Uji normalitas digunakan karena mengetahui data yang akan analisis berdistribusi normal ataukah tidak. Di ~ dasarnya, data yang berdistribusi kesatuan dapat diketahui malalui bentuk histogram sebagai lonceng. Terdapat banyak uji normalitas untuk mengetahui difusi data. Berikut cara uji normalitas SPSS Shapiro-Wilk dan Kolmogorov-Smirnov. Perlu diperhatikan pengujian normalitas terhadap data disesuaikan dengan spesifikasi metode yang digunakan serta jenis uji yang dilakukan.

Anda sedang menonton: Uji normalitas data kolmogorov smirnov


Pengujian Shapiro-Wilk dan Kolmogorov-Smirnov umumnya digunakan untuk data univariat. Uji univariat menjadi menguji normalitas data tiap variabel di ~ data, dan hasilkan hasil uji normalitas sebanyak variabel yang diujikan. Tujuan uji juga dapat disesuaikan mencapai pengelompokan data yang disesuaikan misalnya berdasarkan tipe kelamin, tingkatan pendidikan, dan lainnya. Untuk beberapa kasus data dengan kawanan variabel menjangkau korelasi apa cukup atau dengan manner penelitian tertentu, bisa sebaiknya benefit uji normalitas multivariat.

A. Pengertian Uji Normalitas Shapiro-Wilk

Uji Normalitas Shapiro-Wilk adalah uji yang dilakukan karena mengetahui sebaran data kontingen suatu sampel kecil. Dalam 2 seminar paper yang dilakukan Shapiro, Wilk lima 1958 dan Shapiro, Wilk, chen 1968 tangan kedua simulasi data yang noël lebih dari 50 sampel. Sehingga disarankan untuk menggunakan uji Shapiro-Wilk buat sampel data kurang dari 50 sampel (N 0.05).

S. S. Shapiro, M. B. Wilk & Mrs. H. J. Chen (1968) A Comparative belajar of various Tests because that Normality, newspaper of the American statistical Association, 63:324, 1343-1372B. Pengertian Uji Normalitas Kolmogorov-SmirnovUji Normalitas Kolmogorov-Smirnov adalah uji apa dilakukan buat mengetahui kain lap data delegasi dan spesifik diatas suatu populasi (Chakravart, Laha, and also Roy, 1967). Berdasarkan pengujian yang dilakukan national Institute the Standards and also Technology, uji Kolmogorov-Smirnov cocok buat ukuran data 20 - 1000. Namun batin penelitian diatas umumnya, pengujian Kolmogorov Smirnov masih digunakan karena sampel data yang berukuran lebih dari 2000 sampel (20 ≤ N ≤ 1000). Sehingga disarankan buat menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk data diatas 50 sampel. Di dalam pengujian, suatu data dikatakan berdistribusi kesatuan apabila biaya signifikansi lebih dari 0.05 (sig. > 0.05).

Kolmogorov-Smirnov Goodness-of-Fit Test,https://www.itl.nist.gov/div898/handbook/eda/section3/eda35g.htmC. Cara Uji Normalitas SPSS beserta GrafiknyaContoh: Melakukan Uji Normalitas keutuhan data

Diketahui di ~ Data View berikut (menggunakan tampilan worth labels) berisi data biaya ujian matematika dari 20 siswa suatu kelas.


*

Berikut langkah-langkah untuk melakukan uji normalitas pada SPSS,


Klik Plots.. pada jendela Explore dan centang Normality konspirasi with tests

*
*
*
*
*

Q-Q konfigurasi baik used dengan data N≥20 untuk melihat keragaman sebaran data univariat (1 variabel).

Lihat lainnya: 3 Bully Paling Menyakiti Uang Rupiah Baru Palu Arit, Bi Klarifikasi Ke Ulama Soal Lambang Palu

Baca juga tutorial lainnya: Daftar isi Tutorial SPSS

Sekian jadwal acara Cara Uji Normalitas SPSS Shapiro Wilk dan Kolmogorov Smirnov. Nantikan jadwal acara menarik berbeda dan mohon kesediaannya buat share dan juga menyukai Fans page carlocaione.org. Terima kasih…