Bila Anda siap memasuki usia dewasa, ini berarti kehidupan their akan berkutat dengan persiapan pernikahan serta pekerjaan. Untuk masalah persiapan pernikahan, ternyata noël semudah kemudian yang dibayangkan, lebih-lebih jika yang Anda lamar merupakan gadis Jawa. Diatas lamaran pernikahan adat Jawa, their harus melewati berbagai macam prosesi awal dari bawa hantaran dan prosesi lainnya.

Anda sedang menonton: Tata cara tunangan adat jawa

Tata Cara Lamaran Adat Jawa

Untuk melamar gadis Jawa seperti istri, terdapat tahapan tertentu apa harus dijalani. Seluruh tahapan tersebut memiliki tujuan karena memastikan jika keluarga calon pengantin benar-benar bersedia. Secara baris besar, berikut tahapan yang harus dilakukan, antara lain:


Congkong

Di dalam proses ini, familial mempelai pria akan mengutus perwakilannya untuk bertanya, tujuannya tentu saja saja karena memperoleh berbagai macam informasi mengenai calon mempelai wanita. Implisit status perkawinan, kesiapan, dan apa lainnya, apakah calon mempelai wanita cantik sesuai mencapai kriteria atau belum.

Salar

Tahap ini dilakukan saat perwakilan dari familial pria masih belum memperoleh jawaban. Di atas dasarnya, salar merupakan upaya untuk memperoleh kepastian, apakah calon mempelai dapat dinikahkan atau tidak. Biasanya, yang diutus untuk melakoni prosesi ini adalah orang apa sama kapan berada di tahap congkong.

Nontoni 

Jika pihak familial dari calon wanita sudah setuju, berikutnya, calon pengantin menjadi dipertemukan terlebih dulu. Selain pribadi tujuan karena mempertemukan senin calon mempelai, adanya tangani itu ini juga bertujuan untuk memperkenalkan calon mempelai di masing-masing keluarga sehingga benar-benar tahu satu dengan yang lainnya.

Ngelamar

Jika proses yang lain cantik dilewati, hanya acara lamaran dapat dilakukan. Pada saat kemudian orang perilaku calon mempelai pria mengutus seseorang untuk melamar sang wanita. Di tahap ini, waktu yang tepat karena menggelar pesta pernikahan juga ditentukan.

Seserahan Saat Lamaran

Setelah selesai tahap di atas, acara lamaran pun dilangsungkan. Berikut mayoritas seserahan apa biasanya dibawa, antara lain:


Kebaya dan jarik

Karena lamaran adat Jawa, tentu saja baju khas ini harus ada. Kain batik yang used biasanya pribadi corak sidomukti, chapter tersebut disebabkan untuk batik menjangkau corak sidomukti pribadi makna semoga mencapai kebahagiaan, sehingga cocok dengan harapan seluruh keluarga.

Alat make up

Tak hanya pakaian, syarat lainbutuh adalah peningset. Peningset ini sebagai bedak, lipstik, pensil dahi dan berbagai alat make up apa lain, bergantung kebiasaan dan kebutuhan calon istri.


See Also
*
*

Aneka piring Pernikahan Adat Bali yang Sangat Lezat

Perlengkapan mandi

Tak just perlengkapan make up, alat mandi juga harus their bawa. Perlengkapan alat bak mandi ini sebagai pembersih wajah, sampo, handuk dan apa lainnya. Perlengkapan bak mandi ini harus disesuaikan dengan kebiasaan calon mempelai wanita.

Pakaian dan aksesoris

Pakaian serta aksesoris ini merupakan pendamping berbusana kebutuhan sehari-hari sebagai gaun, sepatu, berpenaruh dan yang lainnya.

Perhiasan

Untuk perhiasan, tradisional berisi satu set lengkap kemudian anting, gelang, cincin, kalung.

Pisang raja, buah jambe, kapur sirih

Pisang raja wajib dibawa, untuk pisang raja adalah simbol harapan kesuburan, diharapkan nanti menikah, pasangan lekas mempunyai keturunan. Tak hanya pisang raja, kapur sirih dan buah jambe harus dibawa. Bawaan ini dulu simbol agar pernikahan menjadi langgeng hingga maut memisahkan.

Lihat lainnya: Tempat Jual Oleh Oleh Bandung Yang Wajib Kamu Datangi, 15 Pusat Oleh

Jajan pasar

Jajan pasar juga menjadi seserahan yang harus dibawa. Biasanya jajan pasar yang harus dibawa adalah kue jadah dengan nyata dasar ketan, madu mongso dan jajan pasar lainnya.Jadi, siap mulai melakukan list barang apa akan Anda bawa untuk lamaran pernikahannya calon istri? Jangan lupa catat berbagai macam seserahan di atas dengan baik ya.