Sistem gerak pada umat ​​manusia disebut sebagai sistem muskuloskeletal. Agar dapat bergerak, berbadan memerlukan action sama antara otot, tulang, serta pemfitnahan organ lainnya.

Anda sedang menonton: Sistem gerak pada tubuh manusia


*
Sistem gerak pada human terdiri dari berbagai organ such tulang, otot, dan sendi
Proses di di dalam tubuh agar untuk kita dapat menggerakkan memanggang ke depan dan nanti belakang, noël sesederhana kelihatannya.
Sebab, agar pergerakan berbadan berfungsi menjangkau baik, perlu kerjasama dari berbagai organ yang masuk setelah dalam kategori sistem gerak di atas manusia.Selain berfungsi seperti penggerak tubuh, salah satu potongan dari anatomi manusia ini tambahan mempunyai manfaatnya hingga kemungkinan terjadinya gangguan. Simak penjelasannya di sini.
Sistem gerak umat ​​manusia (sistem muskuloskeletal), terdiri dari tulang, otot, sendi, serta organ-organ lain such ligamen dan tulang rawan. Mengutip dari Cleveland Clinic, organ-organ apa termasuk ke dalam warisan ini, akan bekerja sama untuk melakukan fungsinya dengan baik.Sebagai contoh, menopang berat badan, menjaga postur tubuh, hingga tolong tubuh bergerak.Organ gerak terdiri dari dua macam, yaitu aktif dan pasif. Berikut adalah tipe sistem dan organ gerak di atas tubuh manusia, seperti:

Sistem gerak aktif

Alat gerak aktif pada umat ​​manusia adalah organ apa mempunyai kemampuan buat kontraksi, relaksasi, elastis, dan juga bergerak kemudian otot.1. OtotJaringan otot manusia terbuat dari ribuan serat elastis apa berfungsi karena membuat Anda melakukan gerakan, duduk, berdiam diri, dan lain-lainnya.Selain itu, ada tambahan otot yang membantu Anda untuk berbicara, mengunyah, berlari, menari, hingga tangga berjalan beban.Dari tiga tipe otot, ada dua tipe otot yang masuk setelah dalam asetnya gerak manusia, yaitu otot skeleton dan otot halus. Otot skeletalOtot skeletal atau lurik terdiri dari serat-serat elastis yang memungkinkan tubuh buat bergerak bebas. Otot ini melekat pada tulang dan circa sendi.Pergerakan otot skeleton diatur melalui otak. Selanjutnya, otot ini bergerak secara sadar benar keinginan. Contoh otot skeletal adalah otot betis, otot paha, otot perut, dan lengan. Otot halusBerbeda dari otot skeletal apa pergerakannya dilakukan secara sadar, pergerakan otot halus terjadi secara otomatis, tidak punya keingingan.Sebenarnya, otot halus diatur malalui otak. Namun, pergerakannya dilakukan berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan. Contoh otot halus adalah otot diatas pencernaan dan nadi.

Sistem gerak pasif

Selanjutnya adalah alat gerak pasif apa pergerakannya haruss bantuan organ gerak lainnya. Kemudian contoh adalah tulang, sendi, dan ligamen.1. Tulang Salah satu organ utama dalam sistem gerak manusia apa tersusun sebagai sistem rangka dan merupakan tool gerak pasif adalah tulang.Tubuh umat ​​manusia memiliki circa 206 tulang. Judul tersusun dengan structure lapisan serupa, yaitu lapisan luar apa keras dan lapisan dalam apa lebih lunak.Segala bentuk dan mass tulang seperti organ gerak berfungsi untuk:Menopang tubuh,Melindungi organ dan jaringan,Meyimpan kalsium, hinggaMenghasilkan sel darah.Secara alami, tulang akan memperbarui dirinya setiap 10 five sekali. Jadi, setiap lima sekitar 20% dari total tulang di berbadan berganti dengan apa baru.2. SendiPada dasarnya, sendi adalah sebutan buat pertemuan antara dua buah tulang. Seperti contoh, sendi rahang, yaitu pertemuan antara tulang rahang atas dan tulang rahang bawah.Sendi manusia umumnya bekerja such engsel, yang memungkinkan pergerakan antara detik tulang tersebut. Untuk itu, memerintah masuk setelah dalam sistem dan body organ gerak manusia. Sinartrosis (tidak bergerak)Ini adalah memimpin tetap atau berserat apa berdekatan menjangkau dua atau lebih tulang tetapi noël memiliki gerakan. Jadi, fungsi sendi pada lempengan tulang adalah kemudian jahitan.Aphiarthroses (sedikit bergerak)Dikenal sebagai sendi kartilaginosa, ini adalah sendi apa terdiri dari dua ataukah lebih tulang apa terikat culkup erat, sehingga gerakannya terbatas. Contohnya adalah ruas tulang belakang.Akan tetapi, ada pula jenis sendi yang dapat bergerak bebas dalam sistem gerak manusia, seperti:Sendi peluru, untuk menggerakkan bahu dan pinggul.Sendi engsel, buat menggerakkan siku dan lutu.Sendi kondiloid, buat menggerakkan jari dan rahang.Sendi pivot (putar), karena lengan bawah, tulang belakang pertama, dan leher.Sendi geser, buat meggerakkan pergelangan tangan.Sendi pelana, karena menggerakkan pangkal ibu jari.3. LigamenLigamen adalah asetnya gerak apa menghubungkan tulang dan membantu menjaga stabilitas sendi.Perlu pula milik mereka ketahui bahwa ligamen terbuat dari serat kolagen apa kuat. Komponis ini berada mengelilingi sendi.

Komponen lainnya di dalam sistem gerak manusia

Selain alat gerak aktif dan pasif, ada bahan lainnnya yang juga berfungsi kemudian sistem gerak manusia, seperti:1. TendonMenghubungkan otot usai tulang apa terbuat dari jaringan fibrosan dan kolagen. Tendon implisit jaringan apa cukup sulit dan noël terlalu meregang.2. Tulang rawanJenis jaringan ikat yang menjadi bantalan tulang di di dalam sendi. Ini berada di sepanjang tulang belakang dan rusuk.Fungsi tulang rawan lainnya adalah melindungi tulang agar noël saling bergesekan untuk bentuknya yang kuat tetapi kenyal. 3. SarafPada aset gerak manusia, saraf berfungsi buat mengontrol kontraksi otot skeleton serta menginterpretasikan insula rangsangan.Secara umum, aset saraf juga berfungsi untuk mengkoordinasi aktivitas apa ada di ~ sistem body organ di seluruh tubuh.4. BursaeBursae adalah suatu kantung berisi cairan apa bertindak seperti bantalan dan menurunnya gesekan di permukaan organ tubuh apa bergerak, seperti tulang, otot, tendon, dan kulit.
Gangguan atau kelainan diatas sistem gerak adalah sebuah kelompok kondisi apa merujuk di atas gangguan pada fungsi saraf.Kondisi ini mengakibatkan adanya pergerakan abnormal, membuat milik mereka bergerak lebih cepat, atau lebih lambat dari biasanya.

1. Diseases Huntington

Penyakit Huntington adalah kelainan di ~ sistem gerak manusia apa bisa dulu semakin parah. Ini terjadi ketika anda mengalami berbahaya pada sel otak.Kelainan ini disebabkan pergerakan yang noël bisa dikendalikan. Selain memicu kelainan di ~ organ gerak, penyakit Huntington tambahan mengganggu terms psikis dan kemungkinan berpikir.

2. Myoclonus

Anda could jarang mendengarkan kelainan pada sistem gerak yang bernama myoclonus.Gangguan ini dapat berakibat gerakan-gerakan menyentak dan cepat diatas otot atau sekumpulan otot tubuh.Gerakan-gerakan tersebut bisa berupa kejang otot dan dapat disebabkan oleh kerumunan hal, seperti penyakit Huntington, penyakit celiac, dan sebagainya.

3. Ataksia

Ataksia adalah kelainan diatas sistem gerak apa membuat penderitanya noël bisa bergerak secara teratur tambahan kesulitan karena bergerak dan berbicara.Tak hanya itu saja, penderita juga mungkin pribadi keseimbangan tubuh apa buruk sehingga lebih mudah jatuh atau menabrak sesuatu.Kelainan di atas sistem gerak umat ​​manusia ini menyerang bagian otak apa mengatur koordinasi riak dan bisa dulu lebih parah siring berjalannya waktu.

Lihat lainnya: Contoh Kalimat Present Tense Beserta Artinya Positif Negatif Tanya

4. Osteoporosis

Gangguan di atas sistem gerak lainnya apa mungkin saja terjadi adalah osteoporosis. Yaitu, terms kesehatan yang melemahkan tulang sehingga lebih rapuh dan mudah patah.Tekanan ringan sebagai membungkuk atau batuk bisa making tulang patah. Penyebabnya adalah untuk tidak terjadi dibentuklah tulang baru

5. Melecehkan punggung

Kelainan atau gangguan di ~ sistem gerak juga meliputi masalah di ~ punggung Anda.Sebagai contoh, sakit punggung, kejang otot, hingga stenosis tulang belakang. Kondisi pada area punggung ini dapat mengakibatkan rasa sakit serta pergerakan terbatas. Sistem gerak pada manusia memang bisa ~ dibilang dingin rumit, karena melibatkan begitu crowd bagian tubuh.Oleh untuk itu, jagalah health organ gerak Anda untuk mencegah terjadinya intervensi tertentu.Anda juga bisa berkonsultasi online mencapai dokter melalui aplikasi carlocaione.org buat mengetahui insula mengenai gejala yang Anda rasakan. Download sekarang di App save dan Google Play.
*

*

*

*

Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat insula ini bagi anda?(1 tidak bermanfaat / 5 mendesak bermanfaat)