USG payudara adalah salah satu kebijakan aturan radiologi diatas payudara apa menggunakan teknologi gelombang suara. Types pemeriksaan ini berfungsi untuk mendeteksi gangguan dan berbagai bentuk kelainan diatas payudara, kemudian kista dan tumor.

Anda sedang menonton: Periksa payudara ke dokter apa

USG payudara atau USG mammae adalah deviasi satu types USG yang secara mengkhususkan dilakukan untuk memeriksa kondisi payudara. Instrumen USG payudara terdiri dari machin pemindai, layar monitor, serta alat sensor apa disebut transduser dan Doppler probe.

*

USG payudara bekerja benefit gelombang voice frekuensi tinggi ataukah ultrasonik. Gelombang ini akan muncul dari mesin pemindai apa menghasilkan lukis payudara bagian di dalam dan ini adalah ditampilkan diatas layar monitor.

Tujuan Dilakukannya USG Payudara

USG payudara dapat dilakukan ketika hati-hati menemukan adanya benjolan di payudara, baik dari hasil aturan dirombak fisik maupun mammografi. Fungsi terutama USG ini adalah karena mendeteksi mass dan lokasi benjolan tersebut.

Pemeriksaan USG payudara also dapat help dokter di dalam menentukan jenis benjolan di payudara, misalnya apakah benjolan tersebut disebabkan melalui kista atau tumor. USG payudara tambahan sering tangan kedua oleh dokter such alat pemandu saat does biopsi payudara.

Biasanya, hati-hati akan sarankan Anda untuk menjalani dirombak USG payudara apabila luaran beberapa keluhan atau terms berikut ini:

Keluarnya cairan yang noël biasa dari puting Perubahan melukis kulit payudara Masalah diatas produksi ASI

Persiapan silam USG payudara

Anda umumnya noel perlu berpuasa sebelum tes dilakukan. Mayoritas persiapan yang perlu dari mereka lakukan sebelum menjalani prosedur USG payudara adalah:

menghindari pemakaian skincare ataukah kosmetik, seperti bedak atau losion, di atas area payudara untuk dapat berefek hasil tes melepaskan aksesoris atau perhiasan apa dipakai di circa payudara buat dapat menyebabkan hasil USG kurang akurat Mengenakan celana dan kemeja ataukah pakaian yang memiliki kancing depan karena memudahkan proses dirombak USG payudara

Saat akan menjalani USG payudara indoors sakit, Anda bisa akan diminta untuk mengganti pakaian menjangkau pakaian khusus apa disediakan melalui rumah sakit.

Proses dirombak USG Payudara

USG payudara tradisional dilakukan oleh hati-hati radiologi di kamarnya periksa unit radiologi. Secara keseluruhan, dirombak ini bisa berlangsung sekitar 15–30 menit.

Setelah does semua persiapan, milik mereka akan direbahkan pada tempat tidur pemeriksaan. Guna memudahkan jalannya pemeriksaan, hati-hati radiologi atau lancar sonografi mungkin akan demands Anda karena berbaring lengkung dan mengangkat lengan diatas kepala.

Setelah itu, dokter akan mengoleskan gel diatas area payudara yang diperiksa. Gelatin ini berfungsi karena membantu melancarkan pancaran gelombang suara buat bergerak melewati jaringan payudara.

Setelah mengoleskan gelatin di payudara, tutur akan menggerakkan transduser di atas permukaan kulit payudara karena mengevaluasi terms jaringan payudara. Selanjutnya, transduser menjadi bekerja dan showing hasil pemeriksaan pada layar monitor.

Pemeriksaan ini noël menyebabkan rasa sakit kemiripan sekali. Namun, rasanya nyeri bisa akan anda rasakan ketika alat transduser ditekan di ~ bagian payudara apa bermasalah.

Setelah dirombak USG payudara selesai dilakukan, kedelapan atau saya lubang akan stabil sisa gel di atas payudara. Anda biasanya diperbolehkan buat pulang dan melanjutkan aktivitas seperti biasa setelah USG payudara selesai dilakukan.

Membaca hasil USG Payudara

Biasanya, milik mereka akan mendapatkan gawangnya USG secara langsung. Jika diperlukan dianalisas lebih lanjut, gawangnya pemeriksaan become diberikan usai dokter yang merujuk di dalam hitungan hari. Selanjutnya, tutur akan membacakan hasilnya saat penjadwalan kontrol apa telah ditentukan.

Gambar yang dihasilkan dari USG payudara berwarna black dan putih. Melalui USG payudara, kedelapan dapat mendeteksi adanya beberapa terms berikut ini:

Fibrokistik payudara, yaitu benjolan di payudara yang tumbuh acibe perubahan hormon Kista payudara Papiloma intraduktal, yaitu tumor jinak kecil di terusan susu Infeksi atau peradangan di atas jaringan payudara Kanker payudara

Setelah kebijakan aturan USG payudara dilakukan, dokter bisa akan menyarankan Anda untuk menjalani pemeriksaan penunjang lain, sebagai MRI, CT scan, tes tumor marker, dan biopsi, terlebih jika dokter mencurigai adanya penyakit tertentu, misalnya kanker payudara.

Risiko dan memengaruhi Samping USG Payudara

USG payudara merupakan types pemeriksaan apa aman dilakukan, kelewat lebih aman dibandingkan mammografi, bergambar Rontgen, maupun CT Scan karena tidak manfaat paparan radiasi. Paparan radiasi batin jangka singa atau batin dosis terlalu tinggi diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.

USG payudara merupakan prosedural yang tambahan tidak menimbulkan memengaruhi samping. Memengaruhi samping apa mungkin muncul adalah reaksi alergi terhadap gel yang digunakan, tetapi reaksi tersebut sangat langka terjadi.

Ketika milik mereka diminta buat menjalani pemeriksaan USG payudara, hati-hati akan menjelaskan mengenai jasa dan tujuan kebijakan aturan tersebut serta beberapa risiko apa mungkin terjadi.

Lihat lainnya: Liga 1 Kamis: Prediksi Skor Bali Vs Persija Jakarta Vs Bali United

Namun, jika their masih ragu untuk menjalani kebijakan aturan USG payudara, jangan sungkan berkonsultasi menjangkau dokter untuk mendapatkan insula lebih lanjut.