Dokumen ASEAN Sambutan Majalah sosial ASEAN Buku item / Jurnal Ketentuan-ketentuan Infografis
> merencanakan Sama ASEAN> pilar Politik dan kerahasiaan > ASEAN Intergovernmental commission on manusia Rights (AICHR)
Latar Belakang

AICHR adalah badan holistik dengan mandat penyeberangan sektoral apa menangani hal-hal apa berkaitan dengan action sama HAM menjangkau badan-badan ASEAN, mitra eksternal & stiker kepentingan lainnya. AICHR didirikan pada lima 2009.

Anda sedang menonton: Sejarah singkat asean dan pbb


Piagam ASEAN yang diratifikasi oleh 10 negara yakni: Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos (Lao PDR), Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand and viet Nam di atas 15 Desember 2008 menjadi landasan konstitusional dari terbentuknya komisi HAM Antar-Pemerintah ASEAN (AICHR).

(Foto: Majalah masyarakat ASEAN Edisi 15)
*

Komisi Antar pemerintah ASEAN untuk Hak Asasi human (AICHR) adalah badan hollistisme dengan mandat lintas sektoral apa menangani hal-hal apa berkaitan dengan merencanakan sama HAM menjangkau badan-badan ASEAN, mitra di luar & stiker kepentingan lainnya.

AICHR diresmikan melalui para pemimpin ASEAN tanggal 23 Oktober 2009 diatas KTT ASEAN ke-15 di Cha-Am Hua Hin, Thailand. Pembentukan AICHR menunjukkan komitmen ASEAN untuk mengejar strategi berwawasan nanti depan buat memperkuat kerja sama kawasan di field hak asasi manusia. AICHR dirancang untuk menjadi bagian integral dari struktur pegang ASEAN dan lembaga apa memayungi mencapai tanggung jawab keseluruhan untuk promosi dan perlindungan ke kanan asasi manusia di ASEAN.

AICHR mengadakan dua bertemu rutin per lima dan pertemuan tambahan bila diperlukan, dan melapor kepada menteri Luar Negeri ASEAN.

AICHR mengadakan pertemuan ke-32 di atas 4-5 Februari 2021 malalui konferensi video. Rapat tersebut dipimpin melalui H.E. Hjh nor Hashimah Hj Mohammed Taib, Perwakilan Brunei Darussalam buat AICHR dan dihadiri melalui Perwakilan / Wakil Alternatif AICHR, dan kantor ASEAN.

Pada bertemu ini, AICHR debate strategi untuk mengimplementasikan rencana Kerja Lima five AICHR 2021-2025 dan Kerangka kerja Pemulihan Komprehensif ASEAN, serta pengembangan kerangka jam tangan dan penilaian (M&E) dari untuk merencanakan Kerja Lima five AICHR 2021- 2025. Bertemu tersebut debate kemajuan pelaksanaan program dan Kegiatan prioritas AICHR di field hak overhead kesehatan, hak asasi manusia dan lingkungan, baik anak, bahas pemuda, liberty berpendapat dan berekspresi, daratkan atas pembangunan, baik asasi umat ​​manusia dan tujuan Pembangunan Berkelanjutan ( SDGs), dan pendekatan berbasis daratkan asasi manusia untuk aksi kemanusiaan.

AICHR debate masalah kelembagaan yang berkaitan dengan hubungan dan kerjasama AICHR mencapai Badan Sektoral ASEAN, mitra eksternal dan stiker kepentingan lainbutuh termasuk memegang masyarakat sipil. Untuk mempromosikan dan minum interaksi antara AICHR dan mitra eksternal, Rapat mengadopsi Pedoman menghubung Eksternal AICHR.

Lihat lainnya: Inilah Tips Agar Jambu Air Cepat Berbuah Lebat Selebat, Cajüilitos Solimán

Pertemuan tersebut berkomunikasi apresiasi kepada AICHR Brunei Darussalam atas pengaturan temu yang mendesak baik. AICHR menjadi mengadakan pertemuan berikutnya di atas April 2021.