Sebenarnya syarat buat SIM internasional, cara karena SIM interasional menemani itu gak begitu susah. Jauh lebih mudah dibandingkan bikin center nasional yang kalau mau lulus cepet memiliki pake “calo”. Tapi untuk keteledoran saya, dan peraturan apa menurut saya nggak penting, SIM yang bakal kepake kalau nyetir di luar negeri ini terbatas jadi. Tentunya setelah melewati banyak drama tak berguna… ckckck!


Drama pertama, passport ketinggalan…

Sudah pemfitnahan kali saya berpengalaman syarat buat SIM internasional, disitu tertuliskan kalau memerlukan bintang chep pasport, dan pasport apa asli. Tapi siapa tahu kenapa, sebelum berangkat usai Jakarta, passport apa ada di rak booker cuma saya using saja. Sambil berpikir… “eh, menyertainya pasport saya membawa apa enggak ya nanti Jakarta? Gak usah kayaknya, gak ada plan trip usai luar negeri kok” Hingga akhirnya, passport saya biarkan tergeletak begitu saja.

Anda sedang menonton: Tempat pembuatan sim internasional di jakarta

Saya baru ingat kalau passport akun itu syarat untuk untuk SIM internasional ke sampai di Jakarta. Kalau diingat-ingat, betapa bodohnya saya, mengapa nggak input pasport tadi usai dalam tas. Mau dikirim pake ekspedisi, tapi saya paling parno ajukan dokumen secara signifikan lewat ekspedisi. Kalau sampai ilang, duh pusingnya bisa ~ tujuh turunan. Tau sendiri kan bagaimana ribet dan ruwetnya urusan birokrasi di Indonesia?


Road trip Di Perth Australia! Pengalaman pertama Nyetir gerbong Sendiri Di bangsa Orang!
*
Watch this video on YouTube
Tonton juga Travel Vlog Nyetir pengangkutan Sendiri Di Australia pertama Kali!

Jadi saya main aman, dengan ruam tetap mencoba produksi SIM internationale ini sendiri, meski tanpa pasport nguyên (Demi pengalaman nyetir di Australia pertama kali). Kalau cuma fotokopian, saya ada. Saya always punya scan dokumen penting yang tersimpan rapi di Google Drive. Enim sewaktu-waktu memerlukannya, saya tinggal download nanti smartphone untuk kemudian dicetak.


Saya berani ruam tetap karena SIM karena nyetir keluar negeri ini untuk ada blogger apa pernah menulis pengalamannya, kalau dia noël diminta menunjukkan passport asli ketika karena SIM internasional personally (tanpa calo). Kalaupun nanti ditanya, saya bakal mencoba kreatif saja. Misalnya “Passport saya lagi untuk ngurus visa di take trip agent ataukah semacamnya”. Yah, most gak mengganggu passport ini terbatas lancar tanpa hambatan sampai finite SIM internasional saya jadi.


*
Buat SIM internasional memangnya saya mau kemana sih!

Drama kedua, gak bisa masuk area pembuatan center internasional karena pakai celana pendek….

Buat yang kenal saya, pasti tahu kalau saya menemani itu orangnya paling males pake celana panjang. Kemana-mana lebih senang diasuh celana pendek, bahkan ke negara yang lagi musim cold sekalipun. Most ekstrim, saya pernah omong di depan publik, yang lihat bupati dan pejabat dll cuma pake celana pendek. Kalau menyertainya sih ndak salah saya, buat saya nggak dibilangin kalau harus keterpurukan ngomong di depan publik.

Lokasinya bagaimana itu terjadi di tepi pantai, memiliki saya berpakaian yang cocok buat main nanti pantai. Alias pake celana cacat saja. Lha, kok tiba-tiba saya pertanggungjawaban maju menyampaikan terkesan dan berita kunjungan. Yawes, gak peduli bupati atau menteri, hajar saja maju pake celana pendek! untuk nggak dilempar nanti laut sama ajudannya. O iya, kalau kemiripannya menteri, saya tambahan pernah ketemu menteri pariwisata pake celana pendek. Tapi memiliki saya nyempil di belakang biar nggak kelihatan.

Nah, kalau pas untuk SIM penginternasionalan ini, yang menghadang ndak bupati ataukah menteri. Tapi bapak polisi apa jagain pos dore Satpas Pembuatan center Internasional. Saya dibilangin nggak boleh masuk nanti area untuk pake celana cacat plus sendal jepit (kombo lah pokoknya). Katanya untuk itu markas besar, enim harus dihormati. Haduuh, emang kalau urusan birokrasi itu bikin males. Dikit-dikit minta dihormati, membayar pake pajak juga~ #eh.

Tapi, tiap berurusan mencapai birokrasi modern saya apa butuh. Such rakyat yang lemah, memiliki ngalah saja, apalagi pak polisinya bawa senjata, sejenis rifle pula. Untungnya, dahulu diusir, saya diberi tahu, kalau di ruang angkasa fotokopi terdekat menyewakan sepatu dan celana panjang. Mungkin aku itu memang rejeki saya mendapatkan center Internasional. Ukuran sepatu dan celana yang pas untuk saya ada. Padahal konvensional susah banget cari baju dan sepatu yang pas karena ukuran saya.


Mas yang jaga fotokopi tambahan baek, bayi saya lupa namu tempat fotokopinya apa. Yang jelas kalau kamu pengen persewaan sepatu dan celana, bisa ke lokasi Google Maps disini. Gak terlalu jauh dari tempat untuk SIM interasional kok. Harga sewanya kemarin saya cuma bayar IDR 20.000 sampai untuk SIM internationale selesai.

Oke, drama sampai sini saja ya, sekarang lanjut ke teknisnya. Syarat buat SIM internasional, cara untuk SIM internasional, dan biaya buat SIM internasional! Tapi dahulu itu, kamu harus mendatangi dulu setelah lokasi pembuatanya ya! untuk lokasinya ada under ini :

Korlantas PolriJl. Berlakunya Haryono MT Kav 37-38Jakarta 12770Telp: 021-7989702 (Lokasi tempat untuk SIM internasional di Google Maps disini)


Daftar Isi


Syarat untuk SIM Internasional

*
Untuk syarat untuk SIM penginternasionalan kira-kira sebagai ini. Gampang kan?

Syaratnya nggak begitu susah dan ribet sebenarnya. Cuma karena informasinya kurang lengkap, dan belum banyak blog yang mengulas kyung informasi information syarat untuk SIM internasional, memanggang saya cukup bingung awalnya. Ada sih beberapa media, portal dan blog take trip agent apa mengulas circa ini. Tapi konvensional tulisan itu ~ no dari pengalaman pribadi, enim saya nggak seratus persen percaya begitu saja. Untuk syaratnya yang saya bawa kemarin adalah sebagai berikut:

Kartu tanda tangan Penduduk (KTP) nguyên dan fotokopinya.Passport nguyên dan fotokopinya. (Ini saya kemarin gak bawa passport asli, sempat ditanyain, tapi bilang gak bawa(ngeles dikit) dan rumah saya kurang sopan di jawa timur, terus cerita udah pake sewa celana juga. Mungkin karena saya keliatan melas, dibolehin gak perlu kasih liat passport asli. Tapi ini jangan dijadiin patokan ya, bisa enim saya tetep ditolak. Makanya kalau bisa ~ jangan sampai tertinggal passportnya).Surat Ijin Mengemudi (SIM) asli dan fotokopinya.KITAP asli dan fotokopinya buat WNA (kemarin sempat penampilan ada bule another bikin SIM penginternasionalan sih).Materai 6000.Terakhir, siapin mata uang cash, untuk bayarnya harus cash, gak bisa pake EDC apalagi pake e-money!

Catan penting : setiap orang fotokopi dokumen harus dipotong sesuai mass asli ya. Misal KTP ya harus sesuai ukuran asli, jangan diperbesar, atau diperkecil. Sebisa mungkin sudah dipotong dahulu datang biar nggak merepotkan dan memperlambat antrian. Bisa saja dipotong di lokasi pembuatan, tapi guntingnya cuma satu, jadi kalau rame memiliki rebutan!

Biaya Buat SIM internasional Berapa?

Jadi biaya untuk SIM internasional berdasarkan PP nomor 50 lima 2010 tentang PNBP yang berlaku di Kepolisian negara Republik Indonesia, biaya pembuatan SIM penginternasionalan adalah :

SIM internationale Baru : IDR 250.000SIM penginternasionalan Perpanjang : IDR 225.000

Sayangnya SIM untuk motor dan SIM untuk mobil berbeda. Enim kalau haruss SIM pengangkutan dan motor memiliki biayanya tinggal dikalikan dua. Mahal euy! untuk yang urgent adalah sim internasional karena mobil, jadilah saya cuma karena yang untuk mobil


Proses Pembuatan SIM internasional Bagaimana?

*
Cara karena SIM internasional personally itu gak susah kok! Gak haruss pake calo.

Prosesnya tampan sederhana, nggak perlu ada tes praktik atau tes tertulis lagi seperti kalau untuk SIM biasa. Mungkin karena SIM siap ada, memanggang dianggao sudah bisa. Buat langkah pembuatan SIM internasional adalah seperti berikut :

Pastikan segenap dokumen cantik lengkap sebelum datang setelah tempat pembuatan SIM. Untuk membuat center ini, noël bisa diwakilkan karena akan ada pengambilan sidik jari. Tapi kalau mau motong antrian pake calo sepertinya masih bisa. Kemarin saya lihat ada banyak pemohon apa tiba-tiba muncul secara ajaib memotong angka antrian. Well, namanya juga Indonesia ya?Kalau cantik lengkap, secepatnya aja ke lokasi. Mungkin pake taksi, ataukah tranportasi online untuk menuju lokasi. Jangan lupa pake sepatu dan celana singa biar nggak diusir kayak saya. Secepatnya aja ke gedung ruang angkasa pembuatan SIMnya untuk mengambil nomor antrian dan mengisi formulir. Disediakan pulpen dan tempat untuk mengisi membentuk kok.

*
Formulir untuk karena SIM penginternasionalan itu kemudian ini lho.Nomor antrian jangan sampai hilang, buat nanti menjadi dipangil satu persatu secara manual. Secara teori yang tertulis dan memuat di papan informasi, mengolahnya pembuatan sim internasional itu 15 menit selesai. Tapi kenyataanya saya kemarin nunggu hampir 4 jam. Yah, namanya Indonesia bro, teori dan praktek beda dikit gak apa lah ya? Mungkin untuk kemarin petugasnya cuma dua, dan seseorang merangkap were petugas menerima dokumen sekaligus untuk input data, jadi ya wajar kalau lama. Sebenarnya ada satu another sih mbak-mbak yang bantuin di potongan pengambilan sidik jari. Tapi selagi bagian akun itu kosong, ngak ada inisiatif untuk bantuin input data atau semacamnya sih. Malah lidah smartphone. Siapa tahu lagi chatting atau another main socmed. Tau deh, namanya tambahan INDONESIA. Saya cuma bisa ~ nahan kesel saja buat lagi butuh.
*
Jadi dipanggil satu persatu kesini buat mengumpulkan dokumen, dan mbaknya kerja sendirian. Ciyan deh mbanya :( pengen tak bantuin aja.Setelah dipanggil, formulir apa sudah diisi dan dokumen syarat pembuatan SIM become diminta. Setelah itu diberi tahu menunggu lagi karena kemudian dipanggil setelah langkah terdekat yaitu rekam sidik jari dan foto.Sebelum does rekam sidik jari dan gambar ditanyain lagi, apakah data apa dimasukkan siap benar. Sebisa could data ini dicek lainnya ya, karena akan tercetak di SIM internationale nantinya. Saya pun cek lagi berkali-kali, takut mbaknya deviasi masukin data, untuk dia merencanakan seorang diri. Ke selsai, batin hitungan menit center internasional sudah jadi.Memang diatas informasinya tertulis kalau pembuatan SIM internasional itu hanya memakan waktu 15 menit, tapi di ~ prakteknya bisa jauhnya lebih lama. Enim kalau mau cuti untuk untuk SIM internasional, minimal sediakan waktu setengah aku atau seharian penuh. Untuk jaga-jaga kalau petugasnya cuma ada satu atau dua orang. Padahal untuk mencapai 15 menit proses, most tidak menyertainya harus ada 4-5 petugas yang melayani. Yah, namanya person biasa mungkin apa? Pasrah saja~

*
Saya datang usai jam istirahat, cuma ada seorang petugas saja~

Perlu diketahui, buat tipe sim jangan sampai penyimpangan pilih ya! Yang most banyak berwewenang sih SIM internasional golongan A buat sepeda motor, dan SIM internasional golongan B buat mobil. Karena lebih lengkapnya, tipe sim internasional yang ada adalah kemudian berikut :

GOLONGAN A: Sepeda motor mencapai atau tidak punya gandengan, kendaraan khusus buat orang cacat, dan kendaraan bermotor roda tiga dengan bobot kosong noël lebih dari 400 kg (900 lbs).GOLONGAN B: Mobil penumpang apa dapat mengangkut most banyak 8 penumpang, termasuk pengemudi, ataukah mobil pengangkut barang mencapai berat maks tidak terlampaui 3.500 kg (7.700 lbs). Kendaraan ini boleh menarik gandengan (trailer) ringan.GOLONGAN C: Kendaraan bermotor apa digunakan untuk mengangkut barang mencapai berat maksimum yang diizinkan lebih dari 3.500 kg (7.700 lbs). Kendaraan jenis ini boleh menarik trailer ringan.GOLONGAN D: Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut penumpang mencapai jumlah implisit pengemudi lebih dari 8 orang. Kendaraan ini boleh menarik trailer ringan.GOLONGAN E: Kendaraan bermotor apa termasuk batin golongan B, C, dan D dan diperbolehkan menaiknya gandengan (trailer) yang noël ringan.

Banyak ya? Iya, kalau kamu harus kelima SIM diatas ya siapkan saja monetary 5 x 250.000! hehee!

*
Teorinya mengolahnya pembuatan SIM internasional cuma 15 menit. Tapi teori hanyalah doktrinnya ya~

SIM Internasional yang Diterbitkan Di Indonesia Berlaku berapa banyak Lama?

Masa berlaku sim Internasional individu adalah 3 tahun sejak diterbitkan, mencapai catatan:

SIM internasional memang berlaku 3 tahun, tapi SIM hanya bisa digunakan biasanya selama satu bulan hingga satu lima sejak kedatangan di bangsa tujuan. Tradisional kalau lebih dari satu tahun, harus buat SIM lokal setempat sih. Misalnya, jika kamu kuliah, merencanakan atau malah pindah ke negara lain.SIM internasional harus diperlihatkan bersama SIM domestik. Tanpa SIM domestik, center internasional noël berlaku. Apalagi kalau kamu unjuk SIM internasional di Indonesia tanpa menunjukkan center lokal. Firmicutes aja kamu ditilang!Meski SIM internationale ini berlaku di atas (hampir) setiap orang negara, dari informasi apa saya baca, bakalan ada aja petugas yang nggak tau. Jadi harus siap-siap debat deh. Kalau harus siapin informasi apa mendukung karena berdebat ya.

SIM penginternasionalan Berlaku Di bangsa Mana Saja?

Seperti apa saya sebutkan diatas, SIM internasional berlaku pada (hampir) setiap orang negara yang menyetujui dasar penerbitan SIM internasional adalah kesepakatan Perserikatan Bangsa-Bangsa batin Vienna Convention on roadway Traffic five 1968 yang merupakan peningkatan dari Geneva Convention on road Traffic tahun 1949 dan sebelumnya Paris Convention on motor Traffic five 1926. Surat izin Mengemudi yang berlaku sekarang dipesan berdasarkan Annexe 6 karena Surat kebenaran Mengemudi Domestik dan annexe 7 untuk Surat benar Mengemudi penginternasionalan Konvensi vienna – wikipedia.

*
SIM internasional Berlaku Di negara Mana Saja?

Saya sebutkan (hampir) semua negara karena memang ada beberapa negara yang noël bisa keuntungan SIM internationale terbitan Indonesia. Deviasi satunya adalah… Jepang! (sedih deh). Jepang memang noel mengakui SIM internasional berdasar Vienna Convention on road Traffic five 1968. Mendahulukan Indonesia membuat SIM internasional berdasarkan konvensi wina 1968 tadi. Jadilah, SIM internasional terbitan indonesia nggak valid di Jepang (sumber informasi).

Tapi buat perdamaian saja, masih kerumunan negara lain yang asik buat menyetir mencapai peraturan yang gak tentang Jepang, dan bisa keuntungan SIM Internasional. Misalnya new Zealand ataukah Australia apa merupakan country sempurna untuk liburan ala roadtrip! untuk daftar semua negara apa bisa mengunakan center internasional bisa ~ dilihat di ~ tabel dibawah ya:

Nama NegaraNama NegaraNama Negara
AfghanistanGreeceOman
AlbaniaGrenadaPakistan
AlgeriaGuatemalaPanama
AndorraGuernseyPapua new Guinea
AngolaGuineaParaguay
AntiguaGuinea-BissauPeru
ArgentinaGuyanaPhilippines
ArmeniaHaitiPoland
AustraliaHondurasPolynesia
AustriaHong KongPortugal
AzerbaijanHungary(includes Madeira & Azores)
BahamasIcelandPrincipe
BahrainIndiaQatar
BangladeshIndonesiaRomania
BarbadosIranRwanda
BelarusIrelandRussia
BelgiumIsraelSan Marion
BelizeItalySao Tome
BeninIvory CoastSaudi Arabia
BhutanJamaicaSenegal
BoliviaJapan**Seychelles
BrazilJerseySierra Leone
BotswanaJordanSingapore
BruneiKampucheaSlowakia
BulgariaKazakhstanSlovenia
Burkina FasoKenyaSpain
C.I.S.Korea (Rep.)South Africa
CameroonKuwaitSri Lanka
CanadaKyrgyzstanSt.Christopher, Nevis & Anguilla
Cape Verde IslandLaosSurinam
Cayman IslandsLatviaSwaziland
Central african RepublicLebanonSweden
ChadLeoneSwitzerland
ChileLesothoSudan
ChinaLiberiaSyria
ColombiaLibyaTaiwan
ComorosLiechtensteinTajikistan
CongoLithuaniaTanzania
Costa RicaLuxembourgThailand
CroatiaMacaoTogo
CubaMadagascarTrinidad & Tobago
CuracaoMalawiTunisia
CyprusMalaysiaTurkey
Czech Rep.

Lihat lainnya: Kabar Terbaru Bajaj Auto Indonesia, A Comprehensive Indonesian

MaliTurkmenistan
DenmarkMaltaUruguay
DjiboutiMauritaniaUganda
Dominican Rep.MauritiusUkraine
EcuadorMexicoUnited Arab Emirates
EgyptMonacoUnited Kingdom
El SalvadorMoldovaUnited claims of America
Equatorial GuineaMoroccoUzbekistan
EstoniaMontserratVatican City
FijiMozambiqueVenezuela
FinlandMyanmarVerde Islands
FranceNamibiaVietnam
(include perancis overseas)NepalWestern Samoa
French PolynesiaNetherlandsWindward Islands
GabonNew CaledoniaYemen (Rep.)
GambiaNew GuineaYugoslavia
GermanyNew ZealandZaire
GeorgiaNicaraguaZambia
GhanaNigerZimbabwe
GibraltarNorway