*
KELAS TAHLILA: Sejumlah anak usia under lima lima saat disusul kelas Tahlila dalam Tahfidz Cahaya Quran, kemarin.HANY FITRIANI/RADAR BEKASI

carlocaione.org, BEKASI – were seorang penghafal Alquran merupakan impian bagi sebagian umat muslim. Rumah Tahfidz Cahaya Quran (RTCQ) memasilitasi bagi siapa saja yang ingin were seorang hafiz dan hafizah. Such apa?

Lantunan ayat bermusim Alquran sayup-sayup suara dari sebuah rumah apa berada di jalur Kusuma Timur Raya, Blok A1-122 Wisma Jaya, Aren Jaya, Bekasi Timur, Selasa (6/10) pagi. Seorang navigasi membacakan ayat Alquran dan apa lainnya mengikuti. Pagi menemani itu merupakan kelas tahfiz karena anak usia di bawah five tahun.

Anda sedang menonton: Rumah tahfidz terdekat dari lokasi saya

Lembaga pendidikan Alquran yang didirikan darimana 2016 lalu itu menjadi tempat bagi siapa saja apa ingin menjadi seorang penghafal Alquran, mulailah dari balita, anak-anak, pubertas hingga lansia. ”Siapapun boleh belajar di sini,” kata pendiri RTCQ, Ustadz Jamhur kepada radar Bekasi, kemarin.

RTCQ memiliki beberapa tingkatan. Taraf pra Tahsin diperuntukan bagi santri apa belum mengenal huruf Alquran, warisan belajarnya dari awal membaca huruf iqro, menulis dan mengenali huruf. Di kelas ini tidak hanya anak-anak, namun ada also yang sudah lanjut usia.

Untuk programme Tahlila yaitu tahfidz lil aula, diperuntukan siswa usia di bawah tahun tahun, diajarkan dengan perilaku talaqi yaitu selama guru membacakan dan mahasiswa mengikuti. Lalui murid perlindungan satu persatu dan membacakan di dokter guru dan teman. Program menghafal untuk anak-anak apa belum mungkin membaca dan menulis, dibacakan dengan manuvernya tangan untuk merangsang kemampuan mengingat.

Untuk anak usia 6 tahun, diarahkan nanti kelas Tahsin. Kelas ini diperuntukan bagi murid apa sudah bisa membaca, menulis huruf Alquran, dan diajarkan belajar tajwid dalam membaca iqro. Jika murid sudah memiliki bacaan yang tartil, kemudian diarahkan diatas program nota yaitu tahfidz.

Sistem ujian yang ada dirumah tahfidz ini dengan menguji hafalan, evaluasi yang diajarkan dalam rumah tahfidz ini di akhir semester. Walaupun setiap jenjang sudah ada tujuan kurikulum apa dibuat, namun karena kelas Tahlila ditargetkan hafal setengah juz.

Sementara ujian di kelas Tahsin ditargetkan satu semester mampu nota mencapai dua iqro. Namun bab ini dapat menyesuaikan kondisi daya tangkap anak. ”Ada yang daya tangkapnya cepat, ada also yang lambat,” imbuhnya.

Jamhur mengaku, dibutuhkan kesabaran ekstra buat menghadapi anak yang sulit menghafal. Menurutnya, menghafal Alquran tergantung dari komitmen murid dan orangtua. ”Jika anak saya baik-baik saja terbebani dengan program hafalan tradisional diarahkan kepada kelas Tahsin karena terus menemukan potensinya agar bisa ~ membaca Alquran dengan tartil, untuk biasanya kendala untuk memang masih sebagian social menilai bahwa ngaji itu hanya prioritas kesekian dibandingkan mencapai les program formal,” terangnya.

RCTQ juga memiliki asrama bagi programme beasiswa tahfidz penghafal Alquran 30 juz untuk program non-formal. Pelatihan formal didapat dengan mengikuti sekolah malalui ujian paket, buat progam ini just fokus di ~ program tahfidz. Setelah lulus SMA, hafidz ini secepatnya diarahkan buat lanjut pelatihan kuliah.

“Semua kalangan yang belajar di dalam rumah tahfidz ini kita rangkul dari mulai yang kecil hingga apa besar sampai apa lansia sekalipun, selagi keinginan mereka masih tegerak buat berkeinginan untuk belajar tanpa ada rasanya malu tanpa alasan apa lain-lain, mencapai adanya rumah tahfidz ini masyarakat mempunyai sarana buat bisa belajar Alquran,” tegasnya.

Lihat lainnya: Perbedaan Bb Cream Cc Cream Dan Dd Cream, Inilah Perbedaan Bb Cream, Cc Cream, Dan Dd Cream

RCTQ membuka program untuk kelas remaja karena anak SMP dan SMA pada sabtu dan Minggu. Sedangkan, untuk Tahlila yang mulanya sepekan 5 kali pertemuan, dulu 2 kali dengan jumlah santri maksimal 10 orang. (mg2)