Selesai menggebrak dunia perponselan di Indonesia mencapai ZenFone maksimum Pro M1, ASUS noël lama usai itu merilis kakaknya ZenFone 5 yang mana adalah ponsel berponi pertama dari ASUS.

Anda sedang menonton: Review asus zenfone 5 indonesia


Mirip mencapai ZenFone maks Pro M1, ZenFone 5 penawaran performa ditinggikan namun mencapai harga ekonomis. Bedanya ZenFone 5 menggunakan banyak teknologi baru lainnya luarnya chipset kemudian kamera yang lebih bagus, slot USB-C, sensor NFC, dan layar full berponi.

Selain menemani itu juga, ZenFone 5 kembali menggunakan ZenUI dengan versi terbaru. Tampilan antar mukanya tebal dengan unsur lengkungan apa nampak diikuti bentuk layar ponsel yang also melengkung di tiap sudutnya.


Kesimpulan

ZenFone 5 adalah smartphone Android kelas menengah mencapai performa dan kamera apa mumpuni serta fitur ponsel apa melimpah tidak punya membuat dompet jebol.


Pros

Performa kencangHasil kamera memuaskan di kelasnyaTerdapat sensor NFCDaya simpan saja baterai memuaskan

Desain

*

Layar di ZenFone 5 dingin besar buat ukuran ponselnya karena bezelnya yang tipis. Layarnya berukuran 6,2″ menjangkau resolusi layar 1080 x 2246 pical dan menggunakan teknologi IPS LCD. Tampilan layar apa dihasilkan cantik cukup terang.

Karena bezelnya yang tipis dan bentuk ponsel apa melengkung di bagian sudut, pojok layar di ZenFone 5 pun ikut melengkung. Tampilan layar di bagian pojok melengkung ini shine agak kasar dibandingkan potongan layar apa lurus saja.

Layar apa melengkung ini menyebabkan beberapa antarmuka aplikasi di pojok ponsel ada yang terpotong ataukah terlalu mepet dengan pojok layar. Hal ini umum ditemui di ponsel berlayar sudut lengkung lainnya sebagai Galaxy S9 karena masih crowd aplikasi yang belum beradaptasi dengan jenis layar kemudian ini.

Area notifikasi tambahan menjadi terlalu sempit. Hanya ada 3 tempat icon notifikasi di sebelah kiri poni sedangkan bagian kanan poni hanya digunakan untuk icon negara sistem such baterai dan sinyal.

Solusi agar tidak ada antar peningkatan yang terpotong oleh tepian lengkung ini adalah dengan keuntungan rasio tampilan membakukan saja buat aplikasi tertentu. Di banyak aplikasi game sudah tersedia opsi untuk melakukan bab tersebut.

Poni di meniduri ZenFone 5 di beberapa kondisi akan menyembunyikan ourselves namun belum ada fitur apa dapat memaksa untuk menyembunyikan poninya. Anehnya, jika dicari dengan kata terkunci misal “hide notch” di bugar ponsel, akan terliat peluang tersebut namun kapan diklik noël ada apa-apa. Mungkin ini pertanda ASUS akan membawa fitur menyembunyikan poni secara menginstruksikan nantinya.

Performa

Untuk mengencangkan performa ponsel ZenFone 5, ASUS menggunakan chipset Snapdragon 636 terbaru dari Qualcomm. Dikombinasikan mencapai RAM 4 GB, ponsel ini dapat menjalankan berbagai aplikasi dan game yang ada saat ini tanpa masalah.

Secara keutuhan performa ponsel ini lancar, namun penggunaan ZenUI sepertinya berdampak ke performa ponsel kapan bernavigasi terutama soal animasi komponis antarmuka ponsel.

Sering saya mendapatkan animasi area notifikasi nge-lag terutama selagi ada beberapa notifikasi yang muncul sekaligus. Mengganggu ini tidak saya temukan di ZenFone maksimum Pro M1 yang tambahan menggunakan Snapdragon 636 namun menggunakan Android murni.

Di luar itu, performa ponsel cantik ok. Selama dicoba karena memainkan game Mobile Legend dengan bugar grafis High, performa video game lancar. Pun juga dengan game PUBG cell phone dengan suit grafis Medium, video game dapat kontrol dimainkan.

Jika merasa diperlukan performa lebih terutama ketika permainan game, terdapat fitur AI Boost untuk meningkatkan performa ponsel namun dengan bien ini akan mempercepat pengurangan daya baterai.

*
Kiri: Skor AnTuTu normal; Kanan: Skor AnTuTu menjangkau mode AI Boost

*
Kiri: Skor Geekbench normal; Kanan: Skor Geekbench dengan mode AI Boost

Skor ZenFone 5 di aplikasi pengetesan sebagai AnTuTu dan Geekbench hasilkan skor yang cukup tinggi di kelasnya. Skornya saingan ponsel kelas flagship 2 five lalu apalagi jika fitur AI rise diaktifkan.

Untuk sensor sidik jari, performa pemindaian sidik jari cantik cukup cepat. Sangat jarang saya menemukan kesulitan selagi memindai sidik jari saya mencapai ZenFone 5. Sensor NFC yang disediakan di di dalam ponsel juga dapat mendeteksi kartu e-Money saya tanpa masalah.

Software

*

Bug yang ada saat ini di software program ZenFone 5 seharusnya dapat diperbaiki melalui ASUS melalui reform sistem operasi melalui OTA. Namun entah apakah ASUS ini adalah memperbaikinya ataukah tidak.

Tidak ingin ketinggalan dengan Apple dan Samsung, ASUS juga menyediakan fitur emoji apa mendeteksi permukaanbutuh penggunanya yaitu ZeniMoji. Fitur ini dapat mengakses melalui aplikasi Selfie grasp di ZenFone 5.

Cara pergerakan ZeniMoji lebih mirip dengan ponsel Samsung Galaxy S9 untuk hanya mengandalkan kamera depan saja namun menurut saya kualitas emojinya masih kurang. Sering animasi ZeniMoji yang muncul agak aneh. Selain itu also karakter yang tersedia saat ini masih sedikit.

*
ZeniMoji dengan karakter rubah

Kamera

Salah satu yang membuat ZenFone 5 variasi dibandingkan mencapai ZenFone maksimum Pro M1 adalah kameranya. ZenFone 5 napas kamera belakang ganda bagaimana kamera utamanya menggunakan Sony IMX363 12MP dan kamera sekundernya adalah kamera vast angle 120°.

ASUS mengatakan, kamera ZenFone 5 keuntungan teknologi AI Camera apa akan pengaturan secara otomatis tergantung suasana objek foto untuk menghasilkan tujuan foto yang memuaskan tanpa perlu repot penyetelan manual.

Aplikasi kamera bawaan dari ASUS siap cukup denda namun pemfitnahan kali saya temukan aplikasi kamera kadang ada delay beberapa senin ketika diaktifkan. Selain itu also kadang muncul lukisan dengan warna apa agak anehnya jika benefit mode auto apa mungkin disebabkan malalui fitur AI Camera ZenFone 5.

Di luar itu, kamera di ZenFone 5 dapat menjangkau cepat memproses gambar dan menghasilkan foto dengan kualitas apa memuaskan. Dibandingkan menjangkau ponsel-ponsel ASUS sebelumnya, ZenFone 5 adalah ponsel ASUS mencapai kamera terbaik.

Jika mau memaksimalkan kamera di ZenFone 5, terdapat mode Pro yang membuka akses karena mengatur berbagai konfigurasi kamera secara manual.

*

*

*

*

*

*

*
Kamera wide angle ZenFone 5

*
Kamera selfie ZenFone 5

Baterai

ZenFone 5 dilengkapi mencapai baterai berkapasitas 3.300 mAh, sedikit di atas standar ponsel rata-rata saat ini sehingga menjadi pengeluaran plus untuk ponsel ini.

Selama penggunaan, ponselnya tahan seharian dan saya bisa mendapatkan display screen on time selama 5 jam dari kadarnya baterai 100% usai 15% karena penggunaan aktivitas saya sehari days seperti berselancar web, berjejaring sosial, chatting, dan membuka berbagai aplikasi produktivitas.

Angka tersebut cukup mengesankan lanskap baterainya hanya 3.300 mAh. Penggunaan daya baterai apa irit ini noël lepas dari optimalisasi baterai apa disediakan ASUS malalui fitur Power grasp dan chipset Snapdragon 636 apa hemat daya baterai.

Untuk pengecasannya, konvensional memakan waktu tentang 2 pukul 20 menit untuk mengisi daya baterai ponsel dari tingkat 15% ke 100% dengan keuntungan charger bawaan ZenFone 5.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ZenFone 5 adalah ponsel kelas menengah dengan performa dan kamera apa mumpuni serta fitur ponsel apa melimpah tanpa membuat dompet jebol.

Lihat lainnya: Film Hantu Malaysia Paling Seram Yang Bikin Nggak Bisa Tidur!

Mungkin ada apa bertanya, kalo sudah ada ZenFone max Pro M1, buat apa beli ZenFone 5? Jika kamu berwewenang ponsel mencapai kamera apa lebih canggih dan bersensor NFC, ZenFone 5 adalah peluang yang lebih menaiknya dibandingkan ZenFone max Pro M1.