وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ"Dan sesungguhnya aku Kiamat menyertainya pastilah datang, tak ada ragu padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua rakyat di dalam kubur." (QS. Al Hajj: 7)2. Yaumul MahsyarSetelah dibangkitkan dari alam kubur, seluruh manusia dihimpun di satu tempat bernama Padang Mahsyar atau "Padang Mauquf" yang artinya tempat memegang sementara. Pada aku itu seluruh human dikumpulkan sebelum diadili (dihisab). Manusia saat akun itu mengalami kepayahan buat matahari didekatkan hingga human dibanjiri malalui keringatnya sendiri. Namun, Allah memberi pertolongan kepada 7 golongan yang dinaungi-Nya.

Anda sedang menonton: Sebutkan peristiwa yang terjadi setelah hari kiamat

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا"Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kita perjalankan gunung-gunung dan kamu menjadi dapat melihat bumi akun itu datar dan kami kumpulkan seluruh manusia, dan noel kami menyisakan seorangpun dari mereka." (QS. Al-Kahf: 47)3. Yaumul HisabHari pembayaran amal baik dan buruk manusia saat hidup di dunia. Semua bibir terkunci rapat, hanya anggota tubuh yang bersaksi.اَلْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلٰٓى اَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَآ اَيْدِيْهِمْ وَتَشْهَدُ اَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ"Pada days ini kalian tutup mulut mereka; memanggang mereka akan berkata kepada kalian dan feet mereka ini adalah memberi kesaksian terhadap apa yang sebelum mereka kerjakan." (QS. Yasin: 65)4. Yaumul MizanHari penimbangan amal perbuatan manusia setelah diperhitungkan baik buruknya ketika kehidupan di dunia. Apabila amal baiknya lebih memuat maka ia akan beruntung mendapat rahmat Allah. Sebaliknya jika dosanya (amal buruknya) lebih bobot maka ia menjadi menerima azab. Na"udzubillah!وَنَضَعُ الْمَوَازِينَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيَامَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا ۖ وَإِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ أَتَيْنَا بِهَا ۗ وَكَفَىٰ بِنَا حَاسِبِينَ"Kami become memasang timbangan yang tepat pada days kiamat, maka tiadalah kehilangan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) just seberat biji sawipun pasti kalian mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami kemudian pembuat perhitungan." (QS. Al-Anbiya: 47)5. Ita-ul KitabPemberian buku bien amal manusia. Kapan lembaran catatan amal dibagikan, seluruh manusia berlutut menanti panggilan untuk menghadap Allah, Rabb semesta.وَتَرَى كُلَّ أُمَّةٍ جَاثِيَةً كُلُّ أُمَّةٍ تُدْعَى إِلَى كِتَابِهَا الْيَوْمَ تُجْزَوْنَ مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ "Dan (pada days itu) kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku bien amalnya. Pada days itu kamu diberi balasan terhadap what yang telah kamu kerjakan." (QS. Al-Jaatsiyaat: 28)6. Al-Haudh (Telaga)Di Padang Mahsyar setiap Nabi memiliki telaga untuk memberi pengayaan umatnya. Adapun kaum mukmin menjadi mendatangi telaga Nabi Muhammad bernama Al-Kautsar yang telah dijanjikan Allah. Orang apa tertolak dari telaga itu adalah kaum murtad dan munafik. Pendapat lain adalah fasih maksiat dan pelakunya dosa besar. Allah keluar keistimewaan telaga Al-Kautsar batin Al-Qur"an.إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (2) إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الأَبْتَرُ"Sesungguhnya kalian telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat untuk Tuhanmu; dan berkorbanlah. Pada kenyataannya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus." (QS Al-Kautsar: 1-3).

Lihat lainnya: Mati Dalam Keadaan Husnul Khotimah, Penjelasan Husnul Khotimah: Arti Dan Tanda

7. Jembatan ShiratJembatan membentang pada neraka, permukaannya titiannya sangat langsing dan tajam, lebih tipis dari rambut. Tahap ini menjadi penentu human apakah memasukkan neraka atau masuk surga. Masing-masing melewati jembatan ini sesuai amal perbuatannya. Ada yang melewatinya secepat mungkin kilat, angin, terbang, berlari. Dan ada tambahan yang merangkak, kelewat terjerumus. Na"udzubillahi min dzalik. Orang pertama apa melewati jembatan ini adalah Nabi Muhammad. Beliau tidak langsung memasukkan surga, tetapi menunggu umatnya sambil mendoakan, "Ya Allah, selamatkan, selamatkan".ثُمَّ نُـنَجِّى الَّذِيْنَ اتَّقَوْا وَّنَذَرُ الظّٰلِمِيْنَ فِيْهَا جِثِيًّا"Kemudian Kami menjadi menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang apa zalim di batin (neraka) batin keadaan berlutut." (QS Maryam: 72)
*

لِّـكَيۡلَا تَاۡسَوۡا عَلٰى مَا فَاتَكُمۡ وَلَا تَفۡرَحُوۡا بِمَاۤ اٰتٰٮكُمۡ‌ؕ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٍ فَخُوۡرِۙ‏
Agar kamu noël bersedih trấn terhadap what yang hilang darimu, dan jangan pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang apa sombong dan membanggakan diri. (QS. Al-Hadid:23)
*

Artikel Terkait
*

BACA JUGA
Hadits the The Day
Dari Aisyah radhiyallahu "anha, ia mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu "alaihi wasallam bersabda:  "Manusia yang most dibenci Allah adalah yang keras major dan suka membantah."(HR. Bukhari No. 6651)