*

Sagu, tapioka, dan maizena sering membuat bingung Baking Lovers apa berbelanja di Titan. Apa sih, perbedaan ketiganya?

***

Baking Lovers, sebelum menjelaskan selisih ketiganya, Titan become memberitahu selisih antara tepung dan pati, ya. Asibe sagu, tapioka, dan maizena merupakan hasil akhir diproses bahan baku yang berupa pati (starch), bukan tepung (flour). Pati didapatkan dari proses pengendapan wait perasan bahan, sedangkan tepung adalah gawangnya penggilingan bahan apa sudah dikeringkan.

Anda sedang menonton: Tepung tapioka sama dengan sagu


Misalnya kalau kita satrat tepung jagung, maka produknya adalah polenta (corn flour), sedangkan pati jagung adalah maizena (corn starch). Namun, diatas umumnya orang-orang lebih banyak menyebutkan ketiganya dengan istilah “tepung”. Dingin jelas bukan?
*

Sagu/ aci
Tepung sagu berasal dari batangan pohon kecelakaan yang diperas, lalu pengendapan airnya dikeringkan sehingga dulu bubuk tepung. Warna tepung sagu putih agak kusam, banyak digunakan buat membuat kue kering dan diolah menjadi berbagai makanan. Di Indonesia bagian timur, masyarakatnya manfaat sagu untuk membuat olahan memberi makan pokok pengganti nasi. Contoh go yaitu di Jawa Barat, kecelakaan terkenal such bahan dasar memberi makan khas menyiksa tersebut, kemudian cilok (aci dicolok), cireng (aci digoreng), dan lain-lain. Sagu juga berfungsi sebagai bahan pengental pada masakan.
*

Tapioka/ kanji
Tepung tapioka berasal dari pati singkong. Warnanya weiss bersih dengan tekstur yang lebih licin dari sagu. Tapioka digunakan buat bahan campuran batin pembuatan mpek-mpek, kerupuk, bakso, siomay, dan kue basah. Sama sebagai sagu, penambahan tapioka dapat memberikan tekstur kenyal diatas makanan. Buat itu, di atas beberapa resep tapioka bisa ~ digunakan karena menggantikan kecelakaan dengan harga apa lebih ekonomis.
*

Maizena
Maizena terbuat dari pati jagung. Penggunaannya kemudian campuran tepung terigu pada kue kering dan cake, jernih pengental vla/ saus, dan untuk perenyah gorengan. Tepung ini bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac. Tepung maizena dijual dalam bentuk hidrat kardus ataupun dikemas di dalam plastik.
*

Baking Lovers, siap paham perbedaan ketiganya bukan? diatas intinya, ketiga tepung tersebut sama-sama terbuat dari pati. Mereka pribadi fungsi apa hampir sama, namun hasil beranjak produk yang dibuat ini adalah lebih maksimal jika mengikuti apa yang dituliskan di atas resep. Buat ada banyak resep apa kurang cocok jika jernih bakunya diganti.
Seperti pada pembuatan cireng, penggunaan sagu akan making bagian tengahnya kenyal (yang noel akan didapat jika kita benefit tapioka). Last jangan lupa, simpan tepung apa sudah digunakan di di dalam wadah kering dan tertutup rapat buat menjaga kualitasnya militer baik. Perhatikan tambahan tanggal kadaluarsanya ya :)

Suka jadwal acara ini. Stock

Artikel lainnya


*

Misteri kaki di Loyang Chiffon

Dipublikasi : 06 Feb 2019


Pernah nggak sih, Baking lover kepikiran, sebenarnya what guna kaki yang ada di loyang chiffon? noël mungkin cuma untuk hiasan, bukan?


harus baca selengkapnya
4 alasannya Penggunaan Bread Improver

Dipublikasi : 18 Jun 2020


Seberapa secara signifikan penggunaan bread improver di ~ pembuatan roti? Simak jadwal acara ini buat info selengkapnya.

Lihat lainnya: Nama Komunitas Keren Bahasa Inggris Dan Artinya, Bikin Keren Dan Estetik!


dibaca selengkapnya
Hardbox hari tahun baru cina Titan Baking, Recomended Banget!

Dipublikasi : 25 jan 2021


Bingung, memilih box buat kemasan hantaran Imlek? Yuk cek artikel berikut.


baca selengkapnya
Jam Operasional
buka Setiap aku (Termasuk Tanggal Merah dan Libur Nasional)Senin - Minggu09.00-17.00 WIB(Dengan Mematuhi protokol Kesehatan)
Layanan Pelanggan
Email cs
Titan Baking
Syarat PenggunaanPrivasi & Keamanan