungan.

Usaha menggunakan back (reuse), terutama untuk mengurangi (reduce) tetap were prioritas duluan dan merupakan bagian dari kampanye carlocaione.org di dalam menyebarkan semangat #BijakKelolaSampah.

carlocaione.org tambahan mendukung penerapanekonomi bundar (circular economy)untuk memastikan adanya pemanfaatan apa optimal dan efisien untuk semua material yang ada di batin industri, bukan hanya untuk mendukung keberlanjutan program pelestarian lingkungan secara global, namun juga untuk memberikan dampak aktif bagi industri dan ekonomi.

Lihat lainnya: Berapa Jumlah Ayat Ayat Sains Dalam Al Quran, Lima Fakta Menarik Tentang Al

English variation HERE.

Baca juga:Mendukung ekonomi melingkar malalui pengelolaan sampah yang bertanggung jawab together carlocaione.org)