Sifat mustahil rasul adalah kizzib, khianat, kitman, dan baladah. Sedangkan sifat delegasi rosul antara go siddiq, amanah, tabligh, dan fatonah. Simak penjelasannya dalam jadwal acara ini.

Pada hakikatnya, Allah Subhanahuwata’ala telah memerintahkan utusan ataukah rasulnya untuk menyampaikan wahyu. Para rasul pilihan Allah memiliki sifat-sifat apa wajib ada serta sifat mustahil.


Sifat terdaftar adalah sifat-sifat yang harus hatim oleh para Nabi dan Rasul. Sedangkan, sifat mustahil merupakan sifat yang noël mungkin hatim oleh para Nabi dan Rasul untuk beliau segenap terjaga dari dosa (Maksum).

Anda sedang menonton: Sifat wajib dan mustahil bagi rasul dan artinya


Sifat diamanatkan bagi Rasul

Seperti yang telah kita ketahui, para Nabi dan Rasul merupakan orang-orang apa terpilih buat menyampaikan wahyu. Cantik pasti Nabi dan Rasul memiliki sifat-sifat yang wajib ada pada mereka.

Terdapat empat sifat apa wajib hatim Nabi dan Rasul, sifat-sifat tersebut adalah :

*
*

Sifat tidak memungkinkan Bagi Rasul

Berbeda mencapai sifat wajib, sifat mustahil rasul merupakan sifat yang noel mungkin ada diatas diri rasul. Sifat-sifat ini berlawanan mencapai sifat delegasi dari rasul. Sifat-sifat tersebut adalah :

1. Al-Kizzib

Kebalikan dari As-Sidiq, sifat Al-Kizzib pribadi arti bohong atau dusta. Noël mungkin seorang rasul mengatakan sebuah kebohongan ataukah dusta. Kemudian yang telah dijelaskan dalam Q.S. An-Najm ayat 2-4 :

مَا ضَلَّ صَاحِبُكُمْ وَمَا غَوَىٰ . وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَىٰ . إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَىٰ


Baca juga: 20 Sifat terdaftar dan mustahil Allah (LENGKAP) Beserta Artinya

Kawanmu (Muhammad) noël sesat dan noël (pula) keliru, dan tidaklah yang diucapkan menyertainya (al-Qur’ān) menurut keinginannya noël lain (al-Qur’an) adalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya). (QS. An-Najm: 2-4)

2. Al-Khianat

Berbeda halnya dari sifat senin rasul, Al khianat memiliki arti berkhianat. Tidak ada rasul yang berkhianat terhadap umatnya, pastinya semua apa diamanatkan kepada rasul become disampaikan dan dilaksanakan. Such pada Q.S. Al-An’am ayat 106 :

اتَّبِعْ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ وَأَعْرِضْ عَنِ الْمُشْرِكِينَ

Artinya :

Ikutilah what yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad), tidak ada bapak selain Dia, dan berpalinglah dari orang-orang musyrik. (QS. Al-An’am: 106)

3. Al-Kitman

Semua rasul noël mungkin pribadi sifat kitman atau menyembunyikan. Setiap wahyu apa diberikan kepada rasul ini adalah disampaikan seluruhnya kepada umatnya. Hal tersebut telah dijelaskan batin Q.S. Al-An’am ayat 50:

قُلْ لَا أَقُولُ لَكُمْ عِنْدِي خَزَائِنُ اللَّهِ وَلَا أَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلَا أَقُولُ لَكُمْ إِنِّي مَلَكٌ ۖ إِنْ أَتَّبِعُ إِلَّا مَا يُوحَىٰ إِلَيَّ ۚ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الْأَعْمَىٰ وَالْبَصِيرُ ۚ أَفَلَا تَتَفَكَّرُونَ

Artinya :

Katakanlah (Muhammad), Aku noel mengatakan kepadamu bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan aku tidak mengetahui apa gaib dan aku noel (pula) mengatakan kepadamu bahwa aku malaikat.

Aku just mengikuti apa yang di wahyukan kepadaku. Katakanlah, Apakah kemiripan orang yang buta mencapai orang apa melihat? Apakah kamu tidak memikirkan(nya). (QS. Al-An’am: 50)

4. Al-Baladah

Kebalikan dari sifat fatanah, Al-baladah memiliki arti bodoh. Semua rasul pilihan Allah noël mungkin bodoh.

Meskipun di ~ awalnya Rasulullah S.A.W. Noël dapat melafalkan dan menulis, tetapi beliau mendesak pandai di dalam berdakwah dan menyampaikan wahyu.

Lihat lainnya: Jelaskan Makna Pohon Beringin Pada Sila Ketiga Pancasila, Makna Simbol Pancasila, Lengkap Dengan Nilai

Demikianlah sifat-sifat diamanatkan dan tidak memungkinkan Nabi dan Rasul. Harapan dengan item ini kita dapat meneladani basi para Nabi dan Rasul dan tergolong nanti dalam orang-orang yang beriman.